Apa itu CMD (Command Prompt)? Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Apa itu CMD (Command Prompt) Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Command prompt adalah fitur untuk melakukan pengelolaan pada sistem operasi, terutama Windows. Sebab, Windows merupakan sistem operasi yang pengembangannya menggunakan GUI (Graphical User Interface). Menjalankan CMD menjadi alternatif untuk mengoperasikannya.

Apa Itu Command Prompt?

CMD atau command prompt adalah suatu aplikasi CLI (Command Line Interpreter) yang terdapat pada Windows. Perintah dari CMD ini fungsinya melakukan berbagai jenis operasi pada komputer. Command Prompt pada dasarnya sudah ada sejak era MS-DOS.

Apa Itu Command Prompt

Namun, pada era MS-DOS ini jarang sekali pengguna yang memanfaatkan CMD. Sebab, fungsi ini baru bisa diakses dengan mudah melalui menu belakangan ini.

Apa itu command prompt merupakan alat kendali terhadap sistem operasi pada komputer. Saat ini, CMD sudah tergantikan dengan GUI yang dianggap lebih mudah digunakan dan user friendly.

Perintah dan Fungsi Command Prompt

Untuk bisa menggunakan ini, Anda harus memahami perintah dasar CMD. Masing-masing dari perintah itu sendiri memiliki fungsi berbeda. Untuk pemahaman lebih mendalam, berikut penjelasan perintah dan fungsi command prompt yang harus Anda pelajari.

1. Ping

Ping (Packet Internet Gopher) merupakan fitur pada Windows untuk mengecek berapa kecepatan internet. Anda bisa menggunakan perintah ini bisa melalui Google.com lalu tekan enter. Selanjutnya muncul rangkaian baris tulisan yang ditampilkan dalam angka. Jika Anda ingin mengetahui kecepatan internet, bisa melihat pada keterangan time=xxms.

2. Whoami

Whoami ini berguna untuk menampilkan nama pengguna pada komputer. Hanya dengan mengetikkan kata Whoami pada CMD, Anda bisa melihat nama pengguna dalam komputer yang Anda gunakan.

3. Diskpart

Perintah ini digunakan untuk mengatur partisi pada hard disk, sehingga memudahkan Anda dalam mengelolanya. Partisi di sini maksudnya adalah melakukan pengelolaan untuk membagi ruang penyimpanan.

Baca Juga:  Apa Itu KPI (Key Performance Indicator)? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Menghitungnya

Namun bagi Anda yang belum pernah menggunakan perintah ini sebaiknya dihindari. Sebab, sangat berisiko kehilangan data-data.

4. Ipconfig

Perintah command prompt adalah menampilkan konfigurasi yang terdapat pada Ip Address dalam komputer. Melalui perintah ini, Anda bisa mengetahui konfigurasi apa saja yang sudah masuk.

5. Hostname

Hostname ini merupakan perintah dasar untuk melihat nama host ataupun jaringan yang terhubung dengan Anda.

6. Getmac

Getmac merupakan perintah untuk melihat address mac atau alamat fisik yang terdapat pada komputer. Anda bisa mencoba mengetik kata getmac pada CMD. Kemudian muncullah semua alamat fisik dari komputer Anda.

7. Taskmgr

Taskmgr merupakan perintah CMD yang berguna untuk memanggil CMD ke dalam Task Manager. Cara menggunakannya cukup mudah, tuliskan taskmgr pada CMD lalu tekan Enter. Kemudian layar akan menampilkan informasi seperti Network, Memory, penggunaan CPU, dan Disk.

8. Chdir

Chdir merupakan perintah yang berguna mengetahui folder mana yang sedang aktif saat ini. Bahkan, Anda bisa pindah dari satu folder lalu ke folder lain melalui CMD. Jika Anda ingin pindah ke dalam folder utama, bisa ketik chdir lalu tekan Enter.

9. Systeminfo

Systeminfo merupakan CMD yang penting untuk menunjukkan informasi yang berasal dari komputer Anda. Informasi ini berkaitan dengan komputer yang Anda gunakan. Cobalah tuliskan system info pada CMD lalu tekan Enter.

10. Tree

Tree merupakan perintah untuk menampilkan struktur dari sebuah folder. Bagi Anda yang ingin melihat berbagai sub folder lengkap, bisa menggunakan perintah ini. Cara menjalankan command prompt ini dengan memasukkan kata tree, lalu tekan Enter.

Manfaat Command Prompt

Pada dasarnya, command prompt adalah perintah cepat yang bisa dijalankan pada sistem operasi Windows. Namun, kehadirannya juga membawa segudang manfaat cmd sebagaimana penjelasan berikut.

Manfaat Command Prompt

1. Memeriksa Aktivasi Windows

Anda bisa memanfaatkan CMD ini untuk memeriksa aktivasi sistem operasi Windows. Caranya dengan mencari tahu mengenai sistem operasi ini apakah sudah teraktivasi atau belum.

Cara menggunakan command prompt untuk kebutuhan ini bisa menggunakan perintah slmgr/dlv. Nantinya layar akan menampilkan informasi mengenai aktivasi Windows seperti yang ingin Anda ketahui.

Baca Juga:  Apa Itu SASS? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

2. Tutup Paksa Program

Ketika Anda mendapati suatu program mengalami error atau not responding, CMD menjadi salah satu alternatif penyelesaian masalah ini. Sebab, hal ini menandakan ketidakstabilan aplikasi yang Anda jalankan, sehingga harus segera diselesaikan.

Perintah CMD ataupun Task Manager bisa membantu Anda untuk menutup aplikasi atau software error ataupun not responding secara paksa.

3. Bad Sector Hard Disk Teratasi

Manfaat command prompt adalah untuk mengatasi permasalahan bad sector hard disk. Caranya dengan mengetikan perintah chkdsk /r/f e untuk mencari tahu permasalahannya kemudian memperbaikinya.

Cara Membuat Database di Command Prompt

Cara Membuat Database di Command Prompt 

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat database di command prompt harus menginstall xampp terlebih dahulu. Lalu, sudah menjalankan layanan mysql dan service apache. Barulah mengikuti langkah berikut ini.

  1. Buka CMD dengan tekan Windows+R lalu ketikkan cmd pada jendela, tekan Ok
  2. Apabila sudah muncul jendela cmd, ketik c:\xampp\mysql\bin, tekan Enter
  3. Lanjutkan dengan ketik SHOW DATABASES; tekan Enter. Anda akan melihat berbagai baris nama dari database default.
  4. Selanjutnya jika ingin membuat database baru, masukan perintah CREATE DATABASES nama database; lalu untuk memeriksa database gunakan perintah Show Databases kembali.

Command prompt adalah hal penting yang harus dipelajari seorang programmer. Terlebih banyaknya jenis perintah sering kali membuat Anda kewalahan.

Jangan khawatir, semua bisa mahir teknologi dengan mengikuti kursus IT online Coding Studio. Yuk persiapkan diri Anda dari sekarang juga dengan meningkatkan skill yang dibutuhkan industri dan startup.

Related Articles