Infografis Adalah: Definisi, Jenis dan Contohnya

Infografis Adalah Definisi, Jenis dan Contohnya

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat konten Anda menarik untuk dilihat, dan infografis adalah salah satu cara yang paling efektif saat ini. Layanan untuk membuat infografis saat ini sudah semakin banyak dan makin banyak dicari karena kesadaran para pebisnis atau pembuat konten akan pentingnya dan besarnya peran infografis dalam menarik minat pengunjung secara lebih massif.

Apa yang menyebabkan hal semacam itu terjadi? Kenyataannya, sebuah survey menunjukkan bahwa kebanyakan pengunjung secara umum lebih tertarik dengan konten yang menyajikan visual super menarik dan bisa meningkatkan brand awareness dari sebuah merek perusahaan secara signifikan. Alasan lainnya adalah karena infografis bisa meringkas informasi secara efektif dan efisien walau hanya dengan satu gambar saja.

Baca Juga : Branding Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Maka tidak heran jika saat ini semakin banyak orang yang penasaran mengenai bagaimana cara membuat atau mendesain infografis yang baik dan menarik. Pada ulasan kali ini, kita akan membahas mengenai apa itu infografis dan juga tata cara membuatnya sebagai langkah awal pengembangan konten menarik.

Mengenal Tentang Infografis

Infografis dikenal sebagai sebuah media informasi yang ditampilkan menggunakan teks yang kemudian dipadukan dengan banyak elemen pendukung lainnya, contohnya adalah gambar, penggunaan grafik, tipografi dan lengkap dengan ilustrasinya.

Apa itu Infografis

Tidak hanya itu, infografis juga banyak digunakan dengan memberikan improvisasi menambahkan data berbentuk angka yang kemudian disajikan menggunakan kombinasi desain dengan warna yang menarik dan menonjol. Hal itulah yang semakin membuat sebuah konten banyak dilirik dan seolah bersifat atraktif dan interaktif bagi banyak orang yang berkunjung.

Baca Juga : User Interface Adalah? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Semakin banyak orang yang tertarik, maka akan semakin banyak orang yang masuk dan melihat konten Anda. Dan jika semakin banyak lagi pengunjung yang datang maka akan meningkatkan SEO konten Anda. Lalu ketika orang mencari kata kunci yang berkaitan dengan konten Anda, maka konten Anda akan menjadi yang paling atas.

Baca Juga:  T Test Adalah Uji Statistik, Berikut Penjelasannya

Jenis dan Contoh Infografis

Ada beberapa Jenis infografis yang terbagi dan banyak dikenal sejauh ini. Setiap jenis itu akan disesuaikan berdasar jenis konten yang akan ditampilkan. Berikut ini adalah beberapa jenis infografis dan penjelasannya.

Jenis dan Contoh Infografis

Tipe Statis

Visual statis infografis adalah jenis yang pertama, di mana jenis ini ditampilkan dengan sebuah bentuk yang paling sederhana tanpa adanya tambahan music atau audio jenis lain serta animasi yang bergerak. Visual berbentuk statis ini hanya akan menyajikan sebuah tampilan berbentuk gambar maupun ilustrasi yang sudah cukup mewakili dan menjelaskan keseluruhan konten dengan topic yang sesuai pembahasan.

Sebagai contoh, infografis jenis statis banyak ditemukan pada sebuah konferensi, yang mana digunakan saat proses pemaparan materi presentasi atau hasil penelitian supaya bisa memberikan informasi dengan lebih jelas dan menarik serta efisien pada audiens. Penyajian konten atau materi akan jauh lebih mudah dan langsung kepada pokok pembahasan pada saat menggunakan metode tersebut.

Tipe Animasi 

Jenis yang selanjutnya adalah tipe infografis animasi bergerak. Ana perlu tahu bahwa dalam suatu animasi ini terdapat sejumlah elemen penting, antara lain audio dan juga visual. Kedua elemen itu dipadukan menggunakan konsep yang telah disesuaikan dengan tujuan pembuatan konten untuk bisnis Anda.

Ada dua jenis animasi, yaitu dua dimensi dan tiga dimensi. Sebagai contoh, jenis animasi infografis adalah yang bisa Anda temukan di beberapa platform ternama seperti YouTube dan juga siaran televisi. Anda bisa menemukan banyak pembuat konten yang masuk ke YouTube dengan cara mengembangkan infografis yang mereka kuasai.

