User Interface Adalah? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

User Interface Adalah Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Sebuah website yang atau aplikasi yang mempunyai tampilan buruk saat dibuka pasti kita tidak akan tertarik untuk membacanya. User interface adalah sebagai bentuk pendukung pada media digital berupa website atau aplikasi yang sekarang ini banyak digunakan juga untuk promosi.

Dengan begitu secara tidak langsung mereka bersaing pada tampilan ataupun fungsi dari sebuah aplikasi tersebut, mereka membuat tampilan visual yang menarik atau disebut juga dengan user interface (UI). 

Sebuah user interface yang baik dan juga bagus akan memberikan kesan pertama yang baik bagi pengguna sistem, karena peranan penting tersebut maka seorang perancang UI (UI Designer) harus benar-benar berhati-hati dalam membuat perancangan user interface, Anda juga bisa mengikuti kursus IT pada Coding Studio.

Pengertian User Interface

User interface adalah tampilan visual yang berada pada halaman pertama sebuah website atau aplikasi yang memuat menu-menu ataupun informasi yang ada pada website atau aplikasi tersebut, dan bertujuan agar pengguna merasa nyaman saat membuka sebuah website atau aplikasi.

Sebagai contoh sederhana dari user interface adalah seperti tampilan yang ada pada Windows, di mana saat kita menekan tombol Windows yang berwarna biru yang ada pada bagian pojok sebelah kiri layar laptop atau komputer maka kita akan melihat menu-menu yang ada pada laptop atau komputer tersebut dan biasanya tersusun secara grid dan juga layout yang menarik.

Beberapa komponen user interface yaitu animasi, tipografi, layout, gambar, icon, palet warna dan juga elemen design lainnya. Salah satu yang terpenting yang ada pada UI yaitu tata letak dan juga  tampilan yang sesuai dengan ukuran perangkat (device).

Baca Juga:  Customer Lifetime Value Adalah: Pengertian, Kegunaan dan Cara Meningkatkannya

Jenis User Interface (UI)

Jenis-jenis user interface dilihat dari wujudnya berupa hardware ataupun software, jika dalam wujud hardware user interface adalah berupa keyboard, mouse, camera, monitor, speaker, microphone, dan juga wujud dari device lainnya, sedangkan user interface dalam wujud software adalah sebagai berikut :

  1. Form-based UI, adalah tampilan utama yang berfungsi untuk memasukkan data dengan tawaran pilihan yang terbatas pada sebuah program ataupun aplikasi.
  2. Graphical UI, adalah sebuah device input yang bisa mengeluarkan sebuah output visual, contohnya seperti keyboard dan monitor.
  3. Menu-driven UI, user interface yang satu ini menggunakan daftar pilihan yang bisa digunakan oleh pengguna untuk menjalankan sebuah program ataupun website. Contohnya seperti ATM yang menggunakan menu-driven untuk memudahkan penggunanya.
  4. Touch UI, dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa cara mengoperasikan user interface adalah  dengan menggunakan sentuhan, jenis UI ini biasanya ditemukan pada smartphone, tablet, maupun device lainnya yang menggunakan layar sentuh.
  5. Voice UI, sebuah device yang dioperasikan dengan menggunakan perintah berupa suara atau auditori sehingga terjadi interaksi manusia dengan mesin. Device yang biasa menggunakan voice UI ini adalah GPS, virtual assistant, talk-to-text, dan perangkat lainnya.

Fungsi User Interface (UI)

Diambil dari pengertian user interface diatas bahwa fungsi user interface adalah sebagai tampilan visual pada sebuah sistem yang membuat user mudah dalam menggunakannya, efisien, dan juga pengguna merasa nyaman dan senang dalam proses interaksinya.

Tujuan user interface membuat pengguna mengetahui tentang fungsi dari sebuah website atau aplikasi, selain itu user interface juga merupakan bagian penting dari sebuah software dalam mendukung perkembangan teknologi.

Sebuah website atau aplikasi yang tidak menggunakan user interface tentunya akan memberikan kesulitan kepada pengguna yang akhirnya menimbulkan rasa tidak nyaman saat digunakan, apalagi jika pengguna tersebut pengetahuannya tentang device masih  awam.

