Webmail Adalah: Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan, dan Contoh Layanan Webmail

Webmail Adalah Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan, dan Contoh Layanan Webmail

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah webmail, yang notabene tidak jauh berbeda dengan e-mail biasa. Namun, keduanya memiliki perbedaan, di mana webmail adalah platform yang dipakai untuk menggunakan layanan email lewat web browser. 

Sistem email berbasis web ini sering digunakan untuk keperluan bisnis. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan seputar manfaat dari webmail, kelebihan dan kekurangan webmail, hingga contoh layanannya.

Manfaat Webmail

Apa saja sih manfaat webmail? Berikut merupakan beberapa manfaat dari penggunaan webmail. 

  1. Akses ke layanan email menjadi semakin mudah hanya melalui web browser.
  2. Tidak perlu menginstal aplikasi khusus email untuk dapat login ke akun email.
  3. Dapat menggunakan beberapa fitur terbaru dari layanan email tanpa harus update manual ke versi terbarunya melalui aplikasi.
  4. Dapat diakses secara bebas dan gratis asalkan tersambung dengan koneksi internet.

Kelebihan Menggunakan Webmail

Webmail memiliki berbagai keuntungan dalam penggunaannya. Adapun beberapa kelebihan webmail adalah sebagai berikut.

Kelebihan Webmail

Mudah Digunakan

Banyak orang yang memilih menggunakan webmail untuk kepentingan komunikasi dengan mitra atau kliennya karena mempunyai berbagai fitur yang nyaman digunakan.

Webmail bisa diakses menggunakan perangkat apapun dengan bantuan internet. Dengan begitu, maka bisa mengakses email dari mana pun dan kapan pun. Pesan yang ada di email akan disimpan secara terpusat sehingga dapat lebih mudah ditinjau dalam satu sistem.

Biaya Lebih Hemat

Dengan menggunakan email web ternyata juga memberikan keuntungan dari sisi biaya. Hal ini disebabkan karena penyedia layanan web mail biasanya memberikan akses gratis untuk para pengguna email.

Baca Juga:  GDPR Adalah Regulasi Perlindungan Data, Berikut Penjelasannya

Namun, tetap ada juga penyedia sistem webmail yang menerapkan biaya langganan untuk dapat mengakses beberapa fitur tertentu yang bersifat premium.

Ruang Penyimpanan Besar

Selain mendapatkan berbagai fitur gratis, menggunakan web mail juga memberikan keuntungan berupa ruang penyimpanan yang besar. Artinya, kamu dapat menyimpan berbagai lampiran, pesan, atau file dalam jumlah yang besar.

Untuk itu, tidak perlu khawatir lagi jika ingin menyimpan berbagai file di email. Kamu tidak akan menggunakan banyak ruang penyimpanan perangkat karena webmail memberikan storage tersendiri.

Tidak Butuh Mail Client

Salah satu keuntungan menggunakan webmail adalah sudah tidak lagi membutuhkan mail client. Mengapa demikian? Pasalnya, pengguna bisa langsung melakukan interaksi menggunakan layanan tersebut.

Mudah dalam Pengelolaan

Webmail adalah sistem email berbasis web dengan interface pengguna yang ramah dan intuitif. Email browser ini mempunyai drag-and-drop serta berbagai alat pengelolaan, misalnya folder, label, pencarian canggih, dan lain-lain. Para pengguna juga bisa menyortir email dengan mudah.

Pembaruan Otomatis

Saat menggunakan webmail, pengguna dipastikan menggunakan versi terupdate dari interface email tanpa harus melakukan update terlebih dahulu secara manual di perangkat lunak. 

Pembaruan ini umumnya diterapkan oleh penyedia layanan, sehingga para pengguna bisa fokus di email tanpa harus memikirkan aspek teknis.

Fungsionalitas Kolaborasi

Beberapa layanan webmail mempunyai fitur kolaborasi yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk berbagai email, daftar tugas, dan kalender, dengan keluarga atau anggota tim. 

Dengan hadirnya fitur ini, tentu sangat membantu dalam hal mengoordinasi pekerjaan dan aktivitas dengan orang lain.

Kekurangan Menggunakan Webmail

Selain keunggulan yang dimilikinya, webmail juga memiliki beberapa kekurangan antara lain sebagai berikut.

Kekurangan Webmail

Keamanan Kurang Terjamin

Salah satu kekurangan webmail adalah cukup rentan terserang cyber karena menggunakan browser web untuk mengaksesnya. Apabila koneksi internet atau perangkat yang digunakan tidak aman, maka sangat berisiko mendapati akses yang tidak sah pada akun email.

