Enkripsi Adalah? Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Sering menemukan istilah enkripsi tapi masih tidak tahu dengan artinya? Secara mudahnya, enkripsi adalah suatu teknologi pengamanan yang bisa melindungi berbagai data terutama data yang bersifat pribadi untuk para penggunanya.

Dengan kata lain, teknologi ini juga yang membuat chat kalian dengan pasangan atau orang terdekat, jadi tidak bisa oleh orang yang tidak kalian kenal. Bukan hanya mengenai chat yang kalian lakukan saja, melainkan berbagai informasi penting juga, tidak akan dengan mudah untuk tersebar.

Peran teknologi ini sangatlah penting, apalagi di zaman seperti sekarang ini, di mana berbagai informasi sudah bisa didapatkan dengan sangat mudah. Bahkan walaupun sudah ada teknologi pengamanan seperti ini, terkadang masih saja ada banyak data pribadi yang bisa bocor ke publik dan digunakan dengan tujuan yang tidak baik.

Pengertian Enkripsi

enkripsi

Secara detail, teknologi yang juga dikenal sebagai Encryption Technology ini adalah suatu proses yang akan mengacak data. Dengan begitu, data-data tersebut hanya akan dipahami oleh orang-orang tertentu, seperti bagian pengembang dari sebuah aplikasi.

Pengacakan yang terjadi, sebenarnya tidak dilakukan secara acak loh. Sudah ada suatu algoritma tersendiri yang akan membuat data tersebut seolah-olah menjadi acak dan tidak beraturan. Proses ini dapat terjadi karena adanya Cryptographic Key, yang merupakan suatu karakter dalam algoritma yang terdapat di dalam teknologi Encryption ini.

Bagi yang ingin tahu, Cryptographic Key memiliki isi berupa kumpulan nilai matematika, yang akan disepakati oleh kedua belah pihak baik pengirim atau sang penerima pesan yang telah terenkripsi. Jadi, walaupun pesan tersebut memiliki data yang terkunci, masih bisa kalian buka dan kalian baca bukan?

Sampai sekarang, ada banyak sekali orang yang mencari cara membuka pesan enkripsi end- to end seperti yang ditulis dalam sebuah aplikasi pengirim pesan terkenal. Tapi nyatanya, tidak semudah itu dan memerlukan banyak sekali proses hingga pengetahuan yang sangat tinggi.

Baca Juga:  Mengenal ARP: Pengertian, Cara Kerja serta Keunggulannya

Cara Kerja Enkripsi

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa enkripsi adalah salah teknologi pengamanan data. Kalau sudah seperti itu, tentunya teknologi satu ini memilikinya caranya tersendiri untuk mengamankan data dari berbagai serangan cyber yang ingin mencuri berbagai data pribadi.

Cara kerja dari teknologi ini, dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung dari Encryption Key yang digunakan, menjadi asimetris, dan simetris. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini:

1. Enkripsi Asimetris

Jenis ini, juga sering dikenal dengan Public-Key Encryption atau Public-Key Cryptography. Alasannya, karena jenis ini menggunakan dua buah kunci yang memang saling berhubungan satu sama lainnya. Kunci tersebut adalah kunci pribadi dan kunci publik.

Untuk kunci pribadi, memiliki fungsi untuk mendeskripsikan pesan yang mana hanya dapat diakses oleh pemilik kunci itu sendiri, demi menjaganya untuk tetap privasi. Sedangkan, kunci publik memiliki fungsi mengenkripsi sebuah pesan dan dapat diakses oleh semua orang.

Asimetris sendiri berarti jenis ini memiliki keamanan yang lebih kuat karena susunan algoritma yang lebih kompleks dan akan memakan banyak waktu lagi jika dibandingkan dengan jenis simetris.

2. Enkripsi Simetris

Teknologi pengaman yang satu ini, adalah jenis Encryption yang memiliki proses penguncian dan pembukaan suatu data, hanya dilakukan oleh satu kunci yang sama, berbeda dengan yang jenis asimetris tadi.

Membicarakan susunan algoritmanya, jenis ini tidaklah terlalu kompleks dikarenakan hanya memerlukan satu kunci yang sama. Apabila kalian memerlukan suatu pengaman yang bisa membawa transmisi data dalam jumlah besar, maka jenis ini adalah pilihan yang tepat.

Manfaat Enkripsi

enkripsi

Membicarakan manfaatnya, setelah tahu apa itu enkripsi pasti kalian sudah dapat menyimpulkan bahwa teknologi ini memiliki banyak sekali manfaat. Kesimpulan kalian, sudah pasti benar. Berbagai manfaat tersebut, di antaranya adalah:

· Menjaga Privasi Sang Pengguna

Manfaat yang ini juga tadi sudah sempat kami singgung di awal pembahasan. Karena cara kerja dari teknologi ini mengacak data dan membuatnya menjadi tidak mudah untuk dipahami oleh orang yang tidak berkepentingan, maka sudah pasti privasi pengguna akan sangat aman.

Baca Juga:  Apa itu Cloudflare? Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Bahkan, dengan data yang telah terenkripsi, berbagai masalah seperti kebocoran privasi bisa segera dicegah dengan sangat baik.

· Memberikan Perlindungan

Kalian bisa membayangkan sendiri apabila semua orang termasuk orang yang tidak kalian kenal bisa membaca isi pesan kalian dengan orang yang kalian sayangi atau orang terdekat kalian lainnya. Pastinya kalian tidak mau hal tersebut terjadi kepada kalian bukan?

Bukan hanya berbagai informasi bersifat pribadi kalian yang menjadi diketahui oleh orang, bahkan kalian juga bisa kehilangan berbagai informasi penting yang dapat membuat kalian mengalami kerugian.

Tenang saja, manfaat dari teknologi ini, salah satunya adalah melindungi berbagai pengguna yang menggunakan aplikasi pengirim pesan teks atau suara yang memiliki keamanan data terenkripsi.

· Tanda Tangan Digital

Manfaat lainnya dari enkripsi adalah sebagai tanda tangan digital. Tanda tangan digital bisa kalian gunakan dalam email kalian yang sangat penting hingga harus dibaca oleh orang yang dituju. Dengan memakai tanda tangan digital, hanya orang yang dituju saja yang bisa membaca isi dari surel tersebut.

Contoh Pemakaian Enkripsi Untuk Pengamanan

enkripsi

Teknologi pengamanan data, tidak boleh kalian remehkan dan harus mulai diperhatikan dari sekarang. Sebab, terkadang data penting yang telah diberikan perlindungan saja bisa diretas oleh orang yang berniat buruk, apalagi kalau data tersebut tidak diberikan perlindungan sama sekali?

Di bawah ini ada beberapa contoh enkripsi yang digunakan sebagai teknologi pengamanan, dan itu adalah:

1. Enkripsi Pesan

Pesan terenkripsi sepertinya sekarang adalah salah satu syarat bagi berbagai aplikasi dalam bidang komunikasi. Sebab, kalau tidak memakai teknologi ini, maka sudah pasti masyarakat tidak akan ada yang percaya dan memakainya sebagai aplikasi pesan sehari-hari.

2. Enkripsi Data

Biasanya contoh pemakaian teknologi pengaman yang ini dilakukan oleh berbagai perusahaan besar yang memang membutuhkan keamanan super ketat. Memang sudah menjadi rahasia umum apabila berbagai informasi dan data yang terdapat di dalam suatu perusahaan, adalah hal yang sangat penting bagi mereka.

3. Enkripsi File

Contoh penggunaan teknologi pengaman yang ini, bisa kalian temukan dalam berbagai jasa penyedia penyimpanan online atau daring. Berbagai file yang akan diunggah oleh para pengguna terhadap jasa tersebut, harus dapat dipastikan aman dari orang-orang jahat yang ingin mencuri data.

Baca Juga:  Intrusion Detection Systems (IDS) Adalah: Mengenal Lebih Dalam

Bagaimana, sekarang kalian sudah paham mengenai teknologi pengaman yang satu ini bukan? Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati ketika kalian akan melakukan suatu transaksi informasi yang penting. Sebab, hal itu demi kepentingan diri kalian sendiri.

Memang benar kalau enkripsi adalah teknologi pengamanan yang sangat canggih, tapi kesiagaan diri juga tetap diperlukan guna mencegah berbagai hal buruk yang dapat terjadi.

Nah itu tadi pembahasan tentang enkripsi dari pengertian, cara kerja, serta manfaat yang diberikan. Semoga bisa bermanfaat.

Tertarik mengikuti kursus Cyber Security, cek promonya!