CLI (Command Line Interface) adalah? Cara Kerja dan Kelebihan

CLI adalah Cara Kerja dan Kelebihan

Saat ini ada banyak istilah baru yang ada di dunia teknologi dan salah satu istilah yang paling sering didengar adalah CLI. Istilah ini merupakan kependekan dan kepanjangan dari CLI adalah Command Line Interface yang merupakan sebuah program antarmuka yang bisa memberikan instruksi perangkat komputer. 

Dengan menggunakan program ini nantinya pengguna bisa menginput perintah berbentuk teks supaya sistem bisa menjalankan perintah tersebut. Meskipun program ini memiliki banyak sekali manfaat, tapi belum banyak orang yang bisa memanfaatkan program ini dengan baik. 

Hal tersebut dikarenakan belum terlalu mengenal program ini lebih dalam sehingga tidak tahu cara penggunaannya seperti apa. Agar bisa memaksimalkan program ini maka perlu membaca ulasan lengkap mengenai CLI di bawah ini.

Apa Itu Command Line Interface? 

Apa Itu Command Line Interface

Kalau bertanya apa itu CLI? Jawabannya adalah user interface yang berbasis teks berfungsi untuk berinteraksi dan mengelola file dengan aplikasi ataupun sistem operasi. Program ini menawarkan antarmuka antar aplikasi dan user sehingga komputer bisa menjalankan perintah yang sudah diinput oleh pengguna.

Baca Juga : User Interface Adalah? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Program Ini pertama kali dikenalkan di tahun 1960 pada saat teknologi komputer belum canggih seperti saat ini. Perangkat komputer di tahun 1960 hanya bisa menampilkan informasi teks dengan alat input berupa keyboard. Kalau ingin menjalankan operasi di perangkat nantinya menggunakan sistem operasi MS-DOS yang menggunakan CLI putar sebagai program standar antarmuka pengguna.

Cara menggunakan CLI adalah pengguna harus menuliskan perintah di CLI supaya bisa berkomunikasi dengan perangkat komputer. Output yang nantinya dihasilkan berupa tindakan tertentu Atau bisa juga berupa sejumlah informasi berbentuk teks.

Baca Juga:  Email Marketing: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya

Sistem Kerja Command Line Interface

Sistem kerja CLI yaitu berawal dari sistem komputer yang memakai CLI nantinya CLI tersebut akan terbuka di layar yang kosong dengan dilengkapi prompt perintah. Jika sudah, pengguna tinggal memasukkan perintah agar nantinya perangkat bisa mengeksekusi perintah tersebut. Perintah yang dikodekan menjadi bagian dari antarmuka pada sistem operasi.

Program bisa dieksekusi apabila perintah yang dituliskan sudah berhasil dipanggil dan nantinya aplikasi berbasis grafis atau teks bisa berjalan. Selanjutnya program batch akan menjalankan perintah saat perintah tersebut sudah berhasil dipanggil dan akhirnya program bisa langsung dieksekusi.

Kalau hanya membaca teori seperti yang dijelaskan tadi pastinya tidak terlalu memahami sistem kerja program ini. Agar nantinya lebih paham program ini sebaiknya jangan hanya membaca teori saja tetapi ada baiknya untuk mempelajari teori secara mendalam. Cara menguasai command line interface adalah dengan mengikuti kursus ataupun pelatihan-pelatihan di Coding Studio.

Contoh Command Line Interface

Contoh Command Line Interface

Meskipun program ini tidak lagi populer seperti dulu tapi masih banyak orang yang menggunakan program ini. Ada beberapa contoh CLI yang saat ini masih digunakan dan untuk tahu apa saja contohnya bisa baca ulasan berikut.

Windows MS-DOS

Sebelum dulunya menggunakan GUI ternyata Microsoft sudah menggunakan CLI terlebih dahulu di sistem operasi yang sudah dibuatnya. Contoh penerapan program ini adalah Windows MS-DOS yang sampai saat ini masih tersedia. 

Kalau dulu memang namanya masih CLI tapi saat ini sudah berubah namanya menjadi CMD atau Command Prompt. Meskipun namanya sudah berubah tapi cara kerjanya masih tetap sama sehingga tidak akan sulit untuk menggunakannya.

Linux

Penerapan kedua dari CLI adalah pada Linux, Linux adalah salah satu sistem operasi yang sering sekali digunakan untuk kebutuhan mengelola server jaringan. Dari dulu sampai saat ini, Linux merupakan salah satu OS yang selalu menggunakan tampilan antarmuka CLI. 

