Apa Itu SaaS? Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

SaaS adalah sebuah perangkat lunak yang bisa dijadikan menjadi sebuah layanan yang mampu mempermudah bisnis. Layanan ini sudah berbasis cloud sehingga bisa diakses secara mudah menggunakan koneksi internet. 

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki software satu ini dan untuk tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya bisa langsung baca ulasan berikut.

Mengenal Karakteristik SaaS (Software as a Service)

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kelebihan software ini ada baiknya ketahui dulu karakteristik SaaS agar lebih memahami SaaS. Berikut ini ada karakteristik utama dari SaaS yang bisa dipelajari.

Karakteristik SaaS (Software as a Service)

Berbasis cloud 

Sepertinya disinggung di atas tadi yang namanya SaaS sudah berbasis cloud yang artinya adalah semua data yang dipakai pada sistem SaaS akan langsung tersimpan secara otomatis di server utama. Dengan sistem penyimpanan yang seperti ini membuat pengguna bisa mengakses data dan informasi secara mudah kapan saja dan di mana saja.

Pengelolaan dilakukan secara terpusat 

Jadi apa itu SaaS? SaaS merupakan sebuah software yang dikelola secara terpusat oleh penyedia software. Jadi, untuk yang menggunakan SaaS tidak perlu lagi menginstal secara manual. 

Kalau ingin memakai SaaS bisa langsung menggunakannya. Selain itu, SaaS juga bisa dipakai banyak pengguna di waktu yang sama sehingga antar pengguna dapat berkolaborasi mengerjakan tugas secara real time.

Menggunakan koneksi internet

SaaS merupakan layanan berbasis internet yang bisa membuat pengguna harus memiliki koneksi internet yang bagus apabila ingin memakai SaaS. Koneksi internet yang bagus akan mempermudah pengguna melakukan berbagai macam hal dengan SaaS.

Baca Juga:  WAF (Web Application Firewall): Pengertian dan Cara Kerjanya
Cara Kerja Software as a Service

Cara Kerja Software as a Service

Cara kerja SaaS berbeda dengan software lainnya yang mengharuskan pengguna mengunduh terlebih dahulu dan menginstal. Untuk cara kerja dari software ini bisa dilihat selengkapnya berikut ini.

Software diinstal langsung di cloud server

SaaS sebelum digunakan akan diinstal dan dijalankan terlebih dahulu di cloud server milik penyedia SaaS, bukan di laptop atau di komputer. Hal inilah yang membuat pengguna tidak terlalu pusing menggunakan SaaS karena tidak perlu melakukan pembaharuan dan pemeliharaan software.

Akses dilakukan melalui internet

Pengguna yang sudah menginstall tinggal membuka aplikasi browser yang ada di perangkat yang terhubung internet. Selanjutnya tinggal membuka SaaS agar bisa menggunakan SaaS untuk berbagai macam keperluan.

Data disimpan otomatis di cloud server 

Setelah software sudah dibuka selanjutnya pengguna bisa langsung memakai SaaS. Data yang memiliki pengguna nantinya akan langsung disimpan di cloud server. Pihak penyedia nantinya akan bertanggung jawab atas pemeliharaan dan juga keamanan data milik para pengguna.

Pembaharuan dilakukan otomatis

Cara kerja berikutnya dari SaaS adalah penyedia layanan akan melalukan perbaikan dan juga pemeliharaan data secara otomatis. Pemeliharaan ini dilakukan secara teratur sehingga data pengguna tidak akan hilang atau mengalami kerusakan. 

Mengapa Harus Menggunakan SaaS?

Mungkin masih banyak yang bertanya mengapa SaaS penting? Jawabannya karena SaaS mempunyai banyak sekali kelebihan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Hemat biaya 

Pengguna SaaS tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa menggunakan SaaS karena biaya langganan bulanan SaaS sudah meliputi biaya lisensi dan juga biaya infrastruktur. Selain itu, pengguna juga bisa lebih berhemat dikarenakan tidak ada biaya pemeliharaan infrastruktur tambahan seperti jaringan dan server karena semuanya sudah ditanggung pihak penyedia.

Mudah digunakan 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh SaaS adalah mudah digunakan. Pengguna yang ingin memakai SaaS hanya cukup menggunakan web browser yang sudah ada di komputer atau laptop saja. 

Pengguna tidak perlu bersusah payah melakukan proses instalasi atau melakukan konfigurasi tambahan untuk memakai SaaS. Bagi yang ingin tahu lebih banyak tentang SaaS tidak ada salahnya untuk mengikuti kursus di Coding Studio yang menyediakan kursus IT online dan terbuka untuk umum.

Baca Juga:  Google Sites: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya

Mudah dirawat 

Pengguna tidak perlu merawat software ini karena yang bertanggung jawab dalam perawatan infrastruktur adalah penyedia layanan. Jadi, penyedia layanan akan bertanggung jawab penuh atas aplikasi, sepeti melakukan pembaharuan secara berkala sehingga atau melakukan perbaikan kalau ada masalah pada SaaS.

Contoh Aplikasi SaaS

Saat ini sudah ada banyak contoh aplikasi SaaS yang digunakan secara bebas oleh pengguna internet dan berikut daftar contoh aplikasinya.

Dropbox 

Aplikasi Dropbox merupakan aplikasi penyimpan dan juga berbagi file yang memungkinkan pengguna untuk selalu bisa mengakses file kapan saja dan di mana saja. Pengguna juga bisa memanfaatkan Dropbox untuk menyimpan atau berbagai file yang dimiliki dengan pengguna lain secara cepat dan aman.

Zoom

Aplikasi Zoom adalah aplikasi yang berfungsi untuk membantu pengguna melakukan meeting secara online. Aplikasi ini bisa digunakan banyak pengguna di waktu yang sama untuk melakukan pertemuan secara online seperti rapat online atau pembelajaran online. 

Kelebihan dan Kekurangan SaaS

Kelebihan dan Kekurangan SaaS

Meskipun banyak yang bilang software ini bagus tapi tetap ada kelebihan dan kekurangan SaaS. Kelebihannya adalah biaya operasional yang tidak terlalu tinggi atau mahal. Pengguna yang ingin mencoba SaaS hanya perlu membayar biaya langganan per bulan tanpa diharuskan untuk membayar biaya operasional lain seperti biaya perawatan karena biaya tersebut sudah ditanggung oleh pihakl penyedia.

Untuk kekurangan SaaS adalah risiko keamanan data sebab data pengguna yang tersimpan di server bisa diakses siapa saja asalkan yang mengakses sudah mempunyai username dan juga password milik pengguna lain.

Kalau sistem keamanan tidak begitu bagus maka besar kemungkinan data bisa hilang. Jadi, ada baiknya sebelum menggunakan software ini pilih terlebih dahulu penyedia SaaS yang terpercaya dan berpengalaman.