WYSIWYG Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Peranannya

WYSIWYG adalah What You See is What You Get dan istilah ini masih populer hingga saat ini dalam dunia IT yang menggambarkan sistem desain interface program. Sehingga Anda bisa melihat dalam program tersebut merupakan apa yang Anda dapatkan.

Melalui WYSIWYG, pengguna atau programmer bisa mendesain laman web secara mudah dan cepat. Interface yang intuitif mampu menunjukkan tampilan laman web secara langsung tanpa harus menuliskan kode.

Mengenal WYSIWYG Lebih Dalam

Apa itu WYSIWYG merujuk pada jenis HTML editor untuk melakukan editing laman situs web dan melihat hasil akhirnya secara langsung. Bagi programmer pemula, WYSIWYG sangat membantu dalam pemrograman web menjadi lebih mudah. Misalnya membuat laman HTML atau desain tampilan situs web.

Apa itu WYSIWYG

Prinsip utama dari WYSIWYG adalah menampilkan visualisasi laman web yang sedang Anda edit. Sehingga memudahkan Anda untuk memperkirakan hasil akhir dari situs web ketika sudah selesai mengerjakannya.

Konsep ini sebenarnya sudah muncul sekitar tahun 1960an. Lalu pada 1974, aplikasi editor pertama bernama Bravo. Beberapa waktu setelahnya, konsep ini banyak digunakan, termasuk untuk editing dokumen dan desain grafis.

Sebelum WYSIWYG, banyak editor teks menggunakan mode “tulisan mentah” (raw text) atau “mode kode” (code mode) yang membutuhkan pengetahuan tentang kode atau sintaks untuk mengatur format dan tampilan dari teks.

Peranan WYSIWYG Untuk Web Design

Sebelumnya sudah ada penjelasan mengenai WYSIWYG adalah HTM editor yang bisa Anda gunakan untuk web design. Sehingga peran WYSIWYG sangat penting untuk langkah-langkah mendesain website.

Peranan WYSIWYG Untuk Web Design

WYSIWYG memungkinkan penggunanya untuk melakukan editing laman web dengan cara yang intuitif dan mudah. Hal ini memudahkan bagi pemula untuk membuat laman web tanpa harus memahami Bahasa pemrograman HTML secara detail.

Mengapa demikian? Ansa bisa melakukan penyesuaian dari berbagai elemen visual pada laman tersebut layaknya membuat slide presentasi. Bahkan, Anda juga bisa langsung melihat bagaimana hasil akhirnya secara real time.

Baca Juga:  Apa Itu Spyware? Pengertian, Jenis dan Cara Mencegahnya

Konsep WYSIWYG membantu Anda untuk mempercepat pengerjaan proses desain. Selain itu, bisa meminimalisir risiko error yang mungkin saja muncul dalam halaman HTML.

Tidak hanya itu saja, konsep ini juga mampu meningkatkan kreativitas Anda dalam melakukan desain web. Sehingga Anda bisa lebih fokus pada layout dan tampilan halaman tanpa interupsi detail teknis kode HTML.

Seperti Apa Cara Kerja Dari WYSIWYG Ini?

Cara Kerja WYSIWYG yaitu dengan cara menyediakan interface berbasis Graphical User Interface (GUI). Tugas WYSIWYG adalah untuk memudahkan Anda membuat situs web dengan lebih mudah daripada harus menggunakan coding secara manual.

Coba bayangkan berapa banyak energi dan waktu yang harus Anda keluarkan untuk mempelajari Bahasa pemrograman. Belum lagi hasil akhirnya yang belum tentu berhasil membuat Anda semakin menghabiskan banyak waktu.

Berbeda dengan cara kerja WYSIWYG yang mempermudah semua proses pembuatan hingga desain website. Misalnya Anda ingin menggunakan editor ini untuk membuat halaman HTML. Anda dapat mengatur berbagai komponen dengan mudah, seperti gambar, teks, tabel, video dan sebagainya pada posisi yang Anda inginkan.

Hasil dari rancangan Anda juga langsung bisa terlihat dalam mode pengeditan yang menampilkan hasil akhir halaman HTML. Sehingga Anda bisa memastikan secara langsung bahwa tidak ada perbedaan antara layout dengan kesalahan lain saat laman diakses menggunakan browser nantinya.

