Disrupsi Digital Adalah: Pengertian, Dampak dan Cara Menghadapinya

Disrupsi Digital Adalah Pengertian, Dampak dan Cara Menghadapinya

Disrupsi digital adalah kondisi di mana terjadi perubahan besar karena adanya ledakan teknologi digital. Untuk lebih jelas mengani apa itu disrupsi digital, maka simak penjelasan di bawah ini sampai selesai.  

Pengertian Disrupsi Digital

Disrupsi digital adalah terjadinya perubahan secara besar-besaran mengenai keberadaan berbagai teknologi digital secara fundamental. Dengan adanya disrupsi digital dapat membuat berbagai hal menjadi lebih cepat, mudah dan juga murah. Tidak ada lagi batasan dan halangan antara tempat dan juga waktu mengenai komunikasi dan juga akses informasi. 

Pengertian Disrupsi Digital

Namun dengan mudahnya persebaran informasi dapat juga membawa hal negatifnya. Karena dapat dengan mudah terjadinya penyebaran informasi yang palsu dan radikal yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini tidak hanya untuk individu saja tetapi berpotensi ke isu nasional. 

Dampak Disrupsi Digital

Dampak Disrupsi Digital

Disrupsi digital juga membawa dampak yang berbeda-beda, entah itu dampak yang positif maupun dampak yang negatif. Berikut dampak disrupsi digital: 

Dampak Positif

  1. Kemudahan akses informasi, yang menyebabkan akses informasi dapat berjalan dengan lebih cepat. 
  2. Kemajuan dalam komunikasi, adanya perkembangan dalam media sosial akan merampingkan komunikasi jarak jauh menjadi lebih cepat dan juga efisien. 
  3. Adanya akses pendidikan global, pendidikan yang disediakan karena adanya teknologi terbaru yang meluas dapat membuka akses pendidikan dunia, salah satunya dengan kursus online.  
  4. Dapat memberikan pandangan yang lebih tinggi mengenai hidup. 

Dampak Negatif

  1. Kerentanan ekonomi, apabila suatu perusahaan tidak dapat menyesuaikan dengan perubahan yang cepat, maka perusahaan tersebut dapat kehilangan perhatian dari pemasaran dengan begitu pendapatannya akan turun, dapat juga terjadi kebangkrutan.  
  2. Keamanan privasi, kemajuan teknologi justru dapat menjadi ancaman keamanan seperti serangan siber dan juga pelanggaran privasi.  
  3. Ketimpangan dan ketidaksetaraan, ketika kelompok atau individu tidak memiliki akses atau sumber daya yang cukup dalam mengikuti perkembangan teknologi, maka dapat menimbulkan kesenjangan digital dan juga kesenjangan sosial-ekonomi.  
  4. Dapat menumbuhkan sifat individualisme dan juga sikap anti sosial.  
Baca Juga:  Churn Rate Adalah: Pengertian, Cara Menghitung dan Tipsnya

Contoh Disrupsi Digital

Disrupsi digital adalah perubahan yang sangat kompleks, namun perubahannya dapat terus berjalan sedikit-demi sedikit. Berikut contoh dari disrupsi digital: 

Keuangan

Adanya dompet pada zaman sekarang tidak harus penuh, asalkan ada saldo e-wallet semuanya akan terasa aman. Pembayaran melalui offline pun kini dapat dilakukan dengan proses pembayaran digital misalnya, pembayaran lewat e-wallet atau dompet elektronik. 

Kesehatan

Disrupsi dalam bidang kesehatan dapat menggunakan fitur di smartwatch. Anda dapat melakukan pengukuran detak jantung, saturasi oksigen, hingga tingkat stres yang dialami pasien menggunakan satu perangkat tersebut. 

Pendidikan

Bentuk disrupsi digital yang terjadi di dunia pendidikan sangat terlihat ketika ada pandemi di tahun kemarin. Bentuk disrupsi digital dalam dunia pendidikan misalnya sewaktu adanya kegiatan pembelajaran secara online yang digunakan dengan menggunakan platform virtual meeting. 

