Apa itu NFC? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Cara Menggunakannya

NFC adalah salah satu fitur yang masih dianggap cukup premium pada smartphone, karena hanya terdapat pada smartphone mahal saja. Tapi tidak banyak yang tahu persis sebenarnya teknologi NFC, sehingga pemanfaatannya pun jadi lebih terbatas. Berikut ini kami akan jelaskan pengertian, fungsi dan juga bagaimana cara kerja NFC itu.

Pengertian NFC

NFC sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Near Field Communication atau bisa diartikan sebagai komunikasi jarak dekat. Pengertian apa itu NFC sendiri bisa didefinisikan sebuah protokol komunikasi untuk 2 perangkat jarak dekat dengan cepat. Dalam NFC itu ada 2 perangkat, di mana yang satu berperan sebagai transmiter dan yang satunya sebagai penangkap sinyal.

Pengertian NFC

Teknologi NFC sendiri dipatenkan pertama kali pada tahun 1983 oleh Charles Walton yang dikembangkan dari frekuensi Radio RFID. NFC sendiri memiliki kecepatan koneksi yang sangat tinggi, sehingga bisa melakukan banyak hal dengan cepat sesuai dengan fungsinya. Jarak yang diperlukan untuk bisa terhubung itu adalah 4 cm, lebih dari itu sudah tidak akan bisa terhubung.

Jarak yang terlalu dekat ini dianggap sebagai kelemahan dari NFC, meskipun sebenarnya saat ini sudah tidak bisa dibilang sebagai kelemahan. Kecepatan koneksi yang dimilikinya ini benar-benar mampu menutup kelemahan jarak yang dimiliki NFC ini.

Fungsi Teknologi NFC

NFC sendiri merupakan teknologi yang sangat tinggi saat ini dan tentunya memberikan beberapa fungsi NFC bagi kehidupan manusia. Saat ini pun sudah ada banyak fungsi yang dimanfaatkan, berikut ini beberapa di antaranya.

Fungsi Teknologi NFC

1. Melakukan Transaksi Digital

Transaksi digital bisa menggunakan NFC, karena kalian hanya tinggal menempelkan smartphone dengan device untuk pembayaran. Biasanya NFC akan langsung bisa memberikan perintah pada smartphone untuk melakukan pembayaran sesuai dengan uang digital yang dibutuhkan. NFC adalah fitur yang menarik pada saat pandemi, karena transaksi jadi bisa dilakukan dengan aman.

Baca Juga:  Endpoint Adalah Perangkat Akhir, Berikut Cara Melindunginya

2. Transfer File

Fitur NFC transfer file ini juga banyak digunakan lho, karena dinilai mampu transfer file dengan jauh lebih cepat dibandingkan metode yang lainnya. Tidak seperti Bluetooth atau Infrared yang perlu konfirmasi dan lain sebagainya, kalian hanya perlu kirim dan dekatkan device untuk mengirim.

3. Terhubung Dengan Beragam Perangkat

Kalian bisa menghubungkan smartphone dengan beragam perangkat yang memiliki teknologi NFC yang saat ini cukup banyak. Mulai dari speaker, headset, sampai dengan perangkat lainnya yang lebih kompleks untuk bisa terhubung dengan mudah di smartphone. Tidak perlu konfirmasi, tidak perlu setting, hanya perlu tempelkan saja dengan perangkat.

4. Mengisi Daya Smartphone

NFC biasa digunakan juga untuk mengisi daya smartphone, jadi kalian tidak perlu menghubungkan smartphone dengan kabel lagi untuk mengisi daya. Ada perangkat charger dengan NFC yang membuat kalian bisa mengisi daya hanya dengan menempelkan smartphone ke perangkat. Tentunya kalian perlu charge perangkat tersebut terlebih dahulu untuk bisa mengisi daya smartphone.

5. Mengecek Saldo

NFC pada smartphone juga bisa dipakai untuk cek saldo uang elektronik dengan mudah, tanpa harus membuka aplikasi apa pun. Kalian hanya perlu menempelkan kartu uang elektronik saja, maka smartphone akan langsung membaca dan menampilkan saldonya.

6. Berbagi Koneksi WiFi

NFC juga bisa dipakai untuk berbagi koneksi WiFi dengan mudah, jadi kalian tidak perlu menuliskan password WiFi untuk bisa terhubung. Kalian hanya perlu tempelkan smartphone ke WiFi porter dan kemudian kalian akan langsung terhubung dengan WiFi yang tersedia. NFC adalah sebuah teknologi yang mampu menyederhanakan komunikasi dan pertukaran informasi antar perangkat yang terhubung. 

Cara Kerja Teknologi NFC

Cara kerja NFC sendiri sebenarnya sangat sederhana lho, di mana persyaratan utamanya adalah kedua perangkat maksimal berjarak 4 cm. Dalam NFC sendiri tentunya ada 2 perangkat yakni perangkat aktif yakni smartphone yang memiliki beberapa peran. Berikut beberapa di antaranya. 

  1. Pembaca data untuk bisa mengetahui informasi yang dikirimkan melalui perangkat NFC lainnya. Seperti contohnya menampilkan data kartu uang elektronik atau E-KTP
  1. Card Emulation atau berperan sebagai kartu pembayaran, yang berarti bisa digunakan untuk melakukan pembayaran pada transaksi digital. 
  1. Peer to Peer yang biasa digunakan untuk transfer file antar 2 perangkat. 
Baca Juga:  Mengimplementasi Big Data untuk Bisnis

Perangkat yang kedua itu adalah perangkat pasif, di mana biasanya bentuknya seperti kartu elektronik, Wifi porter dan masih banyak lagi lainnya. Perangkat pasif itu berarti hanya memiliki peran untuk mengirimkan informasi tanpa adanya tambahan apa pun. 

Cara Menggunakan Teknologi NFC

Cara Menggunakan Teknologi NFC

Cara menggunakan NFC sendiri sebenarnya sangat mudah, karena teknologi NFC itu sendiri yang sudah berkembang dengan pesat. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara untuk menggunakannya dengan baik dan benar. 

1. Kalian perlu aktifkan dulu NFC yang ada pada smartphone kalian dengan cara masuk ke menu setting dan koneksi NFC. Nanti akan ada pilihan untuk mengaktifkan NFC dengan cara memilih pilihan On. 

2. Setelah sudah aktif kalian hanya perlu mendekatkan smartphone kalian saja ke perangkat NFC yang ingin kalian gunakan. Contohnya kalian bisa gunakan untuk pembayaran, kalian tinggal dekatkan saja smartphone ke sensor NFC di pembayaran. Nanti langsung ada konfirmasi pembayaran sudah dilakukan, sangat mudah bukan.

NFC adalah teknologi masa depan yang sebenarnya sangat membantu beragam kegiatan manusia dalam bertukar informasi seperti transaksi. Terutama pada saat pandemi yang membuat kalian harus tidak bersentuhan membuat proses transaksi tetap aman dilakukan.

Nah bagi kalian yang Ingin mempelajari NFC lebih lanjut, maka bisa mencoba ikuti kursus IT di Coding Studio.