Apa Itu VPS? Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa Itu VPS Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

VPS adalah kependekan dari Virtual Private Server, yaitu suatu server fisik yang dibagi jadi sejumlah server virtual. VPS dipakai secara pribadi serta keseluruhan di resource-nya untuk satu pengguna saja. Manfaat Virtual Private Server adalah untuk penyimpanan file hosting.

Nah, setelah Anda cukup memahami apa itu VPS, simak juga mengenai manfaat, fungsi, cara kerja dan informasi lainnya yang berkaitan.

Manfaat VPS

VPS memiliki sejumlah manfaat yang utama dan penjelasan selengkapnya ada di bawah ini:

Manfaat VPS

1. Memberikan Layanan Cloud

Di layanan server VPS memakai sistem cloud, yang mana Anda bisa mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja asalkan terhubung dengan jaringan internet. VPS sangat fleksibel sehingga bisa dilakukan pembaruan website tanpa khawatir tempatnya. 

2. Sebagai Penyimpanan File Hosting

VPS bermanfaat untuk tempat penyimpanan file hosting, yang mana di sejumlah situs penyimpanan file, seperti OneDriber, Google Drive, iCloud, Dropbox dan sebagainya. Cara kerja VPS juga dapat menyimpan file dengan ukuran besar dan bis diakses secara publik atau pribadi. 

3. Keamanan Terverifikasi

Manfaat terakhir VPS adalah bisa memastikan data penggunaannya selalu aman. Semua data milik pengguna akan dipastikan aman di cloud. 

Itulah dia beberapa manfaat dari VPS secara umum yang harus Anda pahami. 

Fungsi VPS

VPS memiliki sejumlah fungsi yang sangat berguna di dalam dunia hosting serta pengelolaan server, seperti:

1. Aplikasi Web dan Pengembangan

Dengan memanfaatkan VPS, bisa memberikan lingkungan ideal dalam menjalankan dan mengembangkan aplikasi web. Bagi Anda yang ingin belajar programming bisa coba melalui Coding Studio, yaitu platform kursus IT online terlengkap

Baca Juga:  Black Box Testing Adalah: Teknik Dan Contoh Pengujiannya

2. Hosting Website

Manfaat dari VPS adalah untuk meng-host website dan memiliki tingkat kontrol serta kustomisasi yang tinggi dibandingkan dengan shared hosting. Pengguna bisa menginstal software tambahan, mengelola konfigurasi server dan mengatur sumber daya berdasarkan dengan kebutuhan. 

3. Server Game

VPS berfungsi untuk menjalankan permainan game online. Pengguna bisa mengelola server game sendiri, mengontrol akses pemain dan mengatur pengaturan. 

4. Penyimpanan dan File Hosting

VPS juga bisa digunakan untuk penyimpanan online maupun file hosting. Pengguna bisa mengelola dan menyimpan file dengan mudah melalui VPS, kemudian mengaksesnya dari mana saja. 

Nah, seperti itulah beberapa fungsi yang dimiliki VPS yang perlu dipahami sebelum memanfaatkannya. 

Cara Kerja VPS

Cara Kerja VPS

Setiap virtual server yang sudah dibuat dapat melayani sistem operasi serta software secara mandiri serta dengan konfigurasi secara cepat. Umumnya VPS dimanfaatkan untuk Cloud Computing maupun yang lainnya. Konsep VPS ini merupakan sebuah server, tetapi sifatnya virtual.

Meskipun tidak menempati satu server, namun bekerka layaknya server yang dapat berdiri sendiri. VPS mempunyai user, process, file serta menyediakan fulll root access. Di setiap VPS memiliki port number, alamat IP, tables, routing rules dan filtering.

VPS itu seperti sebuah apar teman pada gedung besar, sedangkan server bentuk fisiknya yang merupakan gedung tersebut. Pada virtualisasi-nya, di setiap VPS mempunyai bagian atau resource masing-masing.

Jenis VPS

VPS memiliki beberapa jenis yang paling umum dimanfaatkan di dalam industri hosting, seperti:

1. Windows VPS

Windows VPS merupakan jenis Virtual Private Server yang dapat menjalankan sistem operasi Windows. Hal ini memungkinkan pengguna dapat menjalankan aplikasi serta layanan khusus Windows, seperti Framework, NET, ASP.NET dan sebagainya. 

2. OpenVZ

OpenVZ merupakan jenis Virtual Private Server yang memakai teknologi virtualisasi yang berbasis kontainer, yang mana satu kernel Linux fisik dipakai untuk menjalankan sejumlah kontainer yang telah terisolasi satu dengan lainnya. 

3. Hyper-V VPS

Jenis lainnya VPS adalah Hyper-V VPS, yang merupakan teknologi virtualisasi dari Microsoft untuk menjalankan VPS menggunakan sistem operasi Linux dan Windows di platform Windows Server. 

Baca Juga:  Promo Bootcamp Data Science dari Coding Studio

4. KVM VPS

KVM VPS merupakan jenis Virtual Private Server bisa jadi solusi virtualisasi lengkap yang berguna untuk menjalankan VPS mandiri dengan sistem operasi secara berbeda dari simultan. 

5. VPS Xen HVM

Xen Hardware Virtual Machine merupakan solusi virtualisasi yang memakai hypervisor Xen. 

Seperti itulah beberapa jenis dari Virtual Private Server yang sangat umum digunakan oleh penggunanya. 

Contoh VPS

Siapa yang cocok memakai layanan VPS Hosting? Khusus bagi Anda yang memiliki bisnis startup sangat cocok menggunakan VPS. Selain itu, setiap bisnis yang bergerak pada bidang SaaS, app developer, game developer sampai web developer bisa juga memakai VPS sebab kapasitasnya cukup besar dan memiliki keunggulan dari sisi keamanannya.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Kelebihan-kelebihan VPS yang harus Anda ketahui adalah:

  1. Performa Stabil dan Bagus 

VPS mampu memberikan kinerja serta performa yang bagus untuk mengelola hosting website sebab semua sumber daya dimanfaatkan. 

  1. Resource Lebih Baik 

Di layanan VPS, setiap pengguna memperoleh alokasi sumber daya, seperti CPU, RAM dan Bandwidth yang secara terpisah serta eksklusif untuk VPS mereka masing-masing. 

  1. Keamanan dan Privasi Lebih Terjamin 

Di lingkungan VPS, setiap pengguna mempunyai database tersendiri yang sudah terisolasi dari pengguna VPS yang lainnya yang berada pada server fisik yang sama. 

Selain memiliki sejumlah kelebihan, VPS juga memiliki kekurangan, seperti:

  1. Harga Lebih Tinggi dari Shared Hosting

Harga VPS secara umum lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting sebab menyediakan sumber daya eksklusif serta kontrol penuh dari server virtual tersebut. 

  1. Harus Mempunyai Kemampuan Teknis

Selain VPS bisa memberikan kebebasan kontrol serta kemampuan untuk mengubah pengaturan, namun juga menuntut pengguna wajib mempunyai kemampuan teknis pada pengoperasian server.

Jadi, VPS adalah server virtual yang dapat berjalan pada sebuah server fisik utamanya.

Related Articles