Adanya Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau yang dapat disebut dengan Artificial Intelligence (AI), yakni sebuah mekanisme digital yang diciptakan agar mampu menyerupai kecerdasan manusia. Menurut informasi AI juga dapat membantu memutuskan permasalahan, serta perumusan untuk membantu manusia. 

Adanya Robotika

Adanya penemuan robotika dapat menggantikan peran manusia dalam hal pekerjaan. Kemungkinan besar berbagai macam ide mengenai robot akan terus bermunculan sesuai dengan kebutuhan di masa depan. 

Pemanfaatan Drone

Drone bermanfaat untuk membantu penelitian, mendukung sistem pertahanan dan juga menjalankan pekerjaan yang dilakukan secara manual menjadi lebih mudah dan juga efisien. 

Cara Menghadapi Disrupsi Digital

Cara Menghadapi Disrupsi Digital

Cara untuk menghadapi disrupsi digital adalah dengan cara menggunakan teknologi sesuai dengan kebutuhan. Serta selalu berhati-hati dan tidak mudah mengakses informasi pribadi ke dalam sosial media. Apalagi mengisi data diri di platform yang belum jelas kita pahami. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam menghadapi disrupsi digital: 

Menjaga Batasan

Teknologi digital pasti sangat memanjakan setiap penggunanya. Maka dari itu Anda harus tahu batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh dikaitkan dengan dunia digital. Contoh yang paling sederhana adalah menjaga privasi di media sosial. 

Inovasi Tanpa Akhir

Memiliki cara berpikir yang bereda dan juga kreativitas yang tanpa batas dapat menjadi penolong Anda dalam menghadapi perubahan peningkatan teknologi. Sehingga Anda dapat mampu membuat terobosan-terobosan baru agar bisa menyeimbangkan peningkatan teknologi. 

Baca Juga:  Video Advertising Adalah: Pengertian, Macam dan Tipsnya

Meningkatkan Kualitas SDM

Dengan pesatnya perubahan yang serba digital, bukan tidak mungkin robot akan mengganti pekerjaan manusia. Maka harus adanya perubahan kenaikan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), dengan cara didorong untuk terus belajar, serta meningkatkan pengetahuan mengenai teknologi yang terus berkembang. 

Adopsi Teknologi Digital

Adopsi teknologi digital adalah tingkat pemanfaatan internet dengan cara penggabungan alat dan sistem digital baru untuk meningkatkan proses kerja agar mencapai tujuan dengan maksimal, dengan cara mendorong inovasi, mengoptimalkan operasi dan juga meningkatkan komunikasi. 

Memperkaya Soft Skill

Soft skill adalah keterampilan non teknik yang berhubungan dengan pekerjaan. Dengan mengasah kemampuan soft skill Anda dapat selamat di era penyisihan yang berkaitan dengan perubahan zaman yang serba digital. Sehingga Anda akan lebih siap dalam menghadapi perubahan. 

Jangan Mudah Merasa Puas

Saat Anda sedang berada ditingkat perkembangan, Anda jangan langsung mudah puas dengan pencapaian Anda. Tetapi Anda harus menggunakan kesempatan tersebut untuk meningkatkan kualitas dengan terus berkembang, agar dapat mempertahankan posisi di tingkat pasaran .  

Berikut merupakan penjelasan mengenai disrupsi digital. Untuk kesimpulannya, disrupsi digital adalah setiap perubahan teknologi yang dapat dirasakan perubahannya dan juga dapat mengubah tatanan kehidupan yang berhubungan dengan teknologi. 

Apabila Anda tertarik mempelajari lebih dalam mengenai disrupsi digital, Anda bisa mengikuti kelas kursus IT online terpercaya dan terbaik hanya di Coding Studio, untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi link resmi Coding Studio. Dengan mengikuti kursus IT tersebut, Anda akan dapat terus berjalan seimbang dengan teknologi yang terus berkembang.

Related Articles