Cara Membuat Session Login PHP yang Sederhana

Session login merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk melindungi data maupun mengelola akses. Session login juga diartikan sebagai proses autentikasi yang dilakukan dengan memasukkan informasi login yang diketahui secara sah. Adapun untuk cara membuat session login akan dibahas secara lengkap pada artikel di bawah ini beserta manfaatnya. 

Langkah-langkah Membuat Session Login

Saat membuat website PHP, hal yang harus dilakukan adalah menambahkan halaman login yang berguna untuk membedakan antara pengunjung yang datang apakah itu member atau non-member. Selain itu dalam meningkatkan keamanan website Anda juga perlu membuat session login PHP pada halaman login. 

Langkah-langkah Membuat Session Login

PHP login session ini memungkinkan website Anda dalam mengidentifikasi para pengguna yang masuk serta membatasi akses pada informasi pribadi dan juga memastikan bahwa yang bisa mengakses website tersebut hanyalah pengguna yang sah saja. Cara membuat session login lebih jelasnya akan dibahas di bawah ini. 

Membuat form login

Cara membuat session login yang pertama yaitu Anda perlu membuat form di halaman HTML maupun PHP. Formulir tersebut berisi kumpulan informasi login pengguna yang terdiri dari informasi username ataupun password. 

Memeriksa informasi login

Setelah pengguna mengisikan formulir tersebut serta mengirimkannya, selanjutnya Anda harus memeriksa informasi yang diinput apakah sesuai dengan data yang terdapat pada sistem yang Anda miliki pada database atau tidak. Apabila informasi login tersebut valid maka Anda bisa melanjutkan pada langkah selanjutnya. 

Membuat session

Pada langkah berikutnya Anda dapat melanjutkan dengan membuat session yang akan digunakan para pengguna yang berhasil login. Hal tersebut dilakukan dengan cara memakai fungsi session_start() pada awal kode PHP lalu menyimpan informasi login pada variabel session sebagai berikut $_SESSION[‘username’] = $username;. 

Baca Juga:  Apa Itu Software Developer? Pengertian, Tugas dan Skillnya

Pengalihan setelah login

Langkah selanjutnya Anda bisa mengarahkan pengguna pada halaman yang bisa diakses dengan catatan harus berhasil melakukan login terlebih dahulu. Dalam hal ini Anda bisa memeriksa session login dalam menentukan izin akses pengguna pada halaman tertentu. 

Log out

Setelah langkah-langkah di atas berhasil dilakukan maka langkah selanjutnya Anda bisa menyediakan tombol logout. Seperti yang diketahui rasanya tidak lengkap sebuah session login tanpa adanya logout. Maka dari itu jangan lupa untuk menyediakan tombol yang satu ini yang berguna untuk menghapus session maupun mengarahkan pengguna kembali pada halaman login. 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Session Login

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Session Login

Setelah mengetahui cara membuat session login yang dijelaskan di atas. Selanjutnya Anda juga perlu mengetahui hal lain yang wajib diketahui dalam pembuatan session login ini. 

Penyimpanan kata sandi

Pertama pastikan bahwa kata sandi pengguna berada pada penyimpanan yang aman. Hindari dalam penyimpanan kata sandi ini menggunakan bentuk teks biasa. Anda dapat memakai fungsi hash yang kuat contohnya password_hash() dalam mengenkripsi password sebelum disimpan pada database. 

Akses database

Kedua ketika mengakses database ini Anda bisa menggunakan prepared statements maupun parameterized queries dengan tujuan untuk mencegah adanya serangan SQL injection. 

Melakukan manajemen session dan mekanisme perlindungan

Selanjutnya pasang mekanisme perlindungan juga pada serangan brute force contohnya seperti melakukan pembatasan terhadap jumlah upaya login, melakukan penundaan setelah percobaan login yang gagal atau mengunci akun setelah melakukan percobaan login yang gagal berkali-kali. 

Selain itu, manajemen session yang dilakukan juga harus aman serta terenkripsi. Jadi session ID perlu diacak serta tidak boleh ditempel langsung pada URL. Anda bisa memakai session_regenerate_id() yang dilakukan secara berkala dengan tujuan untuk menghindari adanya serangan session fixation. 

Melakukan pembaruan aplikasi secara rutin dan hal-hal lain terkait logout

Jangan lupa untuk selalu melakukan pembaruan aplikasi dengan tujuan untuk memastikan bahwa teknologi session login yang dibuat aman. Selanjutnya pastikan juga bahwa proses logout yang dibuat telah menghancurkan session dengan benar serta membersihkan data session yang sesuai. Pertimbangkan juga untuk menggunakan autentikasi gandar sebagai tingkat keamanan ekstra. 

Baca Juga:  Kiat Cepat Mahir Backend Developer

Manfaat Menggunakan Session Login

Penggunaan sesi login juga mempunyai banyak manfaat penting untuk pengembangan web. Berikut ini adalah beberapa manfaat itu. 

Manfaat Menggunakan Session Login

Keamanan lebih terjaga

Manfaat yang pertama yaitu Anda dapat memastikan bahwa yang mengakses platform tersebut hanyalah pengguna yang sah saja. Dengan demikian berbagai data sensitif akan terlindungi. Berbagai informasi login contohnya username atau password tidak akan terlihat pengguna lain sebab disimpan pada sesi yang sudah diatur oleh server. 

Mengontrol akses

Manfaat selanjutnya Anda juga dapat mengatur hak akses sesuai dengan peran pengguna. Jadi Anda dapat membatasi akses pada halaman maupun fitur tertentu hanya untuk pengguna yang mempunyai izin akses. 

Melakukan pelacakan penggunaan

Manfaat yang ketiga yaitu Anda dapat melacak kegiatan pengguna lebih efektif. Caranya dilakukan dengan memantau halaman mana saja yang dikunjungi serta berapa lama pengguna tersebut mengakses situs tersebut dan masih banyak lagi. 

Personalisasi

Pengguna dapat memperoleh pengalaman lebih personal. Anda dapat menyimpan preferensi maupun data khusus bagi setiap pengguna yang bisa digunakan dalam menyesuaikan tampilan maupun konten khusus. 

Itulah sedikit informasi mengenai cara membuat session login beserta manfaatnya. Bagi Anda yang ingin mempelajari cara pembuatan sesi ini Anda bisa mempelajarinya pada kursus yang diadakan oleh Coding Studio

Coding Studio merupakan tempatnya upgrade skill digital yang sedang digandrungi oleh masyarakat modern. Yuk tunggu apalagi segera daftar kelas yang Anda pilih hanya di Coding Studio