Apa Itu Discord? Pengertian dan Fitur-fiturnya

discord

Dengan Discord, para gamer bisa saling komunikasi dengan cukup leluasa tanpa ada gangguan dalam sistem permainan. Discord merupakan aplikasi yang dipakai sebagai sarana untuk berkomunikasi para gamers saat bertanding, agar lebih jelasnya Anda bisa simak bahasan di bawah ini.

Yuk Cari Tahu Apa itu Discord?

discord

Sejumlah game yang biasa dimainkan dengan menggunakan Discord yaitu seperti Among Us, PUBG, Free Fire, Mobile Legend, dan game-game multiplayer lainnya. Meski begitu, tidak jarang mereka yang bukan gamer menggunakan platform ini untuk sekadar bersenang-senang saja atau tujuan lain.

Jika dijelaskan lebih rinci yaitu platform komunikasi digital yang bisa memfasilitasi para penggunanya untuk mengirim chat, audio, video, gambar bahkan bisa juga berbagi layar. Platform ini sering digunakan para gamer agar komunikasi bisa berjalan lebih efektif.

Terdapat cukup banyak fitur pada aplikasi ini yang mampu membuat pengguna lebih mudah dan nyaman dalam menggunakan platform tersebut. Jika dilihat secara umum, kegunaan Discord itu apa, rasanya hampir mirip dengan Skype. Bisa dikatakan Discord ini merupakan ‘Skype’ yang cocok untuk komunitas gamers. 

Desain aplikasi ini pada dasarnya adalah agar dapat membantu pemain berkomunikasi sekaligus berkoordinasi lewat server pribadi, server tersebut tentunya terpisah dari sistem game yang dimainkan. Dengan begitu, bisa memungkinkan para pengguna saling berkirim obrolan suara dan teks tanpa harus mengganggu performa permainan.

Bahkan aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan beberapa platform streamer yang populer mulai dari YouTube dan Twitch, pengguna pun bisa menyelaraskan aplikasi ini dalam akun platform tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Peran Algoritma Natural Language Interpretation

Fitur-Fitur yang Terdapat Pada Discord

Kalau Anda sudah benar-benar paham aplikasi ini, perlu tahu juga apa fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Ada sejumlah fitur keren yang terdapat dalam aplikasi ini, bahkan Anda bisa menikmati fitur-fiturnya dengan mudah. Manfaat aplikasi ini bisa dilihat lewat beberapa fitur dasar di bawah ini.

1. Channel

discord

Salah satu fitur Discord yaitu Channel, Channel dalam Discord bisa digunakan untuk media obrolan, streaming pesan instan, streaming suara dan untuk berbagi file.

2. Server

Nantinya komunitas yang terdapat di dalam sistem aplikasi ini diatur ke saluran terpisah, saluran ini yang disebut server. Para pengguna di dalam sistem aplikasi ini bisa membuat server secara mudah dan gratis.

Lalu kemudian bisa mengelola sistem visibilitas publik juga tentunya pada saat membuat server. aplikasi ini pun sudah mengizinkan pengembang atau penerbit game memverifikasi server sendiri yang mereka punya.

Para pengguna juga dapat meningkatkan kualitas server mereka dengan memakai yang namanya “Server Boost”. Lewat peningkatan ini, maka akan terdapat peningkatan baik itu dari aspek saluran audio, jumlah emoji, saluran streaming, atau pun fasilitas lainnya.

3. Modifikasi Profil Akun

Pengguna bisa mendaftarkan diri mereka untuk masuk dengan memakai alamat email secara mudah, lalu selanjutnya pengguna perlu membuat nama user untuk tampil. Anda bisa menggunakan detail nama yang benar-benar sama, tapi nantinya akan ada empat digit nomor (diskriminator) memakai prefix “#”.

Nantinya prefix ini ditambah ke bagian akhir nama pengguna. Aplikasi ini bisa memungkinkan server dan pengguna dan dihubungkan dengan akun layanan seperti Twitch.

4. Streaming dan Video Call

Ada lagi fitur menarik lainnya yang disediakan Discord yaitu Anda juga bisa melakukan streaming dan video call atau panggilan video. Ada pun fitur ini yang ditambahkan dari sejak akhir tahun 2017, lewat fitur ini, para pengguna aplikasi ini bisa melakukan panggilan sampai 10 orang, bahkan sampai sekarang sudah meningkat bisa sampai 40 orang.

