Social Media Engagement Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Meningkatkannya

Dewasa ini strategi pemasaran digital sudah memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek sekaligus meluaskan jangkauan bisnis. Para pebisnis harus memahami matriks yang digunakan dalam media sosial yang dipakai untuk mengukur seberapa tertarik target pasar untuk berinteraksi dengan akun media sosial bisnis. Itulah yang disebut social media engagement adalah yang menjadi kunci utama penentu keberhasilan strategi pemasaran digital. 

Pengertian Social Media Engagement

Pengertian Social Media Engagement

Sebuah bisnis yang memiliki social media engagement yang kuat bisa menjadi tolok ukur bahwa bisnis tersebut benar-benar membawa pengaruh yang kuat untuk targetnya. Hal tersebut bukan hanya akan menjadikan sebuah brand bisnis dikenal luas di masyarakat, namun juga menjadi tanda bahwa antara bisnis dengan konsumen terdapat interaksi yang baik. 

Pengertian social media engagement adalah sebuah hubungan interaktif yang terjadi antara konsumen dengan konten bisnis yang dipublish melalui platform media sosial. Untuk melihat adanya social media engagement yaitu melalui jumlah like, komen dan share yang ada di media sosial tersebut. Meski begitu, yang menjadi tolok ukur keberhasilan media sosial bisnis tersebut adalah dari adanya keterlibatan user atau followers dengan bisnis tersebut. 

Mengapa social media engagement memiliki peranan penting dalam bisnis? Hal tersebut dikarenakan dengan adanya engagement bisa membantu bisnis Anda untuk melihat seberapa efektif kinerja dari setiap konten yang dipublish melalui media sosial. Maka jika menemukan sebuah konten yang memiliki engagement rendah, itu artinya konten tersebut memerlukan perbaikan. 

Fungsi Social Media Engagement

Berikut ini adalah beberapa fungsi social media engagement yang dikelola dengan baik yaitu: 

Baca Juga:  Model Bisnis B2B: Pengertian, Contoh dan Strateginya

1. Meningkatkan kesadaran merek

Fungsi pertama dari adanya social media engagement adalah untuk membantu meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) sekaligus membuat brand tersebut semakin populer khususnya di kalangan target pasar. Dengan begitu, maka sebuah bisnis pun memiliki peluang tinggi untuk mengenalkan atau memasarkan produk dan layanan mereka ke konsumen yang lebih luas. 

2. Melibatkan pelanggan secara aktif

Jika sebuah bisnis menunjukkan respons cepat dan mau terlibat aktif untuk berdiskusi dengan pelanggan, maka akan memberikan kesan bahwa mereka peduli pada kebutuhan pelanggan. Selain itu, konsumen pun akan melihat adanya kemauan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan yang akhirnya bisa meningkatkan interaksi di antara mereka. 

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Bisa membantu untuk meningkatkan loyalitas pelanggan sekaligus mempertahankan mereka untuk tetap menggunakan produk atau layanan bisnis tersebut. Pelanggan yang memiliki loyalitas akan mempromosikan produk atau layanan sebuah bisnis yang sudah dipercayainya kepada orang lain tanpa diminta. 

4. Membangun reputasi bisnis yang lebih kuat

Social media engagement juga bisa membantu untuk membangun reputasi bisