Mengenal Apa Itu Weebly dan Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal Apa Itu Weebly dan Kelebihan dan Kekurangannya

Jika Anda sedang berencana untuk membuat sebuah blog pribadi, maka bisa mempertimbangkan untuk mencoba menggunakan platform Weebly Indonesia yang kini sudah banyak dipakai oleh para blogger.

Weebly adalah sebuah platform untuk membuat website atau blog yang gratis ataupun berbayar sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa menggunakan platform ini untuk memulai blog pribadi dengan menggunakan fasilitas blog versi gratis. 

Jenis Layanan Weebly dan Kelebihannya

Apabila Anda berminat untuk menggunakan Weebly, ketahui terlebih dahulu Apa itu Weebly dan apa tujuan utama membuat blog tersebut. Ada banyak tujuan untuk membuat sebuah blog seperti untuk menjadi blog pribadi, blog bisnis hingga blog untuk sebuah komunitas tertentu.

Pengertian Weebly

Berikut ini adalah jenis layanan yang tersedia di Weebly dan harganya sehingga Anda bisa memilih jenis layanan yang sesuai kebutuhan serta anggaran biaya yang tersedia.

  • Weebly business adalah layanan yang bisa Anda pilih jika ingin membuat sebuah toko online yang professional. Mempunyai fitur lengkap untuk layanan website bisnis, seperti fitur hitung ongkir, tampilan produk jualan, label pengiriman dan lainnya. Untuk menggunakan layanan ini biaya bulanannya adalah sekitar $ 25. 
  • Weebly Pro merupakan jenis layanan website yang bisa dipilih jika Anda ingin membangun situs komunitas atau organisasi dengan menggunakan platform Weebly. Layanan ini sudah memiliki fitur dan fasilitas lengkap dari Google Ads dan domain gratis yang bisa diperoleh hanya dengan membayar biaya bulanan senilai $12.
  • Weebly Connect merupakan jenis layanan yang bisa Anda gunakan hanya dengan membayar biaya bulanan sejumlah $5 saja. Di dalam layanan ini bukan hanya bisa menggunakan layanan website dengan beberapa fitur tambahan yang bermanfaat, namun juga Anda berhak mendapatkan alamat domain khusus yang tidak menggunakan nama Weebly. 
  • Weebly Free, menjadi jenis layanan yang paling diminati dan paling banyak digunakan karena bisa digunakan secara gratis alias tanpa biaya. Anda bisa menggunakannya lengkap beserta fitur terbatas yang ada di dalamnya, fasilitas SSL Security gratis dan kapasitas memori penyimpanan 500 MB. Selain itu, layanan gratis weebly adalah Anda akan mendapatkan alamat domain yang menggunakan nama Weebly. 
Baca Juga:  Promo Bootcamp Data Science dari Coding Studio

Kelebihan Weebly

Menurut sebuah survey, tercatat Weebly menjadi salah satu platform website builder yang paling popular sejak berdirinya tahun 2006 yang lalu. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh Weebly sehingga bisa digunakan oleh berbagai kalangan pengguna dari pemula hingga kalangan professional sekalipun. Kelebihan tersebut adalah mempunyai desain tampilan antar muka yang sederhana sehingga lebih mudah untuk dipahami oleh penggunanya. 

Kelebihan Weebly

Weebly juga mempunyai fitur dan jenis layanan yang terbilang lengkap sehingga bisa membuat penggunanya lebih leluasa untuk mendesain blog atau website yang diinginkannya. Hingga saat ini, Weebly sudah memiliki pengguna kurang lebih sekitar 40 juta pengguna lebih yang tersebar di seluruh dunia. Lalu apa saja kelebihan lainnya dari weebly adalah? 

1. Mempunyai elemen konten lengkap

Untuk membuat sebuah website atau blog memiliki tampilan yang menarik, maka harus memperhatikan dengan baik elemen seperti foto, teks hingga video. Weebly memiliki beragam fitur yang bisa memberikan kemudahan untuk melakukan pengaturan pada foto, teks dan video sehingga bisa tampil dengan menarik sekaligus memiliki tata letak yang baik. Untuk melakukan pengaturannya pun sangat mudah, praktis dan cepat karena bisa dilakukan dari browser tanpa harus menginstall apapun. 

