Malware Emotet: Pengertian, Metode Penyebaran, dan Cara Mencegahnya

Malware Emotet Pengertian, Metode Penyebaran, dan Cara Mencegahnya

Malware Emotet merupakan salah satu dari malware terbaru yang mana jenis ini merupakan serangan dunia maya yang memakai rekayasa sosial guna membuat skenario phising dengan sangat meyakinkan.

Bahkan serangan tadi akan cenderung untuk sulit dibedakan bila dilihat dari skenario yang sebenarnya, terutama untuk kebanyakan orang. Walaupun berbahaya namun malware ini tetap bisa dicegah, namun sebelum itu ketahui informasi lebih lanjut mengenai malware ini.

Mengenal Apa Itu Malware Emotet

Seperti yang telah disebutkan diatas jika Emotet merupakan salah satu dari malware paling berbahaya. Pengertian Emotet merupakan jenis malware komputer dan pada awalnya dikembangkan untuk trojan perbankan. Tujuannya untuk bisa mengakses perangkat asing serta melacak data sensitif.

Apa Itu Malware Emotet

Emotet dikenal sebagai malware yang dapat menipu program anti-virus serta menyembunyikannya. Kemudian jika komputer terinfeksi, maka malware menyebar semacam worm komputer lalu coba menyusup pada komputer lainnya di jaringan.

Penyebaran yang utama melalui spam. Email tadi berisikan tautan berbahaya ataupun skrip maupun dokumen yang telah terinfeksi. Ketika kalian mengunduhnya, nanti malware otomatis diunduh serta komputer menjadi terinfeksi.

Sehingga saat kalian mengunduhnya, malware dengan otomatis ikut terunduh serta komputer menjadi terinfeksi. Namun sayangnya telah banyak orang yang menjadi korbannya dikatakan penjahat tadi membuat email terlihat sangat otentik.

Metode Penyebaran Malware Emotet

Supaya lebih jelas berikut ini terdapat lima metode dari penyebaran Emotet ini, berikut ini adalah penyebaran tersebut.

Metode Penyebaran Malware Emotet
  • Pertama melalui aplikasi bernama NetPass.exe, aplikasi tersebut menyerupai keylogger yang berguna untuk merekam aktivitas login user pada komputer target.
  • Outlook Scraper, alat ini berfungsi melakukan scraping ataupun pengambilan informasi dari pemilih email ataupun data account Outlook target.
  • WebBrowserPassView merupakan tools untuk pemulihan kata sandi dengan cara menangkap kata sandi yang sudah disimpan oleh Opera, Safari, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Internet Explorer kemudian meneruskannya pada modul pemecahan credentials akses semacam brute force.
  • Mail PassView merupakan alat pemulihan untuk kata sandi dan menampilkan kata sandi serta detail akun yang nantinya untuk berbagai klien email semacam Gmail, Yahoo! Mail, Hotmail, Thunderbird, Mozilla, Windows Mail, dan Microsoft Outlook lalu meneruskannya pada modul pemecahan credentials akses.
  • Pemecah kredensial file RAR dan dapat melakukan proses ekstract secara otomatis. Untuk kalian yang sering memperoleh email spooring yang memakai identitas email kalian sebagai pengirimnya, maka sudah menjadi penanda jika komputer telah terserang Malware Emotet ini. Maka selalu pastikan jika komputer kalian bersih dari beberapa program atau tools yang disebutkan sebelumnya.
Baca Juga:  Dedicated Hosting Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Bagaimana Proses Penyebaran Emotet?

Bila mendengar sedikit penjelasan diatas maka cara penyebaran Malware Emotet dengan melalui aplikasi ataupun tools yang terinstal pada komputer kalian. Intinya malware ini merupakan pembuka kunci di serangan dunia maya.

Ketika pintu utamanya sudah dibuka, tentunya menjadi lebih mudah untuk penjahat dunia maya dalam menguasai sistem komputer targetnya. Pengimplementasiannya dilakukan dengan profesional serta tidak terlihat mencurigakan.

Nantinya Emotet dikirimkan pada perangkat korban lewat berbagai macam metode. Akan tetapi yang paling umum yakni lewat lampiran email.

Supaya menarik perhatian dari korban, maka pelaku akan membuat email terlihat semenarik mungkin. Paling umum sang pelaku akan mengklaim memberikan penawaran promosi, laporan bank, resi pengiriman, faktur, dan lainnya.

Tidak hanya menarik perhatian, untuk email yang dibuat pelaku tadi memang dirancang supaya nampak seperti email penting yang berasal dari seseorang yang dikenal.

Pembuatan malware tidak hanya melibatkan pakar komputer, akan tetapi juga mengontrol penulisan serta desain. Jadi itulah kenapa email yang disampaikan nampak sangat menarik serta sering membuat orang menjadi penasaran dan ingin membukanya.

Ketika korban telah mengunduh file lalu membuka nya pada komputer, nanti malware secara otomatis akan terpasang. Emotet ini tidak hanya berguna sebagai malware akan tetapi juga menjadi suatu layanan yang dapat disewa penjahat dunia maya dan lainnya.

Ini dikarenakan cara dari emotet yang tergolong unik dalam mengontrol komputer korbannya dengan hanya membuka pintu utamanya saja serta mendapatkan kendali dari komputer korban. Keunikan tadi menjadikannya salah satu dari malware berbahaya di dunia. Contoh organisasi yang telah memakai layanan Emotet ini adalah Ryuk dan Trickbot.

Cara Mencegah Malware Emotet

Tentunya terdapat alasan kenapa Emotet ini ditakuti. Kalian tidak dapat mengandalkan antivirus saja untuk mencegahnya karena kode di dalam malware tadi sifatnya polymorphic (selalu berubah). Sedangkan antivirus hanya mampu mendeteksi malware maupun virus lainnya yang telah dikenal. Sederhananya antivirus hanya dapat mengatasi virus yang telah ada serta kodenya tidak berubah.

Baca Juga:  Apa Itu Bot? Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Jenis-jenisnya

Kesadaran pengguna pada ancaman ini juga bisa meminimalisir adanya serangan Emotet. Saat pengguna lebih berhati-hati di dalam memilih email yang diterima, kemungkinan untuk terjangkit Emotet juga bisa menurun secara signifikan.

Pola pikir yang cukup membantu di dalam mencegah bahaya malware Emotet ini yakni menetapkan pandangan skeptis pada email yang masuk terlebih jika pengirimnya tidak dikenali.

Langkah paling sederhana di dalam mencegahnya yakni membuka email dari sumber yang dikenali saja. Ketika kalian perlu membuka email yang berasal dari orang tidak dikenal, usahakan jangan secara langsung mengunduh attachmentnya. Sehingga potensi dari serangan malwarenya akan berkurang.

Berikut merupakan solusi atau tindakan yang bisa kalian ambil guna mencegah serangan dari Malware Emotet.

  1. Memakai Rule Object Group Windows Firewall guna membatasi komunikasi SMB diantara sesama klien.
  1. Memakai anti-virus yang memiliki fungsi pembaruan otomatis serta perangkat lunak asli di client serta server.
  1. Menetapkan patch serta pembaruan data di sistem operasi yang dipakai.
  1. Menerapkan filter di gateway email guna memfilter email yang mempunyai tanda-tanda spam semacam baris subjek berbahaya lalu pemblokiran alamat IP mencurigakan pada firewall.
  1. Ketika organisasi tidak mempunyai kebijakan email mencurigakan, maka pertimbangkan untuk membuatnya lalu menetapkan jika seluruh email mencurigakan harus dilaporkan pada departemen keamanan ataupun TI perusahaan.
  1. Menandai email eksternal dan menunjukkan jika email tadi asalnya dari sumber eksternal. Langkah ini sangatlah membantu dalam mendeteksi email palsu.
  1. Usahakan memberikan pelatihan staf untuk rekayasa sosial serta phising.
  1. Pertimbangkan memblokir lampiran yang umumnya terkait dengan malware semacam .exe dan .dll serta lampiran yang tidak bisa dipindah perangkat lunak antivirus semacam .zip.
  1. Menerapkan DMARC yang dapat mengurangi spam serta mendeteksi email phising memakai DNS (Domain Name System).

Itulah yang bisa kalian ketahui soal Malware Emotet mulai dari pengertiannya hingga cara pencegahannya. Jika tertarik mempelajari dunia IT lebih dalam sehingga lebih memahaminya tidak ada salahnya untuk mengambil kursus di Coding Studio.

Tingkatkan skill dengan pengajar profesional, studi kasus dan proyek, waktu belajar fleksibel, hingga memperoleh sertifikat yang akan membantu kalian ketika akan mencari pekerjaan nantinya.

Related Articles