Payment Gateway Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Saat ini proses pembayaran sudah banyak beralih ke cara cashless apalagi dengan banyaknya e-commerce yang ada saat ini memudahkan Anda untuk melakukan belanja online. Saat belanja online, kebanyakan orang akan lebih memilih menggunakan kartu kredit maupun transfer bank yang dinilai lebih praktis. Dalam hal ini keberadaan payment gateway sangatlah penting, tahukah Anda apa itu payment gateway?

Pengertian Dan Manfaat Payment Gateway

Pengertian payment gateway adalah sebuah sistem yang menjadi jembatan penting pada proses pembayaran online untuk memastikan bahwa transaksi yang dilakukan aman dan efisien. Sistem payment ini juga diartikan sebagai teknologi yang memiliki fungsi dalam meneruskan otorisasi pemrosesan transaksi yang dilakukan oleh pedagang dengan bank jadi pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan kartu kredit, debit maupun pembayaran digital lainnya. 

Pengertian Dan Manfaat Payment Gateway

Tanpa adanya payment gateway ini pelanggan harus mentransfer semua pembayaran hanya melalui bank maupun layanan pembayaran online yang dilakukan secara manual saja. Setelah itu para pemilik toko online juga perlu melakukan verifikasi sendiri pembayaran itu sebelum memproses pesanannya. Hal ini tentu sangat tidak efisien kan, jadi keberadaan sistem payment yang satu ini memang sangat penting sekali. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, sistem payment yang satu ini tentu menguntungkan sekali jika digunakan, tidak hanya dirasakan oleh pemilik toko saja namun pelanggan juga mendapatkan manfaatnya. Lalu apa saja manfaat atau fungsi payment gateway itu, simak informasi di bawah ini. 

– Metode pembayaran menjadi lebih variatif

Manfaat yang pertama, dengan menggunakan sistem payment ini Anda sebagai pemilik toko dapat menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang beragam. Hal tersebut akan memudahkan pelanggan saat berbelanja di toko Anda karena konsumen jadi memiliki banyak pilihan untuk menentukan metode pembayaran sesuai keinginannya. 

Baca Juga:  Mengenal (NAT) Network Address Translation Adalah? Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Bayangkan jika Anda hanya menyediakan 1 rekening bank saja sebagai metode pembayarannya. Hal ini tentu akan membebani para pelanggan yang memiliki rekening di bank yang berbeda dan akan membuat para pelanggan akhirnya mengurungkan niat untuk membeli di toko Anda. 

– Proses instalasinya mudah

Manfaat selanjutnya instalasinya sangat mudah loh, Anda bisa menggunakan WordPress yang memiliki banyak pilihan plugin, salah satunya yaitu Midtrans WooCommerce. Menariknya kebanyakan penyedia layanan sistem payment ini menyediakan CS yang siap membantu selama 24 jam, jadi jika Anda mengalami masalah Anda tidak perlu khawatir. 

– Proses transaksi jadi lebih cepat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya keberadaan payment gateway akan membuat proses pembayaran tidak dilakukan secara manual dan berjalan otomatis sehingga dengan begitu proses transaksinya jadi lebih cepat.

Hal tersebut karena tanpa adanya sistem payment ini pelanggan perlu mengirimkan uang dengan cara transfer dan melakukan konfirmasi. Selain itu pemilik juga perlu membuat invoice yang dilakukan secara manual. 

Hal ini tentu akan membuat proses 1 transaksi saja berjalan sangat lama belum lagi Anda harus menghadapi konsumen yang tidak sabaran dan terus menanyakan proses transaksi yang dilakukan. Namun dengan menggunakan sistem payment ini kendala atau masalah seperti di atas dapat teratasi. 

– Transaksi lebih aman

Sistem payment yang satu ini juga dinilai sangat aman untuk mendukung proses transaksi karena berbagai fitur yang dimiliki seperti adanya enkripsi, autentikasi, deteksi penipuan serta sertifikasi yang semuanya akan memastikan sistem payment ini amat, bebas dari hacker, melindungi kebocoran data serta mencegah adanya berbagai kasus penipuan. 

– Dapat menjangkau hingga ke mancanegara

Bagaimana apakah Anda masih ragu menggunakan sistem payment ini dikala memiliki berbagai manfaat yang menguntungkan? Manfaat selanjutnya yaitu sistem payment ini juga bisa melakukan proses transaksi hingga ke mancanegara sekalipun loh.