Tipe Interaktif 

Jenis yang ketiga adalah infografis yang jauh lebih kompleks dibanding jenis yang sebelumnya. Hal mendasar yang menjadi pembeda ada pada sasaran informasinya, di mana di sana bisa ada interaksi secara langsung terhadap data yang telah ditampilkan.

Untuk bisa menggunakan dan merasakan Manfaat Infografis  jenis ini, ada perlu menguasai bahasa pemrograman yang cukup rumit, atau Anda juga bisa bekerja sama dengan developer dan programmer yang Anda kenal agar lebih mudah membuat sebuah media yang interaktif.

Baca Juga:  Disrupsi Digital Adalah: Pengertian, Dampak dan Cara Menghadapinya

Infografis dengan jenis interaktif merupakan penyajian info yang diperlihatkan dengan bantuan banyak elemen layaknya pada button atau tombol. Maka dari itu, info yang ada akan dilihat dan memberi banyak info, para pengguna juga bisa akses data tersebut lebih cepat dan akurat.

Cara Membuat Infografis

Berikutnya adalah pembahasan cara untuk menyusun atau membuat sebuah infografis, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut untuk mengembangkan media yang Anda miliki dan Anda akan tahu bahwa membuat infografis adalah hal yang cukup mudah dilakukan:

Cara Membuat Infografis

1. Memilih Topik

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan topic yang akan Anda gunakan dan juga menentukan tujuan infografis dibuat, yaitu untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis dan pemasaran produk Anda. Maka jangan buru-buru membuat layout atau desain, akan tetapi lebih baik Anda menentukan dan membuat konsep secara baik dan jelas.

2. Tentukan Target Audiens

Cara selanjutnya adalah Anda harus bisa menentukan target pasar Anda dengan baik dan penuh dengan pertimbangan, salah satunya adalah dengan mengadakan riset. Dengan begitu Anda juga bisa menentukan kebutuhan dan elemen konten secara spesifik. Agar lebih mudah, Anda juga bisa mencari referensi dan menemukan contoh infografis.

3. Koleksi Data dan referensi

Jika Anda sudah bisa menemukan topic dan juga target audiens, maka Anda hanya perlu mencari sumber info dan juga referensi yang berhubungan dengan tujuan pembuatan konten Anda. Anda bisa saja menemukan banyak referensi melalui internet atau buku dan dari orang sekitar.

4. Visualisasi Data ke Infografis

Implementasi data dengan cara membuat tampilan visual infografis adalah langkah yang harus Anda lakukan. Apa artinya membuat rencana tanpa eksekusi, maka Anda perlu memulai membuat struktur infografis. Dalam langkah ini, Cara Membuat Infografi bisa menggunakan template atau metode grid layout.

Tips Membuat Infografis

Berikut ini adalah Tips Membuat Infografis antara lain:

  1. Menentukan target audiens yang sesuai supaya Anda tidak salah langkah dan tepat sasaran dan peluang promosi bisnis Anda berhasil semakin besar.
  2. Cari data yang relevan dan juga valid agar Anda bisa dipercaya dan banyak menarik minat audiens secara organic.
  3. Struktur harus dibuat dengan baik dan sejelas mungkin supaya terlihat professional dan kredibel sehingga tidak hanya bisa menarik minat tapi juga kepercayaan para audiens.
  4. Lalu pastikan Anda bisa mengimplementasikan dan membuat tampilan yang menarik dan tentu bisa menjadi pusat perhatian. Anda bisa meminta pertimbangan ahli infografis  agar lebih baik.
  5. Gunakan tipografi yang tepat dan sederhana agar para audiens tidak salah paham.
Baca Juga:  Belajar SPSS: Tutorial SPSS Untuk Pemula

Itulah ulasan mengenai infografis. Infografis adalah hal yang esensial dan penting dalam membantu promosi konten Anda, maka Anda harus mulai memperhatikan hal ini dan jangan sampai Anda kehilangan kesempatan dalam menarik minat audiens dan kalah bersaing dengan perusahaan lainnya. 

Jelajahi konsep yang kompleks, pelajari tren terbaru, dan tingkatkan pemahaman Anda tentang teknologi melalui infografis informatif kami. Bersiaplah untuk belajar dengan cara yang lebih menarik di Coding Studio! Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda.

Related Articles