Selain itu ternyata Linux juga sudah mengembangkan Shell CLI yang diberi nama Shell Bash. Jadi untuk pengguna komputer ataupun laptop yang sistem operasinya masih Linux maka secara tidak langsung sudah menggunakan CLI.

Baca Juga:  Fedora Adalah? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Command Line Interface 

Sekarang memang sudah berkurang jumlah pengguna CLI tetapi bukan berarti CLI sudah tidak digunakan karena masih banyak yang menggunakan program ini. Untuk yang belum pernah menggunakan program ini maka ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan command line interface dan kekurangannya. 

Untuk tahu kelebihannya dan juga kekurangannya bisa lihat ulasan singkat berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Command Line Interface

Kelebihan CLI

Meskipun termasuk program lama tetapi program ini masih memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki program antarmuka lainnya. Kelebihan yang sudah dimiliki CLI adalah sebagai berikut.

Menggunakan Sedikit Sumber Daya

Kelebihan yang pertama ini memang akan selalu dirasakan apabila memakai CLI karena program teks yang digunakan tidak terlalu membutuhkan banyak sumber daya atau resources. Karena penggunaan sumber daya yang tidak begitu berlebihan membuat CLI lebih ringan dibandingkan GUI. Selain itu pengguna juga tidak perlu menggunakan komputer spesifikasi tinggi untuk menginstal program ini.

Tingkat Presisi Lebih Tinggi

Selain penggunaan sumber daya yang lebih sedikit ternyata CLI juga mempunyai tingkat praktisi yang jauh lebih tinggi dibandingkan GUI. Dengan adanya tingkat presisi yang cukup tinggi seperti itu membuat pengguna tidak perlu merasa bingung programnya tidak berjalan. Asalkan pengguna saat menuliskan perintah tidak melakukan kesalahan nantinya perintah tersebut akan cepat dieksekusi.

Bisa Menjalankan Task Berulang 

Untuk menjalankan task atau perintah yang berulang memang lebih bagus menggunakan CLI karena GUI tidak terlalu bagus kalau dipakai untuk menjalankan perintah yang seperti itu. Ada beberapa contoh perintah berulang yang bisa dijalankan dengan baik pada CLI. 

Contoh perintahnya adalah mengelola puluhan bahkan ratusan file yang ada di dalam sebuah foto. Kalau menggunakan CLI menggunakan satu perintah saja agar proses pengelolaan file tersebut bisa cepat selesai.

Sangat Canggih 

Program CLI memang bukan program baru tetapi program ini terbilang sangat canggih. Contoh kecanggihan CLI adalah memperbolehkan pengguna memegang kendali penuh atas sistem yang digunakan. Jadi kalau pengguna merasa tidak terlalu suka dengan sistem operasi yang saat ini digunakan maka bisa merubah beberapa bagian dari sistem tersebut dengan memanfaatkan CLI.

Baca Juga:  Growth Mindset: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Kekurangan CLI

Meskipun CLI memiliki beberapa kelebihan tapi ternyata ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki oleh program ini. Contoh kekurangan yang dimiliki adalah memperbesar resiko file yang ada di perangkat hilang. 

Peluang file hilang menjadi lebih besar terjadi apabila saat menuliskan perintah dengan menambahkan lokasi file ataupun target mengalami kesalahan. Kalau sampai melakukan kesalahan dalam menuliskan perintah seperti itu nantinya file yang akan dipindahkan ke lokasi yang baru atau yang akan ditambahkan bisa saja terhapus secara otomatis.

Kekurangan yang berikutnya dimiliki CLI adalah mempunyai tampilan yang tidak terlalu menarik. Kalau dibandingkan dengan program lainnya memang tampilan CLI terlihat kurang menarik, dikarenakan program ini masih menggunakan background hitam dan menggunakan tulisan yang berwarna putih. Untuk font yang digunakan tidak berubah dari dulu sehingga kalau melihat secara terus-menerus tampilan program ini kadang merasa bosan.

Apakah Anda siap memahami keajaiban Command Line Interface (CLI) dan bagaimana itu dapat mengubah cara Anda berinteraksi dengan pengembangan perangkat lunak? Kunjungi Coding Studio sekarang dan temukan panduan komprehensif kami tentang CLI.

Dari dasar-dasar hingga trik dan teknik lanjutan, kami akan membantu Anda menguasai alat yang memungkinkan Anda menjelajahi potensi tanpa batas dalam pengembangan perangkat lunak. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperdalam pemahaman Anda tentang CLI di Coding Studio!

Related Articles