Personal Branding Adalah? Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Personal branding adalah salah satu strategi branding yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Sebagian dari Anda mungkin pernah mendengar tentang istilah personal branding bukan? Dari sini kita tahu bahwa melakukan branding tidak hanya dilakukan oleh perusahaan, organisasi atau pelaku bisnis saja. 

Melakukan strategi branding juga perlu dilakukan oleh perseorangan atau individu secara pribadi dengan tujuan dan maksud tertentu. Bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh mengenai apa itu personal branding, kami akan membahasnya secara lebih lanjut di sini. Mulai dari tujuan melakukan personal branding, manfaatnya, hingga mengapa melakukan personal branding menjadi hal yang penting. 

Pengertian Personal Branding

Personal branding dapat dikatakan sebagai sebuah upaya atau strategi dalam membangun citra positif pada diri seseorang. Dengan demikian seseorang tersebut dapat memperoleh persepsi yang baik di mata orang lain.

Pengertian Personal Branding

Melalui personal branding juga memberikan kesempatan bagi seseorang untuk menampilkan ciri khas serta keunikan yang dimilikinya yang membuatnya berbeda dari orang-orang lain secara umum. Personal branding akan mencakup segala hal yang terdapat dalam diri seseorang. Mulai dari penampilannya secara fisik, keahlian yang ia miliki, prestasi yang sudah pernah diraih, sampai pada ranah kepribadiannya. 

Dengan memiliki personal branding yang bagus, Anda bisa lebih mudah menawarkan diri Anda dalam konteks profesional ke perusahaan-perusahaan agar mereka mempercayai Anda sebagai seorang yang memiliki kualitas SDM yang bagus. Personal branding adalah hal yang juga penting dilakukan bagi seseorang yang ingin dikenal secara publik sebagai tokoh atau influencer yang nantinya dapat memberikan pengaruh tertentu. 

Tujuan Melakukan Personal Branding

Dalam melalukan strategi personal branding, tentunya ada tujuan-tujuan khusus yang ingin dicapai oleh seseorang. Jika digarisbawahi ada beberapa poin yang dapat diambil dari tujuan personal branding diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sebagai sebuah strategi yang dilakukan individu untuk mempengaruhi persepsi yang orang lain berikan terhadap individu tersebut.
  • Menunjukkan keahlian, bakat dan skill yang dimiliki oleh seseorang sehingga seseorang tersebut dinilai memiliki kelebihan dibandingkan orang lain. 
  • Menonjolkan keunikan dan ciri khas yang dimiliki oleh seseorang sehingga seseorang tersebut lebih mudah dikenali. 
  • Membangun persepsi orang lain untuk memberikan nilai yang bagus dan mengakui kualitas dari seorang individu. 
  • Membangun persepsi bahwa seseorang tersebut adalah solusi dari pemecahan masalah yang sedang diperlukan. 
Baca Juga:  Apa itu Headline? Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya

Manfaat Dari Personal Branding

Dengan melakukan personal branding tentunya akan ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh khususnya untuk diri Anda sendiri. Secara lebih mendetail berikut ini adalah manfaat personal branding yang perlu Anda ketahui. 

Manfaat Dari Personal Branding

Membangun Kredibilitas

Salah satu manfaat yang bisa Anda peroleh dari membangun personal branding adalah untuk membangun kredibilitas. Maksudnya di sini adalah, dengan memiliki personal branding yang bagus maka secara otomatis seseorang akan memperoleh kepercayaan lebih dari orang lain, sekaligus bisa lebih dihormati atau bahkan dikagumi.

Sehingga personal branding ini sangatlah perlu dilakukan oleh seseorang yang membutuhkan pengakuan kredibilitas yang bagus di mata masyarakat. Misalnya seperti tokoh politik, pemimpin suatu perusahaan, atau bahkan influencer dan selebriti. 

Memperoleh Kepercayaan Diri

Dengan memiliki personal branding yang bagus maka secara otomatis akan meningkatkan kepercayaan diri yang dimiliki oleh seseorang tersebut. Karena secara tidak langsung ia akan memperoleh penilaian yang bagus dari masyarakat dan orang-orang sekitar.

Orang-orang akan lebih percaya terhadap keahlian dan kemampuan yang dimiliki. Sehingga orang tersebut juga jadi lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu dan percaya akan kemampuan dirinya sendiri. 

