Apa Itu E-Wallet? Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa Itu E-Wallet Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Saat ini e wallet adalah salah satu metode pembayaran digital yang menggunakan aplikasi pada mobile. E-wallet semakin populer karena menawarkan kemudahan dalam penggunaannya. 

Biar lebih tahu apa itu e wallet, simak pengertian, manfaat, cara kerja, cara penggunaan, kelebihan dan kekurangan dari e-wallet di artikel berikut. 

Pengertian E-wallet

Pengertian e wallet yang atau electronic wallet adalah sebuah layanan berbasis aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi keuangan. Pengguna dapat menyimpan dan menggunakan uang di e-wallet untuk membayar transaksi e-commerce, tagihan, membeli pulsa hingga investasi.

Pengertian E-wallet

Saat ini e-wallet bukan hanya untuk transaksi online, tetapi juga pembayaran offline yang memanfaatkan teknologi QRIS. Aplikasi e-wallet dapat menyimpan riwayat transaksi, uang yang keluar maupun uang yang masuk.

Apakah menggunakan dompet digital aman? Data pribadi dan transaksi aman selama Anda menjaga kerahasiaan kode OTP dan PIN e-wallet.

Manfaat Menggunakan E-wallet

Layanan dompet digital banyak membantu masyarakat dalam bertransaksi secara non-tunai. Berikut beberapa manfaat e wallet bagi pelaku bisnis maupun masyarakat biasa.

Manfaat Menggunakan E-wallet

1. Transaksi cepat dan praktis

Anda tidak perlu membawa uang banyak di dompet karena hanya dari smartphone berbagai transaksi bisa dilakukan. Cukup masukan jumlah pembayaran atau tinggal scan kode pembayaran dan dalam hitungan detik transaksi berhasil diproses.

2. Memiliki catatan transaksi

Jika membutuhkan bukti transaksi, e-wallet dapat menyimpan semua transaksi Anda. Fitur ini juga dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan karena semua tercatat secara detail dan akurat.

Baca Juga:  Malware Emotet: Pengertian, Metode Penyebaran, dan Cara Mencegahnya

3. Kesempatan berburu promo

Salah satu manfaat yang bisa dinikmati para pengguna e-wallet adalah adanya promo. Potongan harga di tempat makan, pusat kecantikan, bioskop dan masih banyak lagi.

Fungsi E Wallet

Dompet digital atau e wallet adalah layanan yang memiliki banyak kegunaan. Berikut beberapa kegunaan atau fungsi dari e-wallet.

1. Menyimpan uang

E-wallet berfungsi sebagai dompet digital yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan uang, bahkan cukup banyak hingga sepuluh juta.

2. Bayar tagihan

Bayar tagihan bulanan Anda dengan mudah dan praktis menggunakan e-wallet. Mulai dari tagihan listrik, PDAM, TV kabel, internet rumah, dan lain-lain.

3. Beli pulsa dan paket data

Banyak pengguna yang memanfaatkan fungsi e wallet untuk membeli pulsa dan paket data. Biasanya harganya lebih murah sehingga fitur ini paling sering digunakan.

4. Transfer ke bank

Selain transfer ke sesama e-wallet, saldo di dompet digital Anda juga bisa ditransfer ke rekening bank. Namun, fitur ini biasanya tersedia untuk pengguna yang sudah upgrade menjadi premium.

5. Investasi

Layanan e-wallet semakin berkembang dengan menghadirkan investasi online. Pengguna bisa berinvestasi reksadana, emas, dan lain sebagainya melalui aplikasi e-wallet.

Jenis-jenis E-Wallet yang Populer

Bank Indonesia merilis setidaknya ada 38 e-wallet berlisensi resmi di Indonesia. Berikut ini beberapa jenis e wallet yang paling populer.

  • OVO
  • Dana
  • GoPay
  • LinkAja
  • ShopeePay
Ciri-Ciri E-wallet

Ciri-ciri E-wallet

Meski pengguna e-wallet di Indonesia meningkat pesat, tetapi sebagian masih belum benar-benar mengerti apa yang disebut sebagai e-wallet. Agar tidak bingung, berikut ini ciri ciri e wallet yang perlu diketahui.

1. Memiliki aplikasi

Salah satu ciri utama dari layanan e-wallet adalah aplikasi mobile. Pengguna harus memiliki aplikasi e-wallet untuk bisa menggunakan layanan dompet digital. Selain itu, perangkat juga harus terhubung ke internet karena akses e-wallet hanya bisa online.

2. Menggunakan akun

Layanan e-wallet membutuhkan akun sehingga Anda perlu registrasi pada aplikasi dompet digital tersebut. Hal ini berbeda dengan e-money yang bisa langsung beli kartunya tanpa perlu registrasi.

3. Limit saldo

E-wallet memiliki limit saldo yang jumlahnya lebih kecil dibanding aplikasi mobile banking. Pada umumnya, limit saldo pengguna e-wallet maksimal 2 juta dan 10 juta untuk pengguna premium.

Baca Juga:  Apa itu ETL? Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Cara Kerjanya

Cara Kerja E-wallet

Cara aman menyimpan uang yang aman hingga bertransaksi yang lebih praktis dihadirkan oleh e-wallet. Bagaimana cara kerja e-wallet yang biasa digunakan masyarakat?

1. Transaksi online

Saldo e-wallet akan terpotong secara otomatis setelah Anda menyelesaikan transaksi atau memasukkan PIN e-wallet.

2. Transaksi offline

Selain transaksi online, e wallet adalah layanan pembayaran yang bisa digunakan untuk transaksi offline. Melalui kode QR yang bisa discan ketika melakukan pembayaran yang akan memotong saldo e-wallet Anda.

Cara Menggunakan

Cara menggunakan e wallet dianggap lebih mudah dibanding menggunakan e-banking atau mobile banking. Hal ini yang menyebabkan pengguna e-wallet semakin banyak di Indonesia. Berikut cara menggunakannya.

  1. Download aplikasi e-wallet
  1. Registrasi akun
  1. Top up saldo e-wallet
  1. Bayar dengan saldo e-wallet

Kelebihan dan Kekurangan E-wallet

Terdapat beberapa kelebihan e wallet dibanding layanan sejenisnya. Berikut beberapa kelebihan menggunakan e-wallet.

  • Transaksi instan dan tercatat
  • Bisa dipakai untuk berbagai transaksi
  • Banyak promo menarik
  • Terhindar dari uang palsu

Sebagai salah satu layanan pembayaran yang populer, bukan berarti dompet digital tidak memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan e wallet yang perlu Anda tahu.

  • Adanya biaya admin untuk beberapa transaksi
  • Tidak semua tempat menerima pembayaran dengan e-wallet
  • Menjadi lebih konsumtif

Pada dasarnya, e-wallet menjadi salah satu inovasi yang hadir di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat. Pastikan Anda menggunakannya teknologi ini dengan bijak agar mendapatkan manfaatnya.

Anda bisa belajar lebih banyak lagi tentang teknologi dengan mengikuti kelas pelatihan atau kursus di Coding Studio. Belajar langsung dari praktisi yang berpengalaman untuk meningkatkan skill Anda.

Demikian informasi seputar e-wallet atau yang diterjemahkan sebagai dompet digital. Jadi, e wallet adalah aplikasi yang menyediakan fitur bagi para pengguna untuk menyimpan uang dan menggunakannya untuk berbagai transaksi keuangan.

Related Articles