Google Review: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Contohnya

Dalam era digital yang terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, ulasan Google atau Google Review adalah salah satu aspek dengan peran yang cukup penting. Bisa dibilang, layanan Google yang satu ini menjadi sarana untuk pengguna dalam membagikan pengalaman terkait produk, brand, bisnis hingga berbagai layanan melalui salah satu perusahaan raksasa dunia digital ini.

Meskipun cukup dikenal bukan berarti semua orang memahami apa itu Google Review. Untuk memberikan Anda gambaran mengenai pengertian, manfaat, fungsi hingga contoh-contoh mengenai Google Review akan dijelaskan secara tuntas melalui pembahasan artikel di bawah ini.

Pengertian dari Google Review

Pengertian dari Google Review

Seperti sedikit disinggung sebelumnya, pengertian Google Review yaitu sebuah layanan dari platform Google yang memungkinkan pengguna atau pelanggan untuk memberi tanggapan dan ulasan mengenai produk, brand, bisnis maupun layanan yang digunakan. Biasanya ulasan dan komentar ini meliputi informasi berupa teks, gambar hingga peringkat dengan menggunakan simbol Bintang.

Secara garis besar, layanan ini membantu pengguna memberikan sebuah penilaian hingga pengalaman terkait produk hingga layanan yang digunakan oleh pengguna. Hal ini memungkinkan pengguna lainnya mengetahui ulasan pengguna sebelumnya sebelum memutuskan untuk menggunakan produk maupun layanan tersebut.

Manfaat dari Google Review

Manfaat dari Google Review

Pada dasarnya keberadaan Google Review memberikan beberapa manfaat penting. Manfaat Google Review tersebut dapat Anda lihat melalui penjelasan di bawah ini.

Baca Juga:  Google Space: Pengertian, Manfaat dan Kelebihannya

1. Mempengaruhi pengguna dalam mengambil keputusan

Secara tidak langsung, adanya Google Review disinyalir dapat mempengaruhi pengguna dalam mengambil keputusan pada sebuah produk, brand maupun layanan. Jika ulasan yang diberikan pelanggan sebelumnya bersifat positif, bukan tidak mungkin pengguna yang membaca tertarik menggunakan produk atau layanan yang diulas tersebut.

2. Mendongkrak citra sebuah usaha maupun bisnis

Di samping itu, manfaat lain dari Google Review adalah mampu mendongkrak reputasi dan citra pada sebuah usaha dan bisnis. Adanya berbagai ulasan-ulasan positif pengguna melalui Google Review akan membuat citra sebuah usaha dan bisnis menjadi meningkat dari sebelumnya.

3. Memperbaiki mutu dan kualitas produk dan layanan

Kehadiran Google Review sedikit banyak juga dapat membuat pemilik usaha dan bisnis melakukan perbaikan mutu hingga kualitas akan produk dan layanan yang ditawarkan. Terkadang tidak semua ulasan bersifat positif. Terdapat pula ulasan negatif yang berisi saran membangun yang diberikan pengguna supaya pemilik bisnis memperbaiki mutu dan kualitas produk serta layanan yang ditawarkan.

4. Membangun kepercayaan para pengguna

Di sisi lain, berbagai ulasan positif dalam Google Review mampu membentuk rasa percaya yang tinggi dari para pengguna akan sebuah produk atau layanan. Dengan kepercayaan pengguna yang tercipta maka akan semakin banyak pengguna yang menggunakan produk dan layanan pada bisnis dan usaha tersebut.

Beberapa Fungsi Utama dari Google Review

Google Review diketahui memiliki fungsi-fungsi utama di dalamnya. Berikut beberapa fungsi Google Review yang bisa Anda pahami.

1. Sarana evaluasi produk serta layanan

Adanya Google Review dapat difungsikan sebagai sarana dalam mengevaluasi produk serta layanan. Dengan adanya Google Review, pengguna baru dapat menilai apakah produk dan layanan yang diulas layak untuk digunakan dan dicoba atau tidak.

2. Memberikan informasi tentang produk dan layanan secara mendetail

Di sisi lain, Google Review adalah salah satu sumber informasi beserta komentar dan ulasan tentang produk dan layanan yang ditawarkan dalam sebuah usaha maupun bisnis. Semua aspek tersebut dipercaya dapat memberikan berbagai data serta informasi yang dibutuhkan para pengguna mengenai kelebihan dan kekurangan produk dan layanan yang ditawarkan.

Baca Juga:  Cara Menggunakan dan Cara Membuat Google Looker Studio

3. Sebagai sarana mencari rekomendasi produk dan layanan terbaik

Melalui Google Review, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi produk dan layanan terbaik yang Anda butuhkan dan juga inginkan. Dengan memahami mutu dan kualitas dari produk dan layanan yang ditawarkan, Anda bisa memperoleh produk dan layanan yang Anda suka dengan kualitas yang terjamin.

4. Kritik yang membangun bagi pelaku usaha dan bisnis

Tak hanya ulasan positifnya saja, ulasan negatif juga berfungsi sebagai salah satu kritik yang membangun untuk pelaku usaha dan bisnis. Kritik ini dapat digunakan sebagai sarana untuk memperbaiki agar bisnis dan usaha yang dijalankan dapat menjadi lebih baik di kemudian hari.

5. Sebagai sarana dalam pengambilan keputusan

Dengan melihat Google Review, pengguna juga dapat terbantu dalam hal mengambil keputusan dengan lebih bijak. Anda dan para pengguna dapat membandingkan berbagai produk dan layanan demi mendapatkan produk serta layanan dengan mutu dan kualitas yang diinginkan.

Contoh-contoh dari Google Review

Contoh-contoh dari Google Review

Untuk memberikan Anda beberapa gambaran mengenai ulasan Google, Anda dapat melihat sederet contoh Google Review dari berbagai bidang bisnis di bawah ini.

1. Contoh dari ulasan positif mengenai produk-produk elektronik

“Minggu lalu saya membeli produk elektronik di toko ini. Setelah beberapa hari pemakaian selama beberapa hari, saya merasa puas karena produknya berfungsi dengan baik.”

2. Contoh dari ulasan negatif mengenai rumah makan atau restoran

“Dua hari yang lalu saya makan di rumah makan ini. Saya merasa kurang puas dengan pelayanannya meskipun makanan yang disajikan cukup bisa dinikmati. Diharapkan ke depannya rumah makan ini dapat memperbaiki kualitas pelayanannya dengan lebih baik agar banyak pengunjung yang nyaman saat mengunjungi rumah makan tersebut.

Dengan berbagai pembahasan tersebut di atas, Google Review adalah salah satu media terbaik yang dinilai memiliki peran yang sangat penting mulai dari mencari rekomendasi produk dan layanan hingga meningkatkan citra sebuah bisnis. Jika Anda membutuhkan tambahan wawasan mengenai IT, mengikuti kursus di Coding Studio bisa menjadi alternatif yang tepat.