Google Space: Pengertian, Manfaat dan Kelebihannya

Google Space Pengertian, Manfaat dan Kelebihannya

Apa itu Google Space? Google Space adalah sebuah aplikasi yang tersedia di dalam platform produktivitas Google yang sebelumnya dikenal sebagai G Suite. Menjadi sebuah layanan yang didesain untuk bisa memfasilitasi komunikasi dan diskusi antar karyawan internal dalam perusahaan.

Pengertian Google Space

Layanan Spaces yang tersedia di Google merupakan sebuah platform gabungan dari grup dan manajemen proyek pada Google Workspace. Dengan adanya Spaces, Anda bisa mengundang dan berkomunikasi dengan anggota tim internal perusahaan, berbagi file, foto atau video di Google Dokumen, Slide dan Spreadsheet sekaligus membuat panggilan meet dengan cepat.

Pengertian Google Space

Tujuan dari dibuatnya Spaces adalah untuk meningkatkan produktivitas kinerja dengan berbagai proyek, update tentang perkembangan perusahaan dan membangun kinerja serta proyek tim.

Adapun fitur yang tersedia di dalam Google Spaces diantaranya adalah:

  • Assign Chat Roles, sebuah fitur yang mengatur agar admin Spaces bisa menetapkan hak pengelolaan pada pengguna lainnya
  • Space Management, fitur yang memudahkan admin Spaces untuk mengedit nama, deskripsi dan aturan bergabung
  • Message Control, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan admin Spaces untuk menghapus pesan
  • Member Management, fitur yang memfasilitas admin Spaces untuk menambahkan atau menghapus pengguna tertentu dari Spaces

Manfaat Google Space

Setelah memahami apa itu Google Space, selanjutnya adalah untuk mengetahui apa saja manfaat Google Space. Manfaat dari penggunaan Google Space adalah:

Manfaat Google Space

Organisir komunikasi internal

Google Space bisa memudahkan pengguna untuk mengelola diskusi yang memadai antar tim kerja sesuai dengan topik atau proyek tertentu. Bukan hanya itu saja, percakapan juga bisa diorganisir sesuai dengan divisi maupun antar divisi yang ada di dalam satu organisasi.

Menyimpan data dalam satu lokasi

Dengan Google Spaces, maka Anda bisa menyimpan semua percakapan atau diskusi yang dilakukan dengan tim kerja dalam satu lokasi sehingga lebih mudah untuk diakses. Hal tersebut memungkinkan pengelola Spaces untuk memantau perkembangan proyek tertentu, update tim hingga melakukan sharing ide dalam satu ruang khusus saja.

Baca Juga:  Memahami Tipe Visualisasi Data dan Fungsinya

Tujuannya tak lain untuk memudahkan setiap anggota yang tergabung di dalam Spaces untuk selalu update perkembangan dan mengakses semua informasi yang dibutuhkan tanpa harus melakukan penelusuran sendiri. Selain itu setiap anggota tim kerja juga akan lebih mudah untuk menemukan dokumen yang dibutuhkan, mengetahui apa saja tugas yang harus dilakukan dengan mengikuti jadwal proyek yang sudah ditetapkan.

Memfasilitasi berbagai kebutuhan

Aplikasi Google Spaces juga bermanfaat untuk membuat sebuah ruang khusus yang bisa memfasilitasi berbagai kebutuhan dengan topik atau proyek yang berbeda. Misalnya untuk melakukan diskusi antar pimpinan divisi, melakukan koordinasi tugas dalam sebuah proyek hingga untuk kebutuhan non formal contohnya untuk membangun kohesi tim kerja.

Adanya Spaces bisa meminimalisir kebutuhan untuk beralih aplikasi atau platform yang mungkin menjadikan komunikasi menjadi lebih sulit untuk dilakukan. Itulah penjelasan singkat tentang apa itu Google Space.

Kelebihan Layanan Google Spaces

Kelebihan Layanan Google Spaces

Ada beberapa hal yang menjadi kelebihan Google Space yang bisa Anda manfaatkan sesuai kebutuhan, yaitu:

Penggunaan email profesional

Diketahui bahwa email yang digunakan dengan domain khusus bisa mencerminkan kredibilitas dan komitmen bisnis Anda. Google Space memiliki Gmail Profesional yang bisa digunakan untuk membantu tingkatkan citra perusahaan pada klien dan mitra sehingga terlihat lebih profesional. Selain itu, email profesional juga bisa meningkatkan tingkat respons email karena kepercayaan audiens menjadi lebih kuat.

Kapasitas ruang penyimpanan unlimited

Google Spaces versi berbayar memiliki penawaran ruang penyimpanan dengan kapasitas unlimited sehingga memudahkan pengguna menyimpan beragam jenis file. Setiap anggota bisa menyimpan file dalam bentuk dokumen, foto hingga video dalam jumlah besar hanya dalam satu tempat saja. Sangat direkomendasikan untuk jenis bisnis yang membutuhkan tempat penyimpanan data dalam jumlah besar dan terjamin bisa terorganisir serta diakses dengan baik.

Keamanan Data Optimal

Layanan Google Spaces menggunakan sistem keamanan yang sama dengan Google sehingga bisa dijamin semua data yang tersimpan akan dilindungi dengan optimal. Semua data dan file yang Anda simpan akan berada di pusat data yang aman serta dilakukan pembuatan cadangan data secara otomatis melalui Cloud. Anda bisa mengakses semua data dan file tersebut dengan mudah serta aman dari mana saja berada.

Baca Juga:  Perbedaan Linux VS Windows, Sistem Operasi Mana Pilihanmu?

Biaya Berlangganan yang Lebih Hemat

Penggunaan Google Spaces bisa diperoleh dengan biaya berlangganan yang lebih hemat dan terjangkau. Menjadi solusi terbaik untuk komunikasi dan kolaborasi yang paling efektif sekaligus efisien untuk banyak perusahaan yang menggunakannya. Jenis biaya akan disesuaikan dengan kategori dan edisi yang dipilih serta jumlah pengguna.

Adanya peningkatan produktivitas kerja

Dengan berbagai alat yang didesain khusus untuk meningkatkan produktivitas tim kerja dan kolaborasi yang dilakukannya. Fitur bermanfaat seperti spreadsheet, presentasi secara realtime dalam cloud dan pengeditan dokumen akan memberikan kemudahan bagi para anggota tim untuk bisa bekerja bersama tanpa terkendala jarak.

Agar pemanfaatan apa itu Google Space bisa lebih optimal, Anda perlu untuk melakukan beberapa tips berikut:

  • Maksimalkan penggunaan Gmail dengan membuat email prioritas sehingga bisa dipastikan semua email penting dan belum dibaca akan muncul di kotak masuk deretan teratas
  • Optimalkan pemanfaatan fitur Google dengan cara melakukan penelitian dalam Google Docs, editing gambar dengan Google Dokumen dan lainnya
  • Maksimalkan data dan angka dengan Google Spreadsheet untuk pengolahan data, analisis angka hingga membuat jadwal dan merencanakan keuanganItulah penjelasan singkat tentang apa itu Google Space.

Penasaran dengan apa saja yang ada di dalam Google Space. Yuk pelajari selengkapnya dengan daftar kursus IT online di Coding Studio dan dapatkan pelatihan yang Anda butuhkan dengan trainer berpengalaman di bidangnya. Upgrade keahlian IT Anda bersama Coding Studio.

Related Articles