Digital Branding: Pengertian, Strategi dan Contohnya

Digital Branding Pengertian, Strategi dan Contohnya

Digital branding adalah aspek penting yang ada pada pemasaran produk saat ini. Hal tersebut karena metode marketing ini diyakini sangat efektif dalam membangun kepercayaan pelanggan.

Apalagi di era digital ini semua orang banyak yang mencari informasi di internet. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu digital branding beserta penjelasan lainnya, yuk simak informasi di bawah ini.

Pengertian Digital Branding

Digital branding adalah strategi dalam pemasaran yang fokus untuk menciptakan serta meningkatkan citra merek yang dilakukan secara online. Meskipun terdengar sama dengan kegiatan promosi, nyatanya kedua hal ini sangatlah berbeda.

Pengertian Digital Branding

Hal tersebut karena branding ini tidak hanya sekedar dilakukan untuk memperkenalkan nama serta produk yang Anda miliki. Namun selain itu hal yang dilakukan dalam branding adalah membangun dan menjaga image sebuah produk serta menciptakan hubungan yang erat dengan pelanggan.

Pentingnya Digital Branding

Alasan mengapa digital branding sangat penting dalam bisnis akan dijelaskan di bawah ini.

– Membangun interaksi yang baik dengan konsumen

Dengan melakukan digital branding Anda dapat membangun image bisnis menjadi lebih ramah. Dengan begitu pelanggan akan merasa lebih mudah dalam berinteraksi.

– Mudah diingat

Dengan terbangunnya banyak interaksi antara Anda dengan konsumen maka brand Anda otomatis akan mudah diingat oleh konsumen. Dalam mendapatkan hasil tersebut, hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetahui channel marketing yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis.

– Menjangkau konsumen lebih luas

Seperti yang diketahui digital branding ini dilakukan secara online dengan begitu untuk menjangkau konsumen bisa sangat mudah baik itu ke daerah yang tidak bisa terjangkau sekalipun. Jika brand Anda mudah diingat maka bukanlah hal yang mustahil apabila Anda menjangkau konsumen yang lebih luas.

Strategi Digital Branding

Strategi Digital Branding

Strategi pada digital branding sebenarnya sangatlah beragam. Anda bebas memilih salah satu maupun menggunakan semuanya sesuai dengan kebutuhan bisnis. Strategi yang bisa dilakukan pada digital branding adalah sebagai berikut.

Logo termasuk identitas visual yang menggambarkan produk yang Anda miliki. Dalam pembuatannya sangat penting diperhatikan maka dari itu buatlah logo yang memorable dan menggambarkan produk bisnis Anda. Contoh logo yang menarik yaitu yang memperhatikan desain serta tulisan.

– Website

Apabila logo disebut sebagai simbol bisnis sementara website merupakan wadah yang berfungsi sebagai etalase. Strategi digital branding yang satu ini menjadi contoh yang paling populer.

– Brand message

Brand message merupakan sebuah pesan yang ingin dibagikan melalui produk yang ditawarkan. Umumnya, brand message ini berisi keunggulan dari produk bisnis Anda. Contohnya produk Anda memakai bahan lokal yang berkualitas dan tidak kalah dengan bahan dari luar negeri.

SEO

SEO juga menjadi contoh konsep dari digital branding yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya SEO juga berhubungan dengan website yang bisa membuat website berada di pencarian nomor 1.

Contoh Digital Branding Konsep

Adapun contoh konsep digital branding ternama yang bisa Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

– Logo brand Nike

Anda pasti mengetahui logo produk yang satu ini, tanpa mengetahui namanya ketika Anda melihat tanda centang yang diikuti dengan slogan “Just Do It” Anda pasti langsung tahu bahwa brand tersebut milik Nike.

Website dan SEO Shopee

Saat Anda menginginkan sebuah barang maupun ingin berbelanja lewat mesin pencarian, hal yang Anda temukan pertama kali pasti adalah website milik Shopee. Ini artinya Shopee mempunyai strategi digital branding berupa website serta SEO. Hal tersebut karena laman Shopee selalu berada di peringkat atas pada mesin pencarian.

– Iklan online Disney+

Iklan online dinilai sangat ampuh digunakan sebab audiens yang tidak sengaja melihat pasti akan tertarik pada iklan tersebut. Apalagi jika isi kontennya berupa informasi populer atau yang sedang Anda cari. Hal ini sering dilakukan oleh Disney+ di berbagai media sosial.

Tips Digital Branding

Di bawah ini merupakan tips yang bisa Anda lakukan dalam membangun citra brand yang kuat.

– Memanfaatkan media sosial secara maksimal

Di era digital sekarang ini, kekuatan media sosial tak perlu diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang memulai, berkembang dan maju dari sini. Oleh karena itu cara yang tepat dilakukan dalam membangun digital branding adalah memaksimalkan penggunaan media sosial dengan baik.

– Membuat konten yang menarik

Hal selanjutnya yang wajib dilakukan setelah menggunakan media sosial adalah membuat konten yang menarik. Hal tersebut karena kunci utama supaya media sosial yang Anda miliki diminati pengguna di luar sana adalah konten yang menarik. 

Perbedaan Digital Marketing dan Digital Branding

Perbedaan Digital Marketing dan Digital Branding

Berikut beberapa perbedaan antara digital marketing dan digital branding:

– Digital branding

Digital branding adalah teknik marketing yang lebih fokus terhadap pembentukan citra sebuah brand. Objek yang diperhatikan pada digital branding ini yaitu mempertahankan ketertarikan para pelanggan serta meningkatkan loyalitas pelanggan.

Umumnya strategi yang dilakukan ini berlaku secara permanen. Jadi untuk memulai sebuah bisnis dan membangun digital branding harus dibuat dengan cermat.

– Digital marketing 

Sementara digital marketing merupakan teknik marketing yang fokusnya ada pada promosi sebuah produk maupun jasa. Objek utama dari teknik ini adalah mendapatkan atensi pelanggan atau brand awareness selain itu juga untuk meningkatkan penjualan. Sementara strategi yang dilakukan tergantung pada faktor dan sifat periodik yang dimiliki.

Itulah penjelasan yang harus Anda ketahui tentang digital branding. Kini Anda sudah bisa membedakan antara digital branding dengan digital marketing. Digital branding adalah salah satu upaya yang dilakukan dalam membangun citra brand pada pelanggan.

Untuk mempelajari lebih lanjut digital marketing atau digital branding Anda bisa mengikuti kelas digital marketing academy di Coding Studio. Dapatkan kelas terbaik di Coding Studio baik itu kelas intensif online atau offline.

Related Articles