Apa itu Motion Graphic? Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Apa itu Motion Graphic Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Motion graphic adalah seni visual yang bergerak dengan menggabungkan elemen animasi, desain dan suara untuk menciptakan karya yang dinamis serta menarik. Seni visual ini merupakan bentuk komunikasi visual yang dipakai untuk menceritakan cerita, menyampaikan pesan atau mengkomunikasikan informasi dengan cara yang lebih menarik dan baik dibandingkan menggunakan media statis.

Motion grafis atau grafis gerak bisa saja berupa, gambar, teks, ikon, grafis, ilustrasi dan elemen visual lainnya yang bergerak. Grafis gerak juga memiliki beberapa jenisnya dan bisa Anda simak penjelasan selengkapnya di bawah ini agar lebih paham apa itu motion graphic.

Jenis Motion Graphic

Motion grapchic memiliki beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, seperti:

Jenis Motion Graphic

Explainer Video

Jenis motion grafis yang satu ini biasanya berfungsi untuk membantu para penonton memahami konsep di video yang mereka lihat. Gerakan grafis yang dibuat memberikan akses tertentu supaya penonton dapat mengingat apa yang mereka pelajari pada video tersebut. Jenis motion grafis explainer video ini biasanya memakai elemen lain, seperti animasi kartun dan tipografi agar memudahkan penonton memahaminya.

Brand Video

Brand video merupakan jenis motion grafis yang paling banyak dipakai untuk pemasaran maupun marketing. Ada banyak brand yang memakai jenis motion grafis satu ini saat memperkenalkan produk barunya atau saat mereka mempresentasikan identitas perusahaan tersebut.

Penggunaan animasi motion grafis untuk brand video umumnya bertujuan agar perusahaan mendapatkan perhatikan dari penonton masa kini yang lebih tertarik dengan media visual.

Movie Clip

Bagi Anda penggemar film, Anda pasti tidak asing dengan jenis motion grafis yang satu ini. Movie clip bisanya digunakan agar mendukung suasana maupun “mood” dari penonton. Saat movie clip tayangkan di layar kaca, maka penonton akan langsung fokus dan bersiap untuk menonton film yang akan segera dimulai.

Instructional Video

Jenis motion grafis yang satu ini sering digunakan untuk menyampaikan pesan dan biasanya durasinya panjang serta cukup menarik. Gerakan grafis tersebut berfungsi agar penonton lebih memahami suatu instruksi dengan baik. Tahapan di sebuah video instruksi jadi lebih mudah untuk diikuti oleh penonton dan lebih mudah diingat juga dengan adanya motion graphic tersebut.

Kegunaan Motion Graphic

Kegunaan Motion Graphic

Motion graphic memiliki banyak kegunaan khususnya untuk bisnis, seperti:

Konten Media Sosial jadi Lebih Menarik

Konten media sosial semakin hari semakin beragam sehingga grafis gerak atau motion grafis salah satu yang bisa jadi pilihan untuk menjadikan konten Anda lebih menarik dan variatif. Hal ini bisa mengundang perhatian dari para followers.

Banyak brand, tayangan berita serta sejumlah akun resmi yang memakai konten berbentuk animasi. Motion grafis akan memudahkan penonton memahami informasi yang diberikan.

Membagikan Informasi

Kegunaan motion graphic adalah termasuk cara yang efektif jika Anda ingin menyampaikan informasi atau pesan ke penonton. Dengan cara ini, Anda bisa mengubah semua informasi dengan bentuk gambar bergerak serta menambahkan audio hingga tulisan yang menarik. Itulah sebabnya informasi yang dibuat lebih enak dilihat serta informasi yang disampaikan lebih mudah dipahami.

Memenuhi Kebutuhan Film dan Video

Grafis gerak juga dapat memenuhi kebutuhan film dan video seperti dapat menampilkan judul yang dapat dilihat di awal maupun akhir film. Grafis gerak dihadirkan untuk membuat penonton lebih impresif jadi akan menggunakan audio serta style dari teks yang cukup menarik supaya film lebih menarik juga.

Grafis gerak juga bisa digunakan untuk keperluan logo yang terlihat lebih atraktif dan berbentuk animasi. Biasanya logo dipasang dengan video pada suatu konten supaya terlihat lebih hidup. Inilah yang membuat suatu video lebih hidup serta bisa diingat oleh penonton.

Membantu Kebutuhan Digital Marketing

Informasi yang rumit apalagi dengan teks yang cukup panjang akan terlihat membosankan. Itulah sebabnya, dengan menggunakan grafis gerak bisa mengubah dari format ke grafis bergerak agar lebih efektif dan juga pesan yang diberikan lebih singkat serta mudah dipahami oleh penonton.

Cara Membuat Motion Graphic

Cara Membuat Motion Graphic

Pembuatan graphic motion, Anda harus menguasai sistem kerja software komputer saja. Tips membuat motion graphic adalah:

Perencanaan

Perencanaan bertujuan untuk menentukan tujuan mengenai pesan yang ingin disampaikan ke target. Anda harus merencanakan skrip atau cerita yang akan jadi dasar motion graphic Anda nantinya.

Desain Grafis

Buatlah elemen-elemen visual, seperti gambar, teks, grafik dan ilustrasi yang dipakai pada grafis gerak. Pastikan juga desainnya sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Animasi

Pakai software animasi seperti Adobe Animate atau Adobe After Effects saat membuat animasi. Atur juga pergerakan, efek serta transaksi dan waktunya.

Menambahkan Suara

Tambahkan suara jika diperlukan, seperti suara narasi atau musik latar untuk meningkatkan pengalaman penonton.

Export dan Bagikan

Setelah semuanya selesai dilakukan, export motion graphic Anda dengan format yang sesuai untuk dipakai di platform yang Anda inginkan, seperti website atau Youtube.

Setelah Anda memahami pengertian motion graphic, jenis dan cara membuatnya bisa lihat contohnya juga berikut ini.

Contoh Motion Graphic

Contoh dari motion graphic pada iklan yang sering Anda temukan adalah:

Iklan Oreo

Di salah satu iklan Oreo menceritakan tentang Aladin yang sangat populer pada anak-anak. Oreo diberikan ke penyihir dan mengubah sudut padang mereka pada kehidupan. Motion graphic memungkinkan animator dapat melompat ke sejumlah adegan dengan karakter yang ikonik seta menceritakan cerita pendek dalam durasi beberapa detik saja.

Berdasarkan penjelasan di atas, motion graphic adalah visual yang bergerak dengan menggabungkan elemen animasi, desain dan suara untuk menciptakan karya yang lebih menarik dan mudah dipahami penonton. Bagi Anda yang ingin mempelajari digital marketing bisa mengikuti kursus di Coding Studio.

Related Articles