Apa itu Enhanced Conversions di Google Ads? Pengertian dan Manfaatnya

Apa itu Enhanced Conversions di Google Ads Pengertian dan Manfaatnya

Enhanced conversions merupakan fitur terbaru yang dimiliki Google Ads yang berperan dalam membantu pengiklan untuk mengukur serta meningkatkan konversi secara lebih akurat. Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang apa itu enhanced conversions serta manfaat, cara kerja dan cara mengaturnya.

Pengertian Enhanced Conversions

Enhanced conversions merupakan pembaruan atau update dari konversi otomatis yang sebelumnya sudah ada. Fitur yang satu ini menggunakan machine learning dalam memberikan pemahaman yang lebih baik terkait konversi yang berlangsung di luar platform.

Pengertian Enhanced Conversions

Apa itu enhanced conversions? Contohnya pada aplikasi maupun beberapa situs yang tidak bisa dilacak langsung Google Ads. Jadi dengan kata lain, konversi ini akan membantu dalam melengkapi pemahaman terkait konversi yang dilakukan dengan menggunakan data yang berasal dari berbagai sumber referensi.

Manfaat Enhanced Conversions

Dilansir dari Google Support, konversi ini memiliki beberapa manfaat yang bisa diterapkan diantaranya memperbaiki konversi yang umumnya tidak terukur. Selain itu, konversi yang disempurnakan ini juga akan meningkatkan pengoptimalan tawaran dari data yang lebih baik.

Manfaat lainnya, konversi ini juga menjaga privasi para pengguna lebih aman menggunakan hashing data dari pelanggan pihak pertama. Jadi para pengguna tidak perlu khawatir ketika mengakses web yang Anda miliki.

Dari segi prospek, konversi ini juga memberi manfaat yaitu mudah disiapkan. Konversi ini dapat mengonfigurasi pengukuran sepenuhnya yang dilakukan dari akun Google Ads Anda. Selain itu dengan menggunakan konversi ini, performa web juga akan lebih baik sebab kampanye yang dilakukan lebih optimal dalam mendorong penjualan ataupun transaksi yang dilakukan di luar situs.

Konversi ini juga dinilai fleksibel karena bisa diterapkan dengan menggunakan tag Google maupun Google Tag Manager.

Alasan Mengapa Enhanced Conversions Penting

Alasan Mengapa Enhanced Conversions Penting

Pada beberapa tahun terakhir, keamanan data menjadi perhatian utama bagi para pengguna ataupun perusahaan. Para pengguna sudah lebih selektif dan waspada ketika berinternet dalam membagikan privasinya. Begitu juga dengan perusahaan, kini sudah lebih peka dalam menjaga privasi data yang dibagikan para pelanggan demi meningkatkan pengalaman pengguna.

Baca Juga:  Direct Marketing: Pengertian, Manfaat, Strategi Dan Tips

Dengan adanya penerapan UU privasi data contohnya GDPR ataupun CCPA bersama dengan pembaruan yang ada pada web browser (ITP Safari atau ETP Firefox) membuat pelacakan data pengguna lebih sulit dilakukan bagi pengiklan ataupun pemasar. Dampaknya fitur konversi Google ini menjadi penting digunakan dalam memastikan pelacakan konversi yang diakukan secara akurat sekaligus dalam melindungi privasi para pengguna.

Cara Kerja Enhanced Conversions

Cara Kerja Enhanced Conversions

Adapun cara kerja yang dilakukan fitur konversi ini yaitu ketika pelanggan berinteraksi dengan website serta melakukan konversi maka data-data seperti nama, alamat email, alamat rumah hingga nomor telepon bisa dikumpulkan ataupun dicatat pada tag pelacakan konversi website.

Sebelum melakukan pengiriman data pada Google, data yang diperoleh ini akan di hash terlebih dahulu dengan algoritma satu arah yang disebut dengan SHA256. Algoritma ini dinilai aman dan dapat mengubah data menjadi berbagai karakter unik. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan data tetap bersifat pribadi serta aman ketika dikirimkan.

Setelah data yang sudah di hash ini dikirim pada Google maka data tersebut akan disesuaikan dengan akun Google yang sudah masuk untuk menghubungkan konversi kampanye pada peristiwa iklan contohnya klik maupun penayangan. Proses tersebut memastikan pengiklan bisa melacak konversi dengan akurat serta tetap menjaga privasi pengguna.

Tidak hanya itu saja, fitur ini juga dapat membuat pengiklan memanfaatkan data hash dalam membuat audiens khusus pada iklan. Pengiklan bisa menayangkan iklan secara lebih relevan ke pelanggan dengan membuat audiens khusus sesuai dengan data pelanggan yang dihash. Dengan begitu mereka akan tetap menjaga privasi para pelanggan.

Cara Mengatur Enhanced Conversions

Sebelum memulai menggunakan konversi ini, terdapat berbagai persyaratan yang perlu diingat selain mengetahui apa itu enhanced conversions. Pertama Anda bisa mengakses akun Google Ads ataupun Google Tag Manager.

Tak hanya itu Anda juga perlu meninjau adanya kebijakan data pelanggan serta menyetujui berbagai persyaratan layanan ataupun kebijakan enhanced conversions pada Google Ads. Jika sudah memenuhi persyaratan tersebut maka Anda bisa mulai mengatur enhanced coversion dengan cara berikut ini.

Baca Juga:  Data Flow Diagram (DFD): Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Aktifkan konversi yang ditingkatkan

Untuk mengaktifkan konversi ini pertama Anda bisa membuka akun Google Ads terlebih dahulu lalu buka tab konversi. Klik tindakan konversi yang diinginkan EC. Ketika Anda membuka pengaturan tindakan konversi selanjutnya cari “konversi yang disempurnakan” pada opsi dropdown.

Klik aktifkan lalu terima semua persyaratan Google kemudian pilih “Google Tag Manager”. Klik “next” lalu isi website dan klik “periksa URL”. Selanjutnya Anda bisa masuk pada akun Google Tag Manager dan lakukan persiapan lanjutan.

Jalankan pesanan percobaan dengan mode preview GTM

Langkah selanjutnya lakukan percobaan pemesanan dengan preview GTM. Misalnya Anda dapat mencoba di bagian “order confirmation page” lalu ekstrak email dari halaman tersebut. Selanjutnya Anda bisa memasukkan kode JavaScript dengan tujuan untuk membuat variabel baru.

Uji variabel baru pada GTM

Sebelum dipublikasi, penting bagi Anda untuk memeriksanya dalam mode preview pada GTM. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah email Anda masuk pada variabel baru yang telah dibuat. Untuk melihat nilai email pada output tag ini Anda bisa klik Tag Pelacakan Konversi yang ada pada bagian bawah tab Tag.

Demikian beberapa penjelasan mengenai apa itu enhanced conversions. Kini Anda sudah mengetahui bahwa enhanced conversions adalah salah satu fitur terbaru dari Google Ads yang bisa Anda gunakan pada pengiklanan untuk meningkatkan efektivitas kampanye. Untuk memahami penggunaan fitur ini lebih lanjut Anda bisa mengikut kelas online yang diadakan oleh Coding Studio.

Coding Studio merupakan kursus online terbaik di bidang IT yang telah memberikan pelatihan bagi Anda yang membutuhkan upgrade skill di bidang IT, misalnya untuk memahami apa itu enhanced conversions. Yuk segera daftar kelas yang tersedia dan jangan sampai ketinggalan untuk dapatkan promo menarik.

Related Articles