Apa Itu Shortlink? Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Shortlink Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Shortlink adalah alamat singkat dari website yang dipakai untuk mengantarkan pengunjung pada halaman tertentu. Di WordPress, fungsi shortlink yaitu untuk mempersingkat URL yang panjang serta sulit untuk diingat. Jadi URL ini berubah menjadi lebih pendek serta mudah untuk dibagikan. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap tentang apa itu shortlink beserta keuntungan dan kekurangan yang dimiliki.

Pengertian Shortlink

Shortlink adalah URL pendek yang dipakai untuk mengarahkan audiens pada halaman maupun postingan web tertentu. Secara umum, shortlink adalah URL yang dipersingkat menjadi bentuk yang lebih pendek serta mudah untuk diingat.

Pengertian Shortlink

Biasanya shortlink kerap kali dipakai pada media sosial, pesan teks atau platform online lainnya yang memiliki batasan dalam jumlah karakter yang dipakai. Jadi dengan begitu pengguna akan lebih mudah dalam mengingat link untuk mengakses halaman yang ingin dituju.

Fungsi atau Manfaat Shortlink

Setelah mengetahui pengertian shortlink kini selanjutnya akan dibahas manfaat dari menggunakan shortlink. Manfaat yang pertama tentu saja bisa membuat URL lebih pendek. Jadi dengan begitu, Anda bisa menyembunyikan link affiliasi dengan mudah sehingga membuatkan tidak terlihat layaknya spam.

Manfaat selanjutnya yaitu bisa digunakan sebagai pelacakan untuk mengetahui jumlah klik yang mengarahkan ke direct link. Selain itu shortlink juga bermanfaat untuk melindungi link asli dari pemblokiran yang biasanya dilakukan oleh sistem sosial media yang menganggap bahwa link tersebut merupakan spam. Terakhir shortlink juga bisa membuat Anda memperoleh penghasilan tambahan.

Tips Menggunakan Shortlink Agar Bisa Menghasilkan Uang

Tips Menggunakan Shortlink Agar Bisa Menghasilkan Uang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa dengan menggunakan shortlink salah satu manfaat yang bisa didapatkan yaitu memperoleh uang tambahan. Adapun cara yang bisa Anda lakukan yaitu pertama Anda bisa mengakses shorter link dan menjadi membernya terlebih dahulu.

Setelah itu Anda bisa masuk pada akun shorter link yang Anda miliki dan masukkan link yang ingin Anda singkat atau dibuat menjadi pendek. Kemudian klik opsi “shorten” dan tunggu beberapa saat. Jika berhasil maka akan muncul sebuah link yang telah diperpendek oleh situs shorter link.

Selanjutnya Anda bisa menyalin link tersebut dan bagikan ke internet. Setelah link dibagikan maka Anda dapat memantau secara langsung data statistik pengunjung. Namun perlu diketahui bahwa metode pembayaran yang akan didapat melalui situs ini hanya baru tersedia melalui PayPal, WebMoney serta Payoneer saja.

Baca Juga:  Deep Learning: Cara Membuat Model Machine Learning

Cara Menggunakan Shortlink

Adapun cara kerja untuk menggunakan shortlink yaitu sebagai berikut. Pertama buatlah URL baru pada website pemendek URL. Selanjutnya letakkan URL yang telah disingkat pada sebuah artikel. Setelah itu maka user akan dialihkan pada website yang di dalamnya terdapat iklan.

Iklan inilah yang berasal dari situs yang memendekkan URL. Setelah itu Anda bisa klik dan tunggu beberapa saat kira-kira 5 detik saja dan klik skip ads.

Selanjutnya akan muncul pop up dari popcas serta poptm. Dalam hal ini Anda bisa klik close pada pop up tersebut dan Anda akan diarahkan ke situs yang dituju dan user akan memperoleh apa yang dicari.

Keuntungan dan Kekurangan Shortlink

Keuntungan dan Kekurangan Shortlink

Di bawah ini merupakan beberapa keuntungan serta kerugian yang dimiliki oleh shortlink.

– Keuntungan

Keuntungan pertama shortlink adalah akan membuat hyperlink menjadi lebih menarik. Tautan dengan link yang pendek juga membuat pengalaman membaca lebih nyaman terutama jika menemukan tautan ini di berbagai laman media sosial. Selain itu shortlink juga mempermudah pengguna ketika akan membagikan konten sebab dengan URL yang pendek akan minim mengalami kesalahan ketika menyalin tautan tersebut.

Seperti yang diketahui ketika sebuah web mempunyai alamat yang cukup panjang, besar kemungkinan akan terjadi sebuah kesalahan ketika menyalin tautan tersebut. Dengan kesalahan yang dilakukan ini tentu akan membuat pengguna tidak dapat mengakses tautan yang dimaksud. Oleh karena itu keuntungan dari menggunakan shortlink ini yaitu memudahkan penyalinan yang bisa menghindari adanya kesalahan pada penyalinan.

Shortlink juga dapat digunakan untuk tujuan analisis yaitu menampilkan target produk yang menunjukkan bahwa Anda telah mengklik tautan yang dimaksud. Jadi dengan begitu Anda bisa mengetahui berapa pengguna yang mengklik tautan yang Anda bagikan.

Selanjutnya keuntungan yang dimiliki shortlink adalah dapat bekerja dengan kode UTM. Hal ini memungkinkan para pengguna untuk melakukan pelacakan pada kampanye tertentu.

– Kerugian

Salah satu kerugian yang dimiliki yaitu akan muncul unsur ketidakpercayaan pada pihak tertentu. Hal ini menyebabkan banyak orang tidak mengklik tautan yang tersebut dan menghasilkan lebih sedikit klik. Seperti yang diketahui dalam menggunakan internet Anda harus selalu waspada dan tak jarang Anda menemukan penipuan dengan menyertakan sebuah link yang tidak meyakinkan dalam bentuk link yang pendek.

Baca Juga:  Manajemen Risiko: Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Sering kali URL juga akan mengirim URL pada pengguna lebih dari satu sehingga jika salah satunya gagal biasanya justru berpotensi mengarahkan ke link pesaing.

Demikian penjelasan tentang shortlink, apakah Anda sudah paham mengenai shortlink? Jika belum Anda bisa mempelajari lebih lanjut hal-hal yang berhubungan dengan IT baik itu untuk pemula maupun tingkat profesional hanya di Coding Studio.

Semua bisa mahir teknologi! Jadi jangan takut dan ragukan kemampuan Anda. Ayo persiapkan diri dari sekarang dengan mengikuti kelas yang diadakan oleh Coding Studio.

Tidak hanya sekedar link saja yang kini Anda ketahui namun kini Anda juga sudah memahami tentang shortlink adalah layanan yang dipakai blogger dalam mempersingkat URL menjadi lebih pendek.

Related Articles