Penerapan Graphic User Interface (GUI) tidak akan bisa lepas dari peran user interface baik yang terdapat pada sebuah program maupun aplikasi pada smartphone. Traffic pada website akan meningkat diakibatkan oleh banyaknya pengguna yang mengakses situs tersebut, terlebih jika website tersebut berupa website bisnis, tentunya secara tidak langsung user interface membuat proses promosi bisnis menjadi sukses.

Baca Juga:  Brand Guidelines: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Manfaat User Interface (UI)

Berikut adalah manfaat user interface yang bisa Anda dapatkan:

1. Menarik Konsumen Baru

Sebuah tampilan visual yang menarik pada sebuah website atau aplikasi tentunya akan memberikan peluang adanya konsumen baru.

2. Memperkuat Branding

Tampilan pada sebuah website terutama website bisnis juga dapat memperkuat branding sehingga membuat reputasi bisnis menjadi lebih baik.

3. Membuat Pengunjung Nyaman

Website atau aplikasi yang mempunyai tampilan dan juga layout yang baik tentu akan membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama berada pada website kita.

4. Memudahkan Pengunjung untuk Membeli

Pada penggunaan website bisnis jika layout atau tata letaknya beraturan maka akan memudahkan pengunjung saat ingin membeli produk atau menggunakan jasa layanan.

Contoh User Interface (UI)

Berikut ini adalah contoh user interface:

1. Notion: Product Onboarding

Notion adalah sebuah aplikasi web manajemen proyek yang membuat proses monitoring kegiatan pekerjaan baik secara tim ataupun individu yang  dilakukan secara virtual dan remote, selain itu juga  menyediakan catatan, agenda pekerjaan, dan juga to-do-list yang bisa digunakan.

Notion juga mempunyai tampilan onboarding yang jelas dan juga terstruktur, sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi web tersebut. Selain itu juga tersedia video dan juga artikel yang berisi tentang cara penggunaan notion.

2. FlowMapp: Interface Rapi

Sama dengan nation, aplikasi web yaitu FlowMapp juga mempunyai tampilan yang jelas dan rapi sehingga mudah untuk digunakan dan juga sangat mendukung pengguna baru dalam proses belajar tentang aplikasi FlowMapp tersebut.

3. Figma: Panduan Pengguna Pemula

Bagi pengguna pertama Figma kita akan mendapatkan panduan penggunaan dengan menggunakan fitur figma yang ada, dengan fitur tersebut pengguna tentunya mendapatkan berupa peningkatan pemahaman tentang aplikasi tersebut tanpa mengulang tutorial.

4. Drink Half Past: Palet Warna yang Konsisten

Website yang mempunyai tampilan mencolok karena menggunakan warna palet yang konsisten seperti pink, putih, orange, hijau, dan juga kuning, membuat tampilan visual menjadi menarik dan juga sebagai tanda bahwa brand tersebut mempunyai kepribadian yang menyenangkan. 

Baca Juga:  Forecast Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

5. Typeform: Galeri Menu Template

Typeform merupakan sebuah aplikasi pembuatan design formulir secara online yang menyediakan beberapa daftar galeri template yang akan muncul pada saat user akan membuat formulir yang baru. Selain itu juga akan menampilkan beberapa rekomendasi template yang banyak digunakan.

Cara Membuat User Interface

Berikut adalah cara membuat user interface:

  1. Menempatkan berbagai Komponen visual pada layout yang sesuai
  2. Membuat pengunjung merasa nyaman dengan desain, warna, ukuran font dan juga kontras yang baik
  3. Membuat desain layout yang minimalis
  4. Memastikan agar bagian yang ada pada layout hanya berfokus pada satu fungsi
  5. Memastikan agar setiap komponen visual tetap konsisten
  6. Meminta kritik serta saran dari pengguna

Melalui penjelasan di atas dapat dipahami bahwa user interface adalah tampilan yang harus ada pada sebuah website atau aplikasi.

Dengan user interface yang responsif dan fleksibel, kami siap menyambut masa depan pemrograman yang penuh tantangan. Dari pembelajaran responsif hingga interaksi dengan teknologi mutakhir, kami mengajak Anda untuk menjadi bagian dari perjalanan inovatif ini. Untuk belajar user interface Anda bisa mengikuti kursus IT di Coding Studio.

Related Articles