Apa Itu Proxy? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Proxy adalah sistem yang bertugas dalam mengamankan koneksi pengguna di internet dengan cara mengubah alamat IP supaya data pribadi pengguna menjadi lebih aman ketika mengakses situs web tertentu. 

Seperti yang diketahui di era sekarang ini saat siapa saja terhubung di internet sistem perlindungan sangat diperlukan. Oleh karena itu inilah mengapa pengguna internet membutuhkan yang namanya proxy. 

Apa Itu Proxy?

Sesaat setelah perangkat Anda tersambung serta memperoleh akses alamat IP maka saat itu juga server akan memperoleh informasi tentang perangkat yang digunakan. Dalam hal ini untuk menyembunyikan berbagai informasi yang mungkin tersebar dibutuhkan proxy. 

Apa Itu Proxy

Jadi proxy adalah sebuah sistem yang memberikan Anda akses jaringan internet dengan IP berbeda seperti yang diterima oleh perangkat. 

Apa Saja Fungsi Dari Proxy?

Adapun fungsi proxy itu diantaranya:

Apa Saja Fungsi Dari Proxy

Meningkatkan keamanan pengguna

Fungsi yang pertama yaitu bisa menghalangi website dalam mencatat alamat IP yang asli sebab yang terdeteksi merupakan alamat IP server proxy. Dengan demikian proxy server mirip seperti melakukan koneksi online dengan cara anonim. Hal ini bertujuan dalam mengantisipasi alamat IP diketahui banyak orang. 

Memantau trafik

Fungsi selanjutnya proxy juga bisa dipakai untuk memonitor pengguna internet dalam mengakses hal apa pun. Hal ini akan sangat bermanfaat pada lembaga pendidikan ataupun perusahaan dalam memantau adanya penyalahgunaan internet. Cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan memakai squid. 

Baca Juga:  Apa itu DHCP Server? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Dapat memberi akses pada website yang diblokir 

Terakhir, biasanya beberapa konten ada yang disembunyikan secara khusus oleh pemilik website ataupun dibatasi geografis karena masalah regulasi jaringan ataupun hak cipta. Namun dengan adanya server proxy yang bisa menyembunyikan alamat situs Anda ini bisa membuat Anda mengakses website tersebut dengan memakai alamat server proxy. 

Contoh Proxy

Untuk contoh dari proxy ini sendiri terdiri dari:

Socks proxy server

Proxy jenis ini menyediakan koneksi pada server tertentu. Jenis server yang satu ini memungkinkan Anda menggunakan jenis data yang berlapis-lapis seperti TCS serta UDP. 

FTP proxy server 

Jenis server ini memiliki cache dengan trafik permintaan FTP serta menggunakan konsep relaying. 

HTTP proxy server

Contoh selanjutnya dikembangkan dengan tujuan untuk memproses adanya permintaan satu arah pada laman web memakai protokol HTTP. 

SSL proxy server

Contoh selanjutnya adalah jenis server yang dikembangkan dengan konsep TCP relaying yang biasa dipakai pada protokol proxy sock. 

Manfaat Proxy

Setelah mengetahui beberapa ulasan mengenai proxy selanjutnya Anda juga perlu mengetahui manfaat dari proxy adalah 

Bisa untuk menyembunyikan alamat IP

Manfaat utama yang sudah Anda ketahui adalah proxy digunakan untuk menyembunyikan lokasi serta alamat IP yang dipakai. Jadi dalam hal ini sangat bermanfaat bagi para pengguna yang tidak menginginkan identitasnya diketahui. 

Bisa digunakan untuk mengakses situs yang diblokir pada negara tertentu

Selanjutnya proxy juga memungkinkan Anda bisa mengakses website yang telah diblokir. Selain itu bagi Anda yang bepergian ke luar negeri Anda juga bisa memblokir akses menuju ke negara asal dengan memakai proxy. Manfaat lainnya juga bisa digunakan bagi kantor untuk memblokir akses pada media sosial tertentu. 

Jenis Proxy

Walaupun mempunyai fungsi yang sama namun beberapa jenis dari proxy ini memiliki sistem kerja yang berbeda dan berikut ini beberapa jenisnya beserta penjelasannya.

Anonymous proxy 

Proxy jenis ini digunakan untuk menyembunyikan alamat IP serta digunakan dalam mengaktifkan enkripsi sisi pengguna internet. Jadi data personal pengguna bisa terjaga dengan aman. 

Baca Juga:  Skala Likert Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

-Distorting proxy

Mempunyai fungsi yang mirip dengan anonymous proxy, namun memiliki cara kerja berbeda. Jenis ini bekerja dengan cara meneruskan koneksi ke internet namun dengan alamat IP palsu. Jadi Anda dapat mengakses lokasi berbeda dalam membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. 

High anonymity proxy

Jenis ini bekerja dengan cara mengacak alamat IP yang tersambung pada internet secara berkala. Jadi alamat IP asli akan sangat sulit dilacak oleh siapa pun. 

Transparent proxy 

Jenis yang satu ini merupakan sebuah sistem perantara yang bisa menengahi pengguna dengan penyedia konten. Ketika pengguna membuat permintaan pada web server maka transparent proxy ini akan menengahi permintaan dengan melakukan penyimpanan cache, autentikasi atau redirect. 

Bagaimana Cara Menggunakan Proxy

Bagaimana Cara Menggunakan Proxy?

Berikut adalah cara untuk menggunakan proxy.

Cara menyetting 

Cara memakainya cukup mudah Anda bisa menuju ke browser Google Chrome lalu klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Lalu cari menu setelan dan Anda bisa mengetik proxy pada kolom pencarian. Kemudian Anda akan diarahkan pada pengaturan proxy. 

Cara kerja proxy

Cara kerjanya yaitu saat Anda menginput alamat web maka IP address akan membuat permintaan supaya Anda terkoneksi pada alamat tujuan. Namun ketika memakai proxy, koneksi Anda akan tersambung ke server proxy terlebih dahulu. Selanjutnya server baru meneruskan permintaan pada alamat tujuan. 

Kelebihan dan Kekurangan Proxy

Proxy juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang akan dijelaskan di bawah ini.

Kelebihan

Keunggulan utama proxy adalah memberikan perlindungan tambahan bagi pengguna internet. Selain itu juga bisa mengontrol pemakaian internet anak dan meringankan bandwidth. 

Kekurangan 

Sementara kekurangan proxy adalah ternyata bisa dengan mudah dilacak serta dimasuki hacker. Perlu diketahui bahwa proxy ini ada yang berbayar dan kekurangannya jika menggunakan proxy gratis yaitu sangat berisiko tinggi terhadap keamanan. Terakhir seperti yang telah disebutkan penggunaannya tidak sepenuhnya terlindung dari bahaya cyber

Itulah beberapa penjelasan mengenai proxy. Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang pengetahuan materi ini atau materi IT lainnya bisa Anda dapatkan di Coding Studio dengan mengikuti kelas yang tersedia.