Belajar MS Excel untuk Pemula

MS Excel adalah salah satu bagian dari Microsoft Office yang memang biasa dipergunakan untuk pekerjaan di berbagai perusahaan. Belajar MS Excel itu sendiri sebenarnya tidak sulit, karena hanya dibutuhkan ketekunan dan juga ketelitian mengenai program dan fitur di dalamnya. MS Excel ini memiliki banyak kegunaan seperti membuat laporan, tabel, dan berbagai macam kebutuhan kantor yang lainnya.

belajar ms excel

Mempelajari MS Excel itu sendiri memang perlu mengetahui beberapa poin penting, supaya bisa menguasai dan mempergunakannya dengan baik. Sebenarnya MS Excel itu tidak sulit selama kalian mau berusaha mempelajarinya dengan baik maka kalian bisa menguasainya. Berikut ini kami akan berikan beberapa tips untuk mempelajari MS Excel untuk pemula yang mungkin bisa membantu kalian menguasainya.

Poin Dasar Dalam Belajar Ms Excel

Pada program Excel itu memang ada beberapa poin dasar yang mungkin harus dipahami terlebih dahulu pada saat ingin mempelajari Excel. Poin dasar ini akan menentukan semua penggunaan fitur yang ada di dalam MS Excel itu sendiri seperti apa. Kalian jadi harus memahami terlebih dahulu poin penting yang ada pada MS Excel supaya kalian nantinya bisa mempelajarinya dengan lancar.

belajar ms excel
  1. MS Excel itu terdiri dari kolom dan juga baris yang terbilang cukup banyak untuk fleksibilitas pengerjaan kebutuhan kantor. Kolom itu diberi tanda huruf dan juga baris itu diberi tanda angka dan ini adalah dasar belajar MS Excel.
  2. MS Excel itu terdapat namanya Cell yang satu kotak yang kalian klik di dalam program atau aplikasi MS Excel. Kalian bisa mengisi Cell tersebut dengan angka atau huruf serta bisa dipakai juga untuk mempergunakan fungsi rumus tertentu. Cell itu biasanya ditandai dengan letak kolom dan baris, jadi misal C5 maka lokasi Cell di kolom C baris ke 5.
  3. Poin terakhir adalah untuk melakukan formulasi atau perhitungan pada MS Excel itu biasanya harus diawali dengan tanda sama dengan terlebih dahulu. Fungsi dari Excel itu ada banyak, meskipun kalau di perusahaan memang tidak semuanya digunakan dan hanya perhitungan sederhana saja.
Baca Juga:  Data Kuesioner Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Fitur MS Excel yang Sering Digunakan

Tentunya dalam belajar Ms Excel itu harus mengetahui dan memahami berbagai fitur yang ada pada MS Excel ini dengan baik. Tapi sebenarnya yang dipergunakan untuk kebutuhan kantor atau perusahaan itu tidak terlalu banyak, hanya beberapa fitur saja.

belajar ms excel

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan beberapa fitur saat belajar Ms Excel yang memang banyak digunakan dan juga dibutuhkan oleh perusahaan.

  • Perhitungan Sederhana

MS Excel memang merupakan program untuk melakukan perhitungan sederhana dengan cepat dan juga sangat mudah. Belajar MS Excel jadi sangat berguna apabila kalian perlu mengerjakan pengolahan data seperti data perusahaan atau data kantor. Kalian bisa mengolah data seperti perhitungan, kelola data, dan lain sebagainya dengan sangat mudah melalui MS Excel ini.

Kalian hanya perlu menuliskan sama dengan terlebih dahulu dan kemudian membuat formula perhitungan yang dibutuhkan. Ada beberapa poin tanda yang harus kalian ketahui untuk bisa membuat formula perhitungan pada Cell yang ada di Microsoft Excel ini.

