Apa Itu SEO? Pengertian, Manfaat, Jenis dan Cara Kerjanya

Untuk Anda yang tertarik dengan dunia marketing, sudahkah memahami mengenai apa itu SEO? Sebenarnya SEO merupakan salah satu dari strategi terpenting yang memang wajib untuk dipelajari. SEO ini dapat mendorong website supaya muncul pada hasil pencarian organik serta memperoleh perhatian pelanggan.

Tidak itu saja namun SEO juga mampu meningkatkan kualitas untuk upaya pemasaran yang tengah diterapkan bagi perusahaan. Lebih jelasnya informasi terkait dengan SEO maka simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

SEO kependekan dari Search Engine Optimization yang merupakan langkah optimasi dan dilakukan supaya website tampil pada hasil teratas di mesin pencarian terutama Google.

Apa Itu SEO

Ketika SEO website Anda bagus maka website bisa langsung muncul pada halaman pertama di hasil pencarian ketika pengunjung tadi mencari sebuah kata kunci / keyword tertentu yang ada di Google.

Jenis-jenis SEO

Jenis SEO yang ada sekarang terbagi ke dalam empat area dan berikut merupakan deskripsi singkat mengenai jenis-jenis tersebut.

a. On-page SEO

On-Page SEO merupakan upaya optimasi yang dilakukan langsung pada setiap halaman website guna memaksimalkan kontennya supaya dapat membantu dalam menaikkan peringkat website.

b. Off-page SEO

Off-page SEO merupakan upaya optimasi dan dilakukan pada luar website guna menaikkan peringkat pada mesin pencari. Aktivitas tersebut diperhitungkan Google untuk indikator guna mengetahui tentang seberapa bagus produk, bisnis, ataupun website Anda. Itu diharapkan berguna untuk perbaikan page authority serta ranking.

c. Technical SEO

Technical SEO merupakan upaya dalam mengoptimasi aspek teknis di website supaya sesuai kriteria algoritma dari mesin pencari. Aspek tadi seperti kecepatan loading, arsitektur website, dan mobile-friendly.

Baca Juga:  Bootcamp Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

d. Local SEO

Local SEO merupakan strategi guna meningkatkan visibilitas usaha pada search result lokal. Anda dapat mempromosikan layanan, produk, dan brand di komunitas ataupun Masyarakat setempat.

Manfaat Search Engine Optimization

Tentunya SEO memiliki banyak manfaat untuk perusahaan, berikut ini beberapa manfaat SEO yang bisa Anda ketahui.

Manfaat Search Engine Optimization
  • Mampu mendatangkan banyak pelanggan
  • Menciptakan pengalaman website yang bisa dipercaya untuk pelanggan
  • Meningkatkan brand awareness
  • Inisiatifnya lebih hemat biaya
  • Tolak ukur dari keberhasilannya jelas

Inilah Cara Kerja SEO

Setelah mengetahui apa itu SEO, Anda juga harus mengetahui cara kerjanya. Lebih jelasnya berikut informasinya.

a. Crawling

Mesin pencarian mempunyai web crawler atau yang disebut juga spiderbots ataupun bots dan fungsinya mencari serta mengumpulkan informasinya supaya halaman website dapat diindeks.

b. Indexing

Tahapan ini memerlukan informasi yang telah dikumpulkan pada web crawler. Contohnya kata kunci dan juga konten telah diperbarui maupun belum. Nantinya website menambahkannya pada index pencarian. Sehingga nantinya kata kunci yang diketikkan pada browser, maka mesin pencari mengambil fetch pada website yang sudah diindeks.

c. Ranking

Hasil pencarian menampilkan website yang telah tersimpan pada index pencarian dan urutannya diawali yang paling relevan lalu menuju tidak relevan.

Inilah Faktor Penting Search Engine Optimization

Naik dan turunnya peringkat dipengaruhi oleh beberapa faktor dari SEO. Faktor penting yang berpengaruh tadi seperti kecepatan loading, mobile friendly, kualitas konten, backlink, user experience, dan keamanan website.

Hal yang Penting Diperhatikan untuk SEO

Hal yang Penting Diperhatikan untuk SEO

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk SEO yakni pemakaian long-tail keyword, konten, backlink, dan update di algoritma Google. Bahkan baru-baru ini ada yang namanya Core Web Vitals (pengalaman halaman).

Core Web Vitals metrik mencakup tiga hal yakni:

Baca Juga:  Apa Itu Afiliasi? Pengertian, Cara Kerja dan Contohnya

Belajar SEO untuk Pemula

Belajar mengenai SEO tidak cukup hanya mengetahui apa itu SEO saja. Namun Anda perlu mengetahui bagian-bagian utama untuk belajar seperti berikut.

  • Konsep dasar SEO
  • Optimasi kecepatan website
  • Optimasi website supaya mobile friendly
  • Riset keyword
  • Membuat konten
  • SEO on Page
  • Technical SEO
  • SEO Off Page
  • Link building
  • Faktor yang berpengaruh pada Google Ranking

Kelebihan Memakai SEO 

Kelebihan SEO mampu meningkatkan lalu lintas organik pada situs web. Ini tandanya akan lebih banyak orang bisa menemukan situs Anda lewat pencarian pada mesin pencarian. Hal tersebut akan berpengaruh kepada jumlah konversi yang meningkat.

Baca Juga: Tips SEO untuk Memaksimalkan Strategi Digital Marketing

Kelebihan lainnya mampu meningkatkan kepercayaan serta relevansi web pada mata mesin pencari. Sehingga itu mampu meningkatkan posisi situs web pada hasil pencarian dan ini bisa meningkatkan visibilitas pada web.

Kenali Perbedaan SEO dan SEM

SEO dan SEM yakni dua hal yang memang tidak mampu dilepaskan pada digital marketing karena memang keduanya akan saling berkaitan. Lebih jelasnya berikut adalah perbedaan.

a. SEM (Search Engine Marketing)

Merupakan teknik pemasaran lewat kegiatan promosi website. Caranya yakni meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian pada mesin pencarian. SEM ini juga menyertakan pemakaian penelusuran berbayar untuk komponen utamanya.

b. SEO (Search Engine Optimization)

Merupakan proses optimasi pada website dengan berbagai macam aspeknya dan bertujuan agar bisa menduduki peringkat paling tinggi pada mesin telusur. Jika Anda menginginkan traffic tinggi pada website serta lebih banyak pelanggan potensial maka SEO solusinya.

Itulah sepintas mengenai SEO dan penjelasan soal apa itu SEO pastinya sudah bisa lebih dipahami. Untuk Anda yang ingin belajar lebih dalam soal SEO bisa mengikuti kursus IT di Coding Studio yang merupakan lembaga kursus terpercaya.