Apa itu XML? Pengertian, Contoh dan Keunggulannya

Apa itu XML Pengertian, Contoh dan Keunggulannya

Dalam dunia software dan web development, XML adalah fitur penting yang harus dipahami. Pasalnya, XML merupakan bahasa markup yang akan sangat membantu kita dalam memahami struktur dasar pada sebuah website. Supaya makin paham dengan XML, simak ulasannya berikut!

Pengertian XML

XML merupakan singkatan dari Extensible Markup Language yang merupakan bahasa komputer dengan tujuan menyederhanakan proses pertukaran maupun penyimpanan berbagai data. Hal ini dilakukan karena masing-masing server memiliki keunikan dan penggunaan sistem yang berbeda.

Pengertian XML

Dalam memahami apa itu XML, perlu diketahui juga bahwa tidak semua sistem memiliki perlakuan yang sama pada server. Jika suatu sistem tidak mengalami kecocokan, maka prosesnya akan membutuhkan waktu yang lebih lama. 

Selain itu, Anda juga harus melakukan perubahan format data sehingga sesuai dengan server tujuan. Oleh karena hal tersebut, XML hadir untuk menyimpan data dalam format yang lebih sederhana sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan perubahan.

Format penulisan XML merupakan teks yang tidak akan mengalami perubahan, bahkan saat Anda melakukan transfer ke server lain sekalipun. Selain itu, bahasanya juga terbilang mudah dipahami serta mudah diperbarui ke sistem operasi atau ke browser baru.

Contoh Struktur XML

XML sejatinya memiliki struktur yang cukup sederhana dan terdiri dari tiga segmen. Adapun segmen yang dimaksud adalah deklarasi, atribut dan elemen. Adapun deklarasi merupakan bagian penting XML yang menunjukkan versi yang digunakan.

Atribut berisi keterangan pada obyek, sedangkan elemen XML terdiri dari tag pembuka, isi dan penutup yang berfungsi mendeskripsikan obyek. Berikut penulisan contoh XML yang bisa Anda jadikan contoh:

<?xml version="1.0"?>

<product_list title:”Produk Alat Tulis Toko Makmur”>

<product>

<name>Buku tulis eceran</name>

<price>Rp2.000</price>

<description>Buku tulis eceran berisi 48 halaman</description>

<diskon>5%</calories>

</product>

</product_list >

Dari contoh di atas, dapat dilihat jika deklarasi merupakan versi XML yang digunakan yaitu 1.0. Adapun atribut yang dipakai dalam “product_list” yaitu “Produk Alat Tulis Toko Makmur”. Selain itu, data di atas juga memiliki elemen berupa “nama”, “harga”, “deskripsi” dan “diskon”.

Bagaimana Cara Membuka XML

Bagaimana Cara Membuka XML?

Dengan formatnya yang terbilang sederhana, cara membuka file XML juga cukup mudah dilakukan. Anda bahkan dapat membuka file XML dengan beberapa cara seperti editor teks, web browser, hingga menggunakan editor XML online. Berikut langkah-langkahnya:

Baca Juga:  Mengenal (NAT) Network Address Translation Adalah? Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

1. Aplikasi editor teks

Opsi pertama yang bisa dilakukan yaitu menggunakan editor teks seperti notepad dan sejenisnya. Metode ini umumnya digunakan oleh programmer yang sudah terbiasa bekerja dengan file XML. Terlebih, file XML yang dibuka pada notepad sering kali menampilkan struktur yang kurang tepat.

2. Menggunakan web browser

Bisa juga menggunakan web browser seperti Firefox, Internet Explorer, hingga Chrome. Untuk membuka dokumen XML dengan web browser ini juga cukup mudah, yakni meng-klik kanan pada file XML yang dimaksud kemudian pilih opsi Open With dan buka melalui browser pilihan Anda.

3. Online XML editor

Jika ingin mengedit file XML atau melakukan konversi ke format yang berbeda, editor online XML adalah pilihan yang tepat. Saat ini bahkan terdapat sejumlah aplikasi editor gratis yang bisa dimanfaatkan. Anda yang tidak ingin men-download editor teks baru juga bisa menggunakannya.

Fitur dan Keunggulan yang Dimiliki XML

XML banyak digunakan untuk berbagai keperluan, terutama yang berkaitan dengan pengembangan website. Tools ini juga banyak digunakan untuk membuat penyimpanan dan berbagai data secara lebih sederhana. Adapun fitur dan keunggulan yang dimiliki XML yakni sebagai berikut:

1. Mempermudah pertukaran data

Seperti yang sudah diketahui, file XML pada dasarnya disimpan dalam format teks sehingga tidak harus bergantung pada perangkat penyimpanan data. Dengan adanya XML, pembuatan data dapat dibagikan ke dalam platform yang berbeda secara lebih mudah. Adapun salah satu keunggulan XML ini tentu mempermudah kendala para pengembang dalam menukar data.

2. Membuat perubahan platform lebih sederhana

Ketika melakukan pembaruan ke sistem yang baru, umumnya kita akan membutuhkan banyak waktu. Hal ini karena sejumlah data harus dikonversi menjadi lebih sederhana, bahkan data yang kurang kompatibel akan hilang.

Hal ini tidak berlaku karena fitur XML tersimpan dalam format teks. Dengan demikian, Anda dapat memperluas bahkan meningkatkan pembaharuan ke sistem operasi, aplikasi, atau browser yang baru tanpa perlu khawatir kehilangan data-data.

3. Memisahkan data dari HTML

Saat Anda perlu menampilkan data yang dinamis dengan format HTML, umumnya akan memakan banyak waktu dalam melakukan pengeditan. File XML adalah pilihan yang tepat untuk menampilkan data sehingga Anda dapat fokus menggunakan HTML/CSS yang membuat tampilan dan tata letak menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Apa itu HSTS? Pengertian, Kegunaan dan Sistem Kerjanya

4. Meningkatkan ketersediaan data

Sejatinya, sebuah data dapat diakses pada aplikasi yang berbeda, tidak hanya pada HTML namun juga dari data XML. Dengan adanya XML, Anda dapat meningkatkan ketersediaan data karena data tersebut dapat dibaca oleh berbagai mesin secara mudah.

Perbedaan XML dan HTML

Perbedaan XML dan HTML

XML sering kali dianggap mirip dengan HTML karena kedua memiliki simbol markup dengan fungsi mendeskripsikan konten suatu file atau halaman. Akan tetapi, perbedaan XML dan HTML sangat mudah diketahui dari fungsinya.

Baca Juga: HTML: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Secara sederhana, XML bersifat dinamis karena berfungsi dalam menyimpan dan pengiriman data. Sementara HTML lebih berfungsi untuk menampilkan data sehingga bersifat statis. XML juga terdiri dari data-data struktural, berbeda dengan HTML yang tidak memiliki struktur tersebut.

Itulah beberapa hal mengenai XML yang wajib Anda ketahui saat belajar tentang pengembangan website. File XML akan membuat Anda lebih mudah memahami struktur dasar suatu dokumen atau halaman website sehingga sangat penting untuk dipelajari.

Karena fungsi XML adalah penting, ada baiknya Anda mempelajarinya secara tekun. Ikuti kursus online IT dari Coding Studio untuk meningkatkan kompetensi Anda. Segera daftarkan diri Anda dan ikuti semua materinya!

Related Articles