Text Editor WYSIWYG dalam Halaman Website

Sebelumnya sudah jelas mengenai WYSIWYG adalah editor yang memudahkan Anda dalam membuat dan mendesain website. Selanjutnya Anda mungkin bertanya-tanya mengenai teks editor WYSIWYG untuk membuat laman website. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

CKEditor

Editor ini adalah HTML text editor yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan desain dan tata letak konten website. Editor text ini mempunyai fitur lengkap yang bisa Anda pindahkan dari Microsoft Word. Selain itu, ada pula tools tambahan yang memungkinkan Anda untuk drag and drop image, upload file, dan sebagainya.

TinyMCE

TinyMCE merupakan platform website berbasis JavaScript yang independent. Editor text ini memiliki sifat open source yang berada dalam lisensi LGPL.

Baca Juga:  Cyber Espionage Adalah Aktivitas Mata-Mata, Amankan Datamu

Perancangan text editor ini sudah terintegrasi dengan library JavaScript misalnya Vue.js, React, AngularJS, dan content management systems seperti WordPress dan Joomla.

Berbagai fitur lengkap bisa Anda gunakan dengan empat paket yang terdiri dari Community untuk layanan gratis. Kemudian Premium, Pro, dan Enterprise. Untuk layanan gratis sudah cukup untuk menunjang kebutuhan Anda, hanya saja tidak terdapat fitur upload gambar.

Summernote

Summernote adalah text editor sederhana yang bisa Anda gunakan secara gratis. Pengkodean yang digunakan adalah base64. Sehingga memungkinkan Anda untuk edit teks, dan upload gambar langsung tanpa menggunakan penanganan gambar.

Editor ini dirancang dengan JQuery dan Bootstrap yang memiliki interface sederhana. Bagi Anda yang masih pemula sangat mudah untuk melakukan custom tampilan ataupun editing toolbar.

Froala

Froala Editor adalah editor WYSIWYG yang kuat dan canggih untuk mengintegrasikan fungsi pengeditan teks dan visual ke dalam aplikasi web.

Editor ini populer di kalangan pengembang web dan sudah terintegrasi ke dalam berbagai platform dan aplikasi, termasuk sistem manajemen konten (CMS), aplikasi e-commerce, platform blog, dan sebagainya. 

Namun Plugin ini harus menggunakan jQuery versi 1.11.0 atau yang lebih tinggi, serta Font Awesome 4.4.0. Terdapat SDK server untuk Node.Js, Python, NET, PHP, dan Java. 

Selain itu, tersedia dengan empat lisensi, yaitu situs web tunggal, pengembang, bisnis, dan OEM. Ada pula konektor menggunakan development framework seperti Joomla, CakePHP, Symfony, Django, Meteor, dan sebagainya.

Redactor

Redactor merupakan text editor yang bisa menghasilkan desain smooth and clean serta fleksibel dengan dukungan tidak terbatas. 

Editor ini juga sudah terintegrasi dengan MODX yang memiliki interface sederhana. Bahkan lengkap dengan modem, icon, dan fungsi yang mudah Anda pahami. Fitur canggih yang ada pun sudah aktif atau nonaktif sesuai dengan kebutuhan agar bisa mengontrol berbagai aktivitas Anda.

Quilljs

Quilljs adalah text editor gratis yang memiliki tampilan sederhana dan elegan. Editor ini memiliki konfigurasi yang memungkinkan Anda melakukan custom tampilan dan editing toolbar. 

Selain itu, sudah menggunakan API yang bisa bekerja konsisten serta deterministik dengan JSON untuk input dan outputnya. Text editor ini juga sudah lintas platform yang mendukung browser modern pada desktop ataupun ponsel.

Baca Juga:  Computer Science Adalah: Penjelasan dan Peluang Kariernya

Adobe Dreamwaver

Adobe Dreamwaver merupakan editor populer dengan interface yang intuitif. Anda bisa membuat dan edit laman website dengan mudah dan cepat menggunakan editor ini.

Fitur unggulan dari editor ini adalah drag and drop, autocomplete, dan code highlighting sehingga menawarkan pengalaman desain web yang menyenangkan.Itulah penjelasan tentang WYSIWYG lengkap dengan peran, cara kerja, dan contoh text editor yang bisa Anda gunakan.

Secara umum WYSIWYG adalah editor HTML yang bisa Anda gunakan untuk edit laman web sekaligus melihat langsung hasil akhirnya. Nah, untuk Anda yang ingin belajar lebih dalam tentang programming bisa langsung mendaftar kursus online di Coding Studio!