Berbagai Macam Kelebihan Discord

Sampai sekarang ini, semakin banyak saja orang-orang yang memakai aplikasi ini, hal tersebut tidak lepas karena segudang keunggulan yang diberikan oleh Discord. Ini dia beberapa keunggulan Discord jika dibandingkan aplikasi serupa yang lain:

Baca Juga:  Data Engineer: Pengertian, Tugas, Skill dan Toolsnya

Platform Discord mampu menjamin keamanan pengguna karena aplikasi itu sendiri memakai peladen atau server yang sudah terenkripsi, tingkat keamanan seperti apa itu Discord ID pun akan terjamin. Dari setiap pesan dari IP pengguna menuju server Discord bisa terjamin keamanannya dengan baik.

Anda pun tidak perlu lagi khawatir akan informasi pribadi yang bocor pada sistem aplikasi komunikasi Discord ini.

1. Sistem lintas platform

Hebatnya aplikasi ini sudah terintegrasi atau tersinkronisasi dengan beberapa platform streamer seperti platform YouTube atau Twitch. Aplikasi tersebut bisa Anda unduh lewat App Store dan Play Store. Sinkronisasi seperti ini bisa sangat memudahkan gamer dalam menjalankan berbagai aktivitas mereka dengan efisien.

Apa lagi kalau Anda tahu apa itu Nitro Discord dan memanfaatkan layanan tersebut dengan baik, maka akan ada banyak keuntungan didapat.

2. Voice Chat Discord tidak akan mengganggu performa

discord

Aktivitas gaming online bisa terganggu pada saat ada aplikasi komunikasi yang menginterupsi, tetapi berbeda dengan aplikasi ini yang mempunyai sistem tersendiri. Adanya fitur yang bisa memungkinkan pengguna melakukan chat voice tanpa harus mengganggu sistem lain yang berjalan pada perangkat, frame rate saat bermain game pun bisa tetap stabil.

3. Ada banyak komunitas tersedia

Aplikasi ini menyediakan akses ruang luas untuk banyak komunitas khususnya para gamer. Setiap pengguna bisa mencari komunitas sesuai game yang biasa dimainkan dengan mudahnya. Lalu selanjutnya, pengguna tersebut bisa bergabung ke dalam komunitas tadi.

Cara Memakai Layanan Discord

Anda bisa menggunakan aplikasi ini baik itu lewat perangkat Mobile atau PC. Kali ini akan dibahas cara memakai Discord yang penting Anda perhatikan kalau Anda sudah paham aplikasi ini

1. Membuat server

Pertama-tama kita pelajari cara bergabung dengan server atau pembuatan server baru, ini dia langkah-langkahnya:

  • Anda bisa mengunduh Discord App terlebih dahulu, bisa lewat Store aplikasi atau melalui web resmi yaitu discord.com.
  • Selanjutnya buka dan buat akun, caranya tekan tombol register. Kalau Anda sudah punya akunnya, bisa langsung masuk aplikasi dengan tombol login
  • Kalau sudah masuk, pilih simbol + agar bisa bergabung ke server yang tersedia (join server), bisa juga buat server baru atau create server.
  • Pilih template server untuk digunakan, seperti Study Group, Gaming, Friend, atau Community.
Baca Juga:  Apa Beda Hosting dan Domain?

Kalau server sudah berhasil dibuat, maka tampilan utama laman yaitu saluran dan daftar teman, selanjutnya pengguna bisa memulai komunikasi.

2. Mengirim undangan bergabung

Ini caranya mengirim undangan ke teman agar bisa bergabung:

  • Pilih opsi Invite People, nantinya akan muncul pop-up kotak kecil
  • Piih copy agar tautan disalin
  • Undangan bisa dikirim dalam bentuk tautan tempelan ke teman yang ingin dituju.

3. Merekam suara percakapan

Anda bisa merekam suara dengan langkah-langkah berikut:

  • Klik icon tiga garis di pojok atas kiri
  • Pilih menu General dan klik Join Voice
  • Kalau ingin menambah teman, pilih ikon +
  • Kalau percakapan ingin diakhiri, cukup klik tombol x

Demikian saja bahasan di atas seputar apa itu discord, fitur-fitur, kelebihan, dan cara penggunaannya. Discord bisa menjadi aplikasi obrolan terbaik untuk gamers karena dapat mempermudah komunikasi pada saat bertanding.

Tertarik mengikuti kursus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang

Related Articles