Literasi Digital Adalah: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contohnya

Literasi Digital Adalah Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contohnya

Di era yang semakin maju ini, baik komunikasi maupun informasi bisa tersampaikan dengan cepat dan mudah. Hal ini disebabkan oleh pemanfaatan teknologi yang semakin canggih seiring dengan berkembangnya waktu. Dalam hal ini dibutuhkan literasi digital untuk menggunakan teknologi, literasi digital adalah kemampuan individu dalam menggunakan teknologi maupun media digital. 

Apa Itu Literasi Digital?

Literasi digital terdiri dari dua kata yaitu literasi dan digital. Literasi sendiri memiliki definisi yaitu penguasaan keterampilan sederhana serta praktis yang dapat membawa kemampuan berpikir manusia untuk bertransformasi. Keterampilan yang dimaksud ini diperlukan untuk menghadapi ilmu pengetahuan serta teknologi yang terus berkembang seiring berjalannya waktu.  

Apa Itu Literasi Digital

Literasi digital adalah suatu konsep serta praktik yang tidak hanya menitikberatkan terhadap kecakapan penguasaan teknologi tetapi juga menekankan terhadap kecakapan pengguna media digital untuk melakukan proses mediasi pada media digital. Tidak hanya itu, literasi digital juga diharapkan bisa meminimalkan timbulnya kejahatan yang ada di dunia maya atau yang sering disebut cybercrime melalui jaringan internet.  

Komponen Literasi Digital

Dilansir dari buku yang berjudul Digital Literacies for Engagement in Emerging Online Cultures, Steve Wheeler menyebutkan bahwa literasi digital terdiri dari beberapa komponen. 

Social networking

Di era sekarang ini, hampir semua orang pasti mempunyai lebih dari satu akun media sosial. Hal inilah yang membuat banyak informasi yang diperoleh dari media sosial. Meski dari media sosial informasi yang didapat ini juga wajib diseleksi, nyatanya kebanyakan orang tidak cermat dalam menyaring informasi yang diperoleh. 

Maka dari itu dalam menggunakan media sosial diperlukan keterampilan dalam menggunakan berbagai fitur yang ada di media sosial tersebut. Hal ini menjadi pengetahuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap pengguna. 

Baca Juga:  Data Mining: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Transliteracy

Komponen selanjutnya yaitu transliteracy merupakan upaya menggunakan beberapa platform dalam membuat konten dan membagikannya. Pada komponen ini hal yang lebih diutamakan adalah kemampuan berkomunikasi contohnya di media sosial, grup diskusi maupun layanan online lainnya. 

Maintaining privacy

Privasi menjadi hal penting yang harus dilindungi termasuk dalam literasi digital. Dalam menggunakan media sosial di berbagai platform mana pun harus mengetahui tentang cyber crime. Seperti yang diketahui zaman sekarang ini kejahatan yang satu ini marak terjadi di dunia digital. 

Managing digital identity

Komponen selanjutnya berkaitan dengan bagaimana para pengguna di sebuah platform menggunakan identitas dengan tepat di media sosial mana pun yang dimiliki. 

Tujuan Literasi Digital

Adapun tujuan dari literasi digital adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran serta kecakapan teknologi digital setiap individu. Selain itu literasi digital juga bertujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan kapasitas budaya dalam pemanfaatan teknologi digital yang aman.  

Tujuan selanjutnya yaitu mendorong peningkatan kecakapan terhadap anti konten negatif seperti anti hoax, anti perundungan, anti ujaran kebencian dan konten negatif lainnya. Literasi ini juga bertujuan dalam memberikan dorongan ataupun peningkatan terhadap pengetahuan serta pemahaman dasar terhadap penggunaan teknologi digital baru contohnya IoT, AI atau big data.  

Manfaat Literasi Digital

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda tentu mengetahui bahwa literasi digital sangat dibutuhkan oleh masyarakat zaman sekarang. Pentingnya literasi digital akan dibahas di bawah ini.  

Manfaat Literasi Digital

Menghemat waktu

Upaya dalam menemukan informasi yang diperlukan supaya lebih cepat didapat yaitu dengan adanya literasi digital. Misalnya jika Anda diminta dosen atau guru untuk mencari informasi tertentu maka dengan kemampuan literasi digital ini Anda bisa mendapatkan informasi dari sumber terpercaya. Kecepatan menemukan informasi inilah yang bisa menghemat waktu Anda.  

Belajar lebih cepat

Manfaat selanjutnya Anda juga bisa belajar lebih cepat. Contohnya Anda memperoleh tugas dari guru untuk menemukan sebuah informasi ataupun definisi dari istilah asing. Anda mungkin akan kesulitan jika Anda harus mencari pada glosarium cetak.  

Baca Juga:  Penjelasan Search Encrypt dan Kelebihannya

Oleh karena itu dengan adanya platform online dan kemampuan literasi digital yang dimiliki ini Anda akan lebih cepat menemukan informasi yang dicari. Seperti yang diketahui saat ini sudah banyak platform online yang menyediakan berbagai informasi termasuk definisi dari istilah asing tersebut.  

Membuat lebih aman

Dengan adanya literasi digital juga akan membuat Anda merasa lebih aman. Pasalnya seiring dengan berkembangnya teknologi, Anda akan mendapat informasi dari berbagai sumber.  

Informasi yang didapat ini tentunya akan semakin mempermudah Anda. Contohnya saat Anda pergi ke luar negeri Anda dapat dengan mudah memperoleh informasi dari internet sehingga Anda akan merasa aman karena tidak akan tersesat.  

Cara Meningkatkan Literasi Digital

Cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan literasi digital adalah sebagai berikut. Pertama mulailah untuk berpikir positif, seperti yang diketahui berbagai informasi yang bertebaran di internet harus disaring dengan baik. Maka dari itu Anda harus berpikir kritis akan informasi yang didapat.  

Selain itu Anda juga harus menguasai finding information, keterampilan ini berkaitan dengan cara memilah informasi secara akurat dan benar. Kemampuan yang dilakukan pada keterampilan ini yaitu penguasaan komunikasi, kesadaran sosial serta pengetahuan yang dimiliki.  

Contoh Literasi Digital

Contoh Literasi Digital

Salah satu contoh penerapan literasi digital adalah meningkatkan pengamanan perangkat digital. Tujuannya yaitu supaya data yang tersimpan tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu hal ini juga bertujuan supaya terhindar dari ancaman cybercrime. 

Yuk tingkatkan literasi digital yang Anda miliki serta skill digital lainnya hanya di Coding Studio. Anda bisa memilih kelas yang Anda inginkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Articles