Bahkan phising dan berbagai serangan lainnya sangat mungkin terjadi karena pengguna yang tidak berhati-hati saat mengakses webmail menggunakan perangkat yang tidak aman.

Baca Juga:  Ketahui 7 Tahap Pembuatan Model Machine Learning

Fitur yang Terbatas

Webmail memang memberikan fitur-fitur dasar yang pengguna butuhkan, tetapi ada beberapa fitur yang tidak ada di webmail. Misalnya fitur yang diakses menggunakan client email tradisional, tidak ada di interface webmail. 

Adapun fitur-fitur lanjutan seperti manajemen tugas, pengaturan jadwal, dan sinkronisasi juga terbatas apabila menggunakan email browser. Jadi, penggunaan webmail cocok untuk pengguna yang membutuhkan fitur mendasar saja. 

Privasi Data Kurang Terjaga

Karena menggunakan browser, artinya melibatkan pihak ketiga, sehingga data dan privasi yang digunakan untuk login email tersimpan di server pihak ketiga. Memang biasanya penyedia layanan webmail berupaya untuk tetap menjaga privasi pengguna, tetapi kemungkinan data diretas tetap ada. 

Butuh Koneksi Internet

Saat menggunakan webmail, perangkat pengguna harus terhubung dengan internet. Apabila tidak terdapat akses internet, maka email yang diakses melalui browser mengalami kendala. Hal ini bisa menyebabkan akses email terhambat, produktivitas dan komunikasi bisnis pun menjadi terhambat. 

Contoh Layanan Webmail

Ada berbagai contoh webmail yang dapat menunjang operasional bisnis, antara lain sebagai berikut.

Contoh Layanan Webmail

1. Gmail

Gmail menjadi salah satu layanan email berbasis web yang paling banyak digunakan di dunia. Melalui Gmail, para pengguna dapat mengelola pesan dengan mudah dan gratis.

Ruang penyimpanan Gmail pun sangat besar. Tidak heran jika pengguna Gmail melebihi 1,5 miliar hingga saat ini.

2. Yahoo! Mail

Yahoo Mail juga salah satu email berbasis web yang banyak digunakan, bahkan popularitasnya hadir sebelum Gmail diminati. 

Layanan Yahoo Mail ini diluncurkan oleh perusahaan Yahoo yang berasal dari Amerika. Hingga saat ini, layanan Yahoo mail sudah digunakan oleh lebih dari 225 juta pengguna di seluruh dunia.

Yahoo Mail banyak digunakan karena memiliki berbagai fitur yang memudahkan penggunanya saat melakukan interaksi lewat email.

3. Hotmail

Untuk menunjang operasional bisnis, hotmail dapat menjadi sistem layanan email yang dapat dimanfaatkan karena memiliki berbagai keunggulan.

Hotmail ditawarkan oleh Microsoft dan diminati oleh masyarakat di seluruh dunia untuk kebutuhan komunikasi. Namun, layanan ini telah digantikan dengan Outlook. Meskipun peminatnya tidak sebanyak Gmail atau Yahoo Mail, tetapi sistem layanan email ini memiliki fitur yang menarik dan cukup lengkap.

Baca Juga:  5 Manfaat Cloud Security yang Perlu Kamu Ketahui

4. Office 365: Microsoft Exchange

Sistem email berbasis web ini juga diminati oleh banyak pengguna karena para pengguna dapat membuat alamat email menggunakan domain sendiri. 

Office365: Microsoft exchange memiliki berbagai keunggulan khususnya fitur pesan email yang terhubung dengan kalender. Selain itu, pengguna juga bisa memperoleh akses menggunakan office suite dan layanan online storage yang disebut dengan Office Web Apps. Untuk dapat menikmati layanan tersebut, perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk berlangganan per bulan.

5. Zoho Mail

Banyak orang yang menggunakan Zoho mail untuk keperluan personal maupun bisnis. Daya tarik dari sistem email berbasis web yang satu ini karena memiliki tampilan user friendly sehingga mudah digunakan.

Dengan menggunakan Zoho Mail, para pengguna bisa membuat akun sampai 25 user. Keunggulan lainnya dari sistem email berbasis web ini yaitu memiliki tools office dan fitur yang cukup lengkap sehingga untuk mengelola pesan menjadi lebih mudah. Kesimpulannya, webmail adalah sistem email berbasis web yang banyak digunakan oleh pengguna untuk keperluan bisnis maupun personal.

Bagi kamu yang ingin lebih mahir teknologi, bisa bergabung dengan kelas kursus di Coding Studio. Kamu akan mendapatkan fasilitas materi, pelatihan dan proyek, dan sertifikat pelatihan. Yuk tunggu apa lagi, segera bergabung dengan Coding Studio sekarang juga!

Related Articles