Memperluas Koneksi

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari melakukan personal branding adalah untuk memperluas koneksi. Dengan memiliki branding diri yang bagus, maka Anda jadi lebih mudah dalam melakukan networking. Persepsi positif yang orang lain buat untuk Anda akan membuat koneksi Anda jadi terbuka lebar untuk orang-orang lain yang ingin mengajak Anda untuk bekerja sama. 

Memperoleh Citra Positif

Dengan strategi personal branding yang tepat tentunya Anda bisa berhasil memperoleh citra positif yang Anda inginkan di mata orang lain. Sama halnya dengan branding yang dilakukan pada perusahaan-perusahaan. Dengan citra positif yang bagus Anda akan mudah memperoleh kepercayaan dari orang lain. 

Meningkatkan Jenjang Karir

Membangun personal branding yang bagus adalah sebuah strategi yang tepat untuk Anda memperoleh jenjang karir yang lebih menjanjikan. Dengan tampilan Anda yang profesional tentu akan memudahkan Anda untuk diterima pada perusahaan-perusahaan ketika Anda melamar kerja. Begitu pun bagi Anda yang membangun personal branding untuk tujuan sebagai influencer atau tokoh masyarakat. 

Baca Juga:  Perkembangan Startup di Indonesia

Cara Melakukan Personal Branding

Untuk membangun sebuah personal branding maka dibutuhkan cara atau strategi khusus yang perlu dilakukan oleh seseorang. Bagi Anda yang saat ini sedang mencoba untuk membuat sebuah personal branding, maka bisa Anda mulai dengan strategi atau langkah-langkah berikut ini :

Mengenali Diri Sendiri

Cara membuat personal branding yang pertama adalah Anda harus kenali dulu diri Anda sendiri. Anda harus tahu dan pahami mulai dadi apa bakat dan keahlian yang Anda miliki, potensi dalam diri Anda, serta mengenali lebih jauh tentang karakter diri Anda sendiri. Dari sini Anda akan tahu pada poin mana saja Anda akan ‘menjual’ dan membranding diri Anda.

Selain itu dengan mengenali diri sendiri Anda juga jadi tahu di titik mana saja Anda memiliki kelemahan. Pada poin inilah Anda harus berusaha sebisa mungkin meminimalisir atau menutupi kelemahan Anda dengan mengunggulkan kelebihan-lebihan yang Anda punya. 

Menentukan Tujuan

Setiap sesuatu yang Anda lakukan haruslah memiliki tujuan. Begitu pula ketika Anda melakukan personal branding. Anda harus tahu dulu tujuan apa yang ingin Anda peroleh dari sini.

Misalnya jika Anda sedang memiliki target untuk bisa diterima masuk ke sebuah perusahaan bergengsi. Maka bisa saja Anda menetapkan itu sebagai tujuan dari personal branding Anda. 

Menentukan Target

Menentukan target personal branding adalah sebuah upaya yang lebih kepada menentukan bentuk pencitraan apa yang ingin Anda ciptakan dari strategi yang Anda lakukan. Artinya adalah bagaimana kita ingin dikenal oleh orang lain. Hal ini untuk menentukan sejauh mana Anda ingin membranding diri Anda sendiri. 

Memperluas Jaringan

Setelah melakukan semua strategi tadi, jangan lupa untuk juga melakukan perluasan jaringan. Salah satu strategi memperluas networking yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan teknik digital marketing.

Teknik digital marketing untuk melakukan personal branding bisa dipelajari, salah satunya dengan melalui kursus online. Ada banyak kursus online digital marketing yang direkomendasikan, salah satunya seperti di Coding Studio.

Melalui teknik digital marketing yang tepat Anda bisa mempromosikan diri Anda dan kemampuan atau keahlian yang Anda miliki. Misalnya dengan membuat konten yang sesuai dengan style yang Anda miliki di media sosial. Tunjukan keahlian yang Anda punya seperti di bidang desain, seni, atau yang lainnya. Demikianlah uraian mengenai personal branding.

Baca Juga:  Mengenal Teori Gestalt Dalam Design UI serta Kelebihan dan Kekurangannya

Dari sini dapat disimpulkan bahwa personal branding adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh siapa saja. Tidak harus seseorang yang ingin menjadi influencer atau tokoh masyarakat saja, melainkan juga untuk semua orang yang ingin dinilai baik dan profesional sesuai dengan bidang yang dikuasainya.