2. Drag & Drop Builder

Ingin membuat website dengan mudah tanpa proses yang rumit? Anda bisa menggunakan Drag & Drop Builder, fitur dari Weebly adalah untuk membuat website yang bisa dilakukan hanya dengan melakukan drag & drop dan tanpa harus menulis kode.

Fitur ini memang dirancang untuk pemula yang ingin membuat website mereka sendiri namun tak memiliki pengetahuan dan kemampuan teknis di bidang tersebut. 

3. Pilihan nama domain

Di dalam menggunakan Weebly, Anda juga akan mendapatkan kemudahan untuk membuat nama domain untuk website yang ingin dibuat. Dengan menggunakan fitur alat pencarian nama domain dari Weebly, maka bisa dengan mudah diketahui apakah nama domain yang Anda inginkan masih tersedia atau tidak?

4. Fitur Tools SEO

Weebly adalah platform website builder yang menyediakan tools SEO untuk memudahkan website untuk ditemukan di mesin penelusuran. Semua website yang dibuat dengan menggunakan Weebly akan terjamin memiliki kualitas dan performa yang baik karena pembuatannya diperhitungkan dengan optimal. Dari mulai pembuatan HTML, site map hingga pembuatan meta description yang sudah didesain khusus agar supaya SEO friendly

Baca Juga:  Macam-macam Tipe Data Pemrograman dan Fungsinya, Programmer Wajib Tahu

5. Satu paket lengkap

Weebly merupakan layanan website builder yang menyediakan paket lengkap yang berisi semua hal yang Anda butuhkan untuk memiliki sebuah website atau blog.

Anda pun tak perlu repot memikirkan tentang kecepatan situs atau biaya hosting karena semua sudah tersedia di dalamnya dalam serangkaian paket lengkap.

6. Kompatibel di semua perangkat

Jangan khawatir untuk menggunakan atau mengelola situs hanya dari satu jenis perangkat saja. Weebly sudah didesain agar supaya bisa diakses dan kompatibel dengan semua jenis perangkat yang digunakan oleh pengguna. Dari mulai computer, laptop, tablet hingga smartphone akan memadai untuk memperbarui perubahan yang dilakukan pada website Anda.

7. Tersedia beragam template yang menarik

Kelebihan yang terakhir weebly adalah di dalam Weebly pengguna akan menemukan banyak sekali varian template menarik yang bisa digunakan dengan cuma-cuma. Berbagai varian template tersebut didesain dengan menarik, cantik serta memiliki responsivitas tinggi sehingga memberikan website Anda memiliki nilai plus tersendiri.

Tersedia jenis template dari desain klasik, modern hingga professional yang akan menjadikan tampilan toko online atau blog pribadi Anda menjadi lebih memiliki daya tarik tersendiri. 

Kelemahan Weebly

Selain memiliki kelebihan, Weebly juga memiliki kelemahan yang juga harus diketahui dengan baik. Meski begitu, umumnya kelemahan tersebut tak seberapa dibandingkan dengan kelebihan yang dimiliki Weebly khususnya terkait pemanfaatan website atau blog milik Anda. Ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh weebly adalah sebagai berikut :

Kelemahan Weebly
  • Jika Anda ingin menggunakan situs web dengan menggunakan nama domain lain selain yang sudah tersedia di Weebly, maka harus membayar biaya ekstra kemudian menghosting kedua situs secara terpisah. Hal itu dikarenakan Weebly tak memberikan dukungan pada jenis hosting domain khusus apapun selain yang sudah tersedia di dalamnya.
  • Weebly bukan platform yang tepat jika Anda ingin membuat situs website yang besar. Diketahui Weebly didesain hanya untuk membangun situs kecil saja, untuk situs yang terbesar dari Weebly adalah hanya dengan maksimal 50 halaman saja. 
Baca Juga:  Tips dan Cara Membuat Judul Skripsi yang Baik

Itulah informasi tentang pengertian weebly adalah sebuah platform website builder beserta kelebihan dan kekurangan weebly. Ingin mempelajari cara membuat website atau blog dengan mudah? Anda bisa mempelajarinya dengan mengikuti kursus IT Online dari Coding Studio. Dapatkan pembelajaran lengkap secara online yang menarik hanya di Coding Studio dengan mendaftarkan diri Anda sekarang juga.

Related Articles