Jadi jika pangsa pasar Anda sampai ke mancanegara, para pelanggan di luar sana tidak perlu khawatir dan bingung melakukan transaksi karena ada sistem payment ini. 

Baca Juga:  Disrupsi Digital Adalah: Pengertian, Dampak dan Cara Menghadapinya

Itulah beberapa manfaat yang ada dimiliki payment gateway, informasi selanjutnya Anda bisa mengetahui apa saja contoh dari payment tersebut karena di Indonesia sendiri ternyata sudah cukup banyak layanan sistem payment yang bisa dipakai pada toko online. Apa saja contoh-contohnya simak di bawah ini. 

Beberapa Contoh Payment Gateway 

Contoh Payment Gateway

– Duitku

Contoh sistem payment pertama di Indonesia dan sudah memiliki izin dari Bank Indonesia adalah duitku. Berbagai bisnis online yang sudah menggunakan sistem payment ini mulai dari bisnis individu sampai skala perusahaan seperti KimiaFarma, AkuLaku dan sebagainya. Ciri khas yang dimiliki sistem payment ini yaitu memiliki konsep sosial harga jelas, transparan serta kompetitif. 

– DOKU

Sistem payment selanjutnya yaitu DOKU yang sudah berdiri sejak tahun 2007. Sistem payment yang satu ini cukup populer karena sudah digunakan oleh ratusan ribu mitra usaha serta pengguna mencapai 3 juta. Berbagai merek UMKM serta perusahaan terkenal seperti Lazada, H&M, KFC sampai UNICEF menggunakan sistem payment ini. 

– Midtrans

Midtrans dahulu memiliki nama Veitrans Indonesia merupakan layanan payment gateway yang berasal dari Jepang dan ternyata sudah menjadi bagian Gojek sejak tahun 2017. Layanan ini terus saja berkembang hingga dipercaya pada lebih dari 500 ribu merchant seperti Tokopedia, KitaBisa serta TaniHub yang terkenal. 

Itulah beberapa contoh sistem payment yang perlu diketahui, apakah Anda penasaran bagaimana cara membuat payment gateway sendiri? Bagi yang penasaran maka Anda bisa menjajal kursus online di Coding Studio untuk mengetahui langkah-langkah serta cara yang tepat. 

Sedikit informasi untuk membuat sistem payment ini Anda bisa memulai langkah-langkah dengan menentukan server mana yang akan digunakan. Setelah itu Anda perlu mengintegrasikan server tersebut dengan pemroses pembayaran. Kemudian Anda juga perlu mengembangkan CRM yang berguna dalam menyimpan data klien, langkah selanjutnya Anda bisa menerapkan tokenisasi. 

Selanjutnya dapatkan juga sertifikat 3DS serta EMVCo yang merupakan standar Internasional pada transaksi dan yang terakhir Anda harus menerapkan PCI. Langah-langkah ini bisa dipelajari lebih lanjut pada Coding Studio.

Baca Juga:  5 Teknik Big Data Analytics yang Perlu Dipahami!

Cara Kerja Payment Gateway

Cara kerja payment gateway sebetulnya cukup sederhana Anda bisa mengetahui langkah-langkah di bawah ini.

Cara Kerja Payment Gateway

– Pelanggan melakukan proses checkout

Langkah pertama ketika akan melakukan pembayaran, pada berbagai e-commerce pelanggan perlu melakukan CO terlebih dahulu. Setelah itu sistem payment akan mengenkripsi serta meneruskan informasi proses checkout tersebut pada pemroses pembayaran. 

– Pemroses pembayaran diteruskan ke asosiasi penerbit kartu

Selanjutnya pemroses akan meneruskan informasi transaksi pada asosiasi penerbit kartu seperti MasterCard atau Visa. Jika sudah maka bank terkait akan menerima request tersebut dan mengirim balasan dengan menggunakan kode khusus jika berhasil maka bank juga akan memberikan informasi keberhasilan transaksi. 

– Pemroses pembayaran mengirim pesan

Proses terakhir, pemroses akan mengirimkan pesan pada gerbang pembayaran dan akan diteruskan ke web dan pemegang kartu hingga transaksi dinyatakan berhasil. Itulah berbagai informasi tentang payment gateway yang bisa Anda ketahui.