Hyperlink Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

Hyperlink Adalah Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

Hyperlink adalah sebuah fitur yang menjadi bagian dari halaman website yang berfungsi untuk menghubungkan satu bagian tersebut dengan halaman atau program lainnya. Hyperlink sendiri banyak difungsikan untuk mempermudah pencarian file yang dibutuhkan user. Lalu apa fungsi lainnya, jenis dan cara membuatnya?

Pengertian Hyperlink

Dikutip dalam buku Desain Web, dijelaskan bahwa pengertian hyperlink merupakan sebuah teks yang akan menghubungkan antar halaman situs internet atau World Wide Web. Sedangkan menurut Agus Supriyono dalam buku Presentasi dengan Infografis disebutkan bahwa apa itu hyperlink menjadi salah satu cara yang digunakan untuk menghubungkan satu bagian dalam program dengan program lainnya.

Pengertian dan Fungsi Hyperlink

Fungsi Hyperlink

Keberadaan hyperlink sendiri sangat berguna untuk memudahkan manusia dalam upaya menyelesaikan kegiatannya dengan mudah dan cepat. Fungsi dari hyperlink adalah untuk memberikan kemudahan bagi pengguna atau pengunjung internet untuk melihat informasi di internet dengan mudah, simpel dan cepat.

Baca Juga: HTML: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Hyperlink menjadi salah satu fitur di HTML yang paling banyak digunakan sebagai tautan menuju ke halaman internet lainnya. Untuk mengenali keberadaan hyperlink pun sangat mudah dilakukan, karena biasanya teks dengan hyperlink terlihat berbeda teks biasa seperti adanya karakter garis biru atau garis bawah di bagian yang diberi link.

Ada beberapa fungsi hyperlink dalam sebuah website yaitu:

  • Bisa membantu untuk meningkatkan page view atau jumlah total halaman yang sudah dilihat oleh pengunjung website
  • Untuk membantu menghasilkan lebih banyak konversi sehingga mendorong pengunjung mengambil tindakan seperti membeli atau mendaftar
  • Membantu memperoleh ranking atau peringkat SEO yang bagus dan berkualitas
  • Untuk menaikkan tingkat kredibilitas website lebih baik dari sebelumnya, karena pengunjung merasa website Anda lebih berkualitas dan kredibel untuk dikunjungi
Baca Juga:  Menjadi Front End Developer: Ini Skill yang Dibutuhkan!

Jenis Hyperlink dan Cara Membuatnya

Dalam penggunaannya di website, penerapan hyperlink biasanya terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut informasi lengkap tentang jenis hyperlink:

Jenis Hyperlink dan Cara Membuatnya

Image hyperlink

Merupakan jenis hyperlink yang mengarah pada sebuah gambar tertentu secara online, Misalnya pada sebuah iklan online. Biasanya contoh image hyperlink ini sangat banyak dijumpai pada jenis media atau website tertentu.

Text hyperlink

Merupakan jenis hyperlink yang bisa mengarahkan pengunjung website untuk menuju teks digital atau bagian lainnya dari sebuah teks, Misalnya pada baba tau catatan kaki tertentu. Tujuannya adalah untuk menciptakan jaringan makna antara dua atau lebih teks yang terdapat di dalam bacaan tersebut.

Link Section

Jenis yang berikutnya link section menjadi jenis yang paling banyak digunakan khususnya untuk membuat section dalam dokumen perusahaan. Tujuan penggunaannya pada dokumen tersebut adalah untuk menautkannya dengan file dokumen lainnya sehingga bisa memudahkan pencarian file dokumen yang dibutuhkan. 

Relative Address

Jenis yang berikutnya adalah hyperlink yang dibuat dengan mencantumkan nama file dan path-nya. Adapun untuk membuat hyperlink jenis ini tak memerlukan adanya jaringan atau sinyal internet. Hyperlink ini banyak digunakan dalam website atau blog baik umum maupun pribadi.

Absolute Address

Hyperlink jenis yang terakhir adalah absolute address yang cara pembuatannya dilakukan dengan menuliskan alamat dokumen atau halaman lengkap beserta alamat situsnya. Maka untuk menuliskan hyperlink ini tentu membutuhkan keberadaan sinyal atau jaringan internet untuk bisa dicantumkan dalam website sesuai tujuan penggunaannya.

Cara untuk Membuat Hyperlink

Cara untuk Membuat Hyperlink

Bagaimana cara membuat hyperlink? Berikut langkah-langkah untuk membuat hyperlink:

1. Dengan kode HTML

Cara yang pertama untuk membuat hyperlink adalah dengan cara membuat kode HTML dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

  • Ketik kode HTML berikut
<html>

<head>

<title>HTML, CSS and JavaScript demo</title>

</head>

<body>

<p>
  • Kemudian buka aplikasi text editor yang ada di perangkat komputer Anda
  • Masukkan kode di atas tepat di text editor seperti Notepad dan Notepad++
  • Pada bagian URL situs, masukkan URL yang diinginkan kemudian klik tombol Save dengan format file .html
  • Proses pembuatan hyperlink sudah selesai
Baca Juga:  Paid Promote Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Caranya

2. Hyperlink di Word, Power Point atau Excel

Untuk membuat hyperlink di program Word, Power Point atau Excel bisa dilakukan dengan cara menyesuaikan dengan menu yang ada di dalamnya. Umumnya yang dipakai adalah menu tab “Insert” dan memilih menu link atau hyperlink. Hyperlink yang digunakan adalah absolute address atau menggunakan penulisan hyperlink yang lengkap untuk mengarahkan langsung ke dokumen atau web yang diinginkan.

3. Hyperlink di website WordPress

Jika Anda menggunakan platform WordPress bisa dilakukan dengan mudah menggunakan fitur insert link yang tersedia di dalam editor WordPress. Berikut langkah yang dilakukan:

  • Login atau masuk ke laman dashboard WordPress website dengan menggunakan akun Anda
  • Masuk ke salah satu laman yang ingin ditambahkan hyperlink, dengan mengetikkan teks yang akan disisipkan hyperlink
  • Blok bagian teks yang bertuliskan web hosting pada bagian toolbar, kemudian klik ikon link yang menggunakan ikon rantai
  • Siapkan link yang ingin dimasukkan pada teks web hosting dengan menggunakan link https://exabytes.co.id/
  • Setelah ikon rantai diklik tunggu hingga muncul menu Window kemudian masukkan link yang sebelumnya sudah dipersiapkan terlebih dahulu

Contoh hyperlink bisa diperoleh dalam sebuah email sederhana yang dikirimkan pada perusahaan tertentu. Di dalam email akan berisi tautan sesuai dengan jumlah hyperlink yang ingin disisipkan seperti tautan pada video, alamat email dan blog perusahaan. 

Anda bisa belajar cara untuk membuat hyperlink dengan mengambil kursus IT di Coding Studio. Kursus pembelajaran bisa dilakukan secara online sehingga memudahkan peserta kursus dari berbagai daerah. Mempelajari dan memahami dengan baik hyperlink adalah salah satu cara untuk memaksimalkan aktivitas pencarian file dengan mudah dan cepat.

Related Articles