  1. “+” merupakan tanda untuk penjumlahan pada MS Excel
  2. “-“ merupakan tanda untuk pengurangan pada MS Excel
  3. “*” tanda bintang ini adalah fungsi untuk perkalian pada MS Excel
  4. “/” garis miring merupakan sebuah tanda untuk pembagian pada MS Excel
  5. “()” tanda dalam kurung ini menandakan perhitungan yang harus diutamakan baru perhitungan lainnya dalam MS Excel.
  6. Fungsi Cepat

Fitur berikutnya yang mungkin perlu dipelajari pada MS Excel karena memang cukup banyak digunakan di kantor adalah fungsi cepat. Jadi kalian bisa mempergunakan beberapa fungsi cepat yang ada pada MS Excel dan ini akan mempercepat pekerjaan kalian. Berikut ini beberapa fungsi yang bisa dipergunakan pada fitur fungsi cepat yang ada di dalam MS Excel.

  • AutoSum

Fungsi yang pertama saat belajar MS Excel itu adalah auto sum, ini adalah salah satu fungsi yang paling banyak digunakan. Auto Sum ini adalah fungsi untuk bisa menjumlah berbagai angka dengan cepat sesuai dengan Cell yang sudah ditentukan. Jadi nanti akan langsung muncul jumlah keseluruhan angka yang ada dalam Cell yang sudah dipilih.

Baca Juga:  Pengertian Range dalam Microsoft Excel

Caranya itu adalah dengan Block semua Cell yang angkanya itu ingin dijumlahkan, pastikan semua sudah masuk. Setelah itu kalian pilih menu yang ada di home bagian atas yang bertuliskan auto sum tersebut.

  • Average

Fungsi yang kedua adalah average, ini adalah fungsi untuk mencari nilai rata-rata dengan cepat dari semua angka yang dipilih dalam cell. Nilai rata-rata itu memang sering kali dibutuhkan pada perusahaan, jadi jelas ini adalah salah satu fungsi yang banyak dipakai. Secara aturan penggunaannya itu sama saja dengan fungsi Auto Sum yang sudah kami jelaskan sebelumnya ya.

  • Max

Fungsi yang ketiga adalah Max, ini adalah salah satu fungsi untuk mengetahui nilai yang paling tinggi dari semua angka yang dipilih. Ini juga menjadi salah satu kebutuhan perusahaan seperti misalnya untuk mengetahui nilai penjualan tertinggi jadi perlu dipelajari saat belajar MS Excel. Dengan fungsi Max ini kalian akan bisa mencarinya dengan cepat dan cara untuk menggunakannya sama seperti fungsi cepat yang lainnya.

  • Min

Fungsi yang keempat adalah Min, ini adalah fungsi untuk mencari nilai yang paling kecil dari semua angka yang dipilih. Nilai minimal atau nilai paling kecil ini juga dibutuhkan perusahaan untuk mengetahui kinerja dari perusahaan itu sendiri seperti apa. Cara menggunakannya pun memang sama dengan beberapa fungsi cepat yang lainnya di atas.

  • Otomasi Sederhana

Fitur yang berikutnya adalah otomasi sederhana, ini akan membuat pengerjaan laporan kalian pun jadi lebih cepat. Misalnya adalah saat kalian ingin menuliskan angka berurutan mulai dari 1 sampai 10, maka kalian tinggal tulis angka 1 di baris 1 dan 2 di baris 2. Nanti kalian block keduanya dan kemudian tarik dengan logo + di kanan bawah, dan otomatis berurutan.

  • Membuat Tabel

Fitur berikutnya adalah membuat tabel, kalian tinggal block semua data yang akan dibuat tabel dan kemudian pilih fitur buat tabel. Nanti akan ada tulisan nama kolom dan juga baris yang akan digunakan.

  • Membuat Grafik

Fitur berikutnya adalah membuat grafik yang memang sangat penting untuk perusahaan. Kalian tinggal block 2 data yang akan dibuat grafik dan kemudian masuk menu buat grafik dan langsung jadi.

Baca Juga:  Cara Buat Kolom di Excel dengan Mudah dan Efektif

Mencari Tempat Kursus Terbaik Belajar Ms Excel

Untuk bisa mempelajari MS Excel ini sudah pasti kalian memang butuh untuk mencari tempat kursus yang terbaik supaya bisa belajar maksimal. Kalian bisa kunjungi Coding Studio untuk belajar MS Excel dengan baik dan maksimal.