OTP Adalah: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

OTP merupakan sebuah alat yang saat ini banyak digunakan terutama untuk melakukan transaksi digital yang menuntut keamanan. OTP adalah sebuah kode khusus yang digunakan untuk melakukan autentikasi yang mungkin belum dipahami dengan baik. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai kode OTP mulai dari pengertian sampai dengan contoh OTP yang kami yakin sering Anda jumpai.

Pengertian Kode OTP

Semakin maraknya penggunaan OTP atau one time password membuat banyak orang penasaran sebenarnya apa itu OTP. OTP sendiri sebenarnya merupakan sebuah metode autentikasi dengan menggunakan kode acak yang hanya bisa digunakan satu kali. Kode acak tersebut digunakan untuk memverifikasi identitas pengguna secara benar dan setelah digunakan kode tersebut tidak digunakan lagi.

Pengertian Kode OTP

Sistem OTP yang hanya digunakan satu kali itu dinilai jauh lebih aman untuk digunakan melakukan verifikasi identitas di era digital. Tidak heran akhirnya saat ini OTP ini banyak digunakan mulai dari transaksi pembayaran, transfer digital, sampai kepada login. Meskipun OTP tetap tidak sempurna, karena tetap ada celah pada keamanan jaringan maupun perangkat yang digunakan.

Fungsi Menggunakan Kode OTP

Fungsi Menggunakan Kode OTP

Fungsi menggunakan OTP sendiri memang cukup banyak terutama dalam kegiatan online, meskipun memang belum sempurna. Berikut ini beberapa fungsi kode OTP yang sudah banyak digunakan di beragam kegiatan online.

  1. OTP mampu menjadi lapisan pelindung tambahan untuk melakukan login pada beragam akun tertentu, digunakan setelah input username dan password. OTP adalah lapisan pelindung yang bisa memastikan kalau permintaan login memang dilakukan oleh pengguna, jadi menghindari akses tidak sah.
  1. OTP juga bisa memastikan keamanan pada saat melakukan transaksi online, karena melindungi terjadinya kecurangan transaksi. Kode OTP diberikan untuk memastikan permintaan transaksi online seperti pembayaran atau transfer dana dilakukan oleh pemilik akun.
  1. OTP sendiri bisa membantu mengamankan jaringan perusahaan pada saat harus diakses dari jarak jauh karena beragan alasan. Kode OTP memastikan identitas pengguna sebelum masuk ke jaringan perusahaan atau pemerintahan, jadi lebih sulit penipu untuk masuk.
  1. OTP bisa juga digunakan untuk melakukan reset password supaya akun bisa tetap benar-benar aman dari hacker atau sejenisnya. OTP memastikan kalau memang pemilik akun yang ingin reset password, bukan hacker yang ingin mengambil akun korban. Reset password ini memang sering digunakan hacker untuk mengambil akun orang lain, dan OTP bisa menjaga keamanan prosesnya.
Baca Juga:  Apa Itu Latency? Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Manfaat Memakai Kode OTP

OTP ini memiliki sistem yang memang sangat baik dalam perlindungan verifikasi di dunia digital, sehingga manfaat OTP bisa dijabarkan jadi beberapa. Berikut ini beberapa manfaat dari mempergunakan kode OTP untuk beragam industri digital saat ini.

  1. Keamanan dalam dunia digital menjadi manfaat yang utama dari OTP, karena OTP merupakan kode yang hanya digunakan satu kali. Bukan hanya itu saja, tapi kode OTP pun memiliki kadaluwarsa, sehingga lebih sulit untuk melakukan hacking akses pada beragam akun.
  1. OTP merupakan kode acak yang sudah ditentukan, sehingga manfaatnya adalah memudahkan pengguna untuk melakukan login dan lain sebagainya. Pengguna hanya perlu memasukkan kodenya saja tanpa harus mengingat kode sulit yang mungkin cukup panjang.
  1. OTP juga bisa diakses melalui berbagai macam cara, sehingga fleksibilitas untuk login pun akan jauh lebih baik. Orang bisa mendapatkan kode OTP melalui email, SMS, aplikasi chat dan lain sebagainya untuk melakukan login. Jadi dinilai akses untuk login lebih mudah dan fleksibel namun tetap aman.
  1. OTP juga efektif mencegah serangan cyber seperti pencurian akun dan lain sebagainya, karena hanya diberikan pada mereka yang memiliki akses. Jadi serangan brute force akan bisa ditangkal secara efektif menggunakan OTP ini.
Sistem Kerja OTP

Sistem Kerja OTP

Cara kerja OTP sendiri sebenarnya cukup sederhana, namun memang sangat efektif dalam melindungi keamanan akun dan kegiatan online. Ada 2 komponen dalam sistem kerja OTP ini yakni OTP generator dan server autentikasi, berikut ini penjelasan lengkap sistem kerjanya.

  1. Pada saat pengguna melakukan login atau akan melakukan pembayaran, maka server akan menjalankan OTP generator untuk mendapatkan kode acak.
  1. OTP generator kemudian akan mengirimkan kode acak tersebut kepada pengguna yang hanya bisa dilakukan sekali dan berbatas waktu. OTP generator mengakses server untuk mengetahui kontak yang terdaftar dan mengirimkan kode acak ke kontak yang terdaftar itu. Batas waktu kode OTP adalah 15 sampai 30 detik saja.
  1. Pengguna kemudian memasukkan kode OTP yang sudah diberikan baik melalui SMS, email, atau juga platform lainnya.
  1. Setelah server sudah menerima kode OTP yang dimasukkan oleh pengguna, maka akan dikirimkan ke server autentikasi. Kode tersebut kemudian diproses dan diverifikasi kebenarannya, untuk memastikan identitasnya.
Baca Juga:  Rumus Standar Deviasi Excel, Penjelasan dan Penggunaannya

Contoh Kode OTP

Ada banyak sekali contoh OTP yang pasti sering Anda jumpai. Salah satu contohnya OTP login yang biasa Anda jumpai ketika akan login ke akun tertentu yang penting. Setelah Anda memasukkan username dan password akan ada pengiriman kode OTP seperti contohnya 295409. Ada juga OTP transaksi, di mana saat Anda akan melakukan transaksi akan ada kode OTP yang dikirimkan untuk diinput.

OTP adalah sebuah metode keamanan dalam dunia digital yang sangat penting saat ini dan Anda perlu mempelajarinya untuk bisa menggunakannya. Coding Studio adalah tempat yang tepat untuk mempelajari OTP, karena materi lengkap dan harganya murah. Jadi tunggu apalagi daftar dan ikuti kelasnya.