Grid System: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Grid System Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Grid system adalah paduan dari beberapa garis atau aturan geometri yang dibuat untuk mengatur atau menyusun objek sehingga menjadi rangkaian yang sistematis. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu grid system, maka simaklah ulasan berikut ini sampai dengan selesai. 

Pengertian Grid System

Grid system adalah konsep organisasi yang banyak digunakan dalam berbagai bidang kreatif dan merupakan cara untuk menerapkan logika visual yang dimaksudkan agar penikmat hasil kreativitas dapat menafsirkan dan memahami apa yang mereka lihat. 

Pengertian Grid System

Konsep dari grid system adalah seni yang dapat dikaitkan dengan sejarah. Meskipun grid system sudah menjadi tradisi dalam sejarah seni, pengguna harus selalu mengubah pendekatan sesuai dengan teknologi baru yang sedang berkembang. 

Manfaat Grid System

Grid system adalah sistem yang berfungsi untuk menyelaraskan dan mengukur objek dalam format yang sudah diberikan. Berikut merupakan manfaat grid system yang dapat Anda rasakan ketika menggunakannya: 

Tidak Perlu Membuat CSS

CSS atau Cascading Style Sheet di awal merupakan sebuah sistem yang tidak perlu Anda buat ketika Anda menggunakan grid system. Karena dalam grid system semuanya sudah disediakan, jadi Anda tinggal menggunakan fasilitas yang sudah disediakan. 

Website Mudah Dipahami

Dengan adanya grid system website Anda akan mudah dipahami orang. Karena informasi yang ada di dalam layout sudah sangat jelas dan juga terarah. Dan pengguna juga akan sangat mudah untuk menemukan konten yang mereka inginkan. 

Baca Juga:  DevOps: Pengertian, Tujuan, Tugas dan Skill-skillnya

Mempermudah Kerja Sama antara Desainer dan Developer

Kerja sama yang dilakukan antara desainer dengan developer dapat dinamakan desain handoff. Dengan adanya tips grid system dapat memudahkan dalam memberikan penjelasan mengenai pembagian tata letak. Dengan demikian project bisa berjalan dengan lancar karena jelasnya komunikasi. 

Konten dan Elemen Tertata Rapi

Konten yang ada pada grid system menjadi lebih rapi karena jarak antara konten satu dengan lainnya terjaga, hal ini sangat bermanfaat untuk menata konten yang terlalu banyak agar tampilan situsnya menjadi lebih dinamis. 

Pengerjaan Cepat

Dengan adanya grid system, Anda tidak perlu membuat CSS dan juga template. Karena dalam sistem ini fasilitas template dan lain-lainnya sudah disediakan, jadi waktu pengerjaannya akan lebih singkat dan juga efisien. 

Jenis Grid System

Jenis grid system dapat digunakan untuk berbagai macam desain cetak guna mencetak buku dan majalah, hingga desain cetak digital seperti website dan juga aplikasi. Berikut beberapa jenis desain grafis yang umumnya digunakan: 

Jenis Grid System

Manuscript Grid

Manuscript grid disebut juga sebagai grid naskah. Manuscript grid digunakan khusus untuk merapikan penempatan paragraph, kolom dan elemen lainnya dalam pembuatan desain teks, terutama dalam dokumen, majalah, buku ataupun brosur yang akan di publikasikan. 

Modular Grid

Modular grid merupakan contoh grid system dalam desain grafis yang terdiri dari kolom dan juga baris, dengan cara membagi ruang desain menjadi unit-unit modular yang dapat digunakan untuk menyusun elemen-elemen desain secara sistematis. Dengan adanya modular grid pengguna sistem dapat menciptakan tatanan yang sistematis dan mudah diikuti oleh pengguna. 

Column Grid

Column Grid adalah jenis grid yang paling umum digunakan oleh para desainer untuk membagi halaman. Column grid melibatkan pengambilan halaman serta membaginya menjadi sejumlah bidang vertikal, yang kemudian akan disejajarkan dengan objek. 

Komponen yang Ada dalam Grid System

Pada dasarnya ada beberapa komponen penting yang berada di dalam grid system, yang dapat membangun grid menjadi lebih baik setiap updatenya. Berikut merupakan komponen grid system: 

Baca Juga:  Python Adalah: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Columns (Kolom)

Columns merupakan unit dasar yang ada pada grid system. Columns memiliki lebar dan juga panjang yang sama maupun berbeda, sehingga dapat membantu dalam penempatan dan juga penataan elemen-elemen desain. 

Gutters (Gutter)

Gutters adalah ruang kosong yang dapat membantu untuk membagi kolom, yang berupa ruang kosong berbentuk vertikal maupun horizontal. Gutters memiliki ukuran dari mulai 0 sampai 5. 

Margins (Margin)

Margin adalah ruang spasi putih yang berada di antara sisi luar format dan batas luar konten. Margin tidak harus berwarna putih, karena itu hanyalah sebuah sebutannya saja untuk ruang kosong. Margin dapat berwarna apa saja asalkan dapat membantu memisahkan elemen yang berbeda dengan elemen yang lainnya. 

Cara Membuat Grid System

Cara Membuat Grid System

Berikut merupakan cara membuat grid system yang dapat Anda ikuti: 

Pahami Kebutuhan Proyek Anda

Setiap proyek memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, jadi pastikan Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan proyek Anda, agar pengerjaannya dapat berjalan dengan lancar.  

Pilih Jenis Grid yang Sesuai

Jenis grid harus disesuaikan dengan proyek yang akan Anda kerjakan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan keefisienan grid system.  

Atur Lebar Kolom

Atur lebar kolom sampai tampilan elemen-elemennya dapat tersusun dengan baik dan jangan lupa selalu pertimbangkan konten objek yang akan dimasukkan.  

Atur Margin dan Gutter

Margin akan memberikan ruang napas untuk setiap elemen dari tepi grid dan sedangkan gutter mempertahankan jarak elemen agar konsisten.  

Gunakan Skala yang Konsisten

Dengan adanya skala yang konsisten, akan membantu menciptakan tampilan yang harmonis dan juga teratur. 

Pastikan Desain Responsif dan Adaptable

Gunakan teknik yang responsif agar tetap proporsional, sehingga mudah dibaca oleh semua perangkat.  

Lakukan Uji dan Interaksi

Terakhir uji hasil Anda dan lakukan interaksi jika diperlukan. Dan periksa apakah grid system Anda membantu dalam pencapaian tujuan Anda. 

Berikut merupakan penjelasan mengenai grid system. Kesimpulannya grid system adalah sebuah sistem yang dapat memudahkan Anda dalam hal seni khususnya dalam desain. 

Apabila Anda yang tertarik mempelajari lebih dalam mengenai grid system, Anda harus mengikuti kursus IT online terpercaya dan terbaik hanya ada di Coding Studio, untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi link resmi Coding Studio. karena, mempelajari grid system sangat membutuhkan seorang pengajar yang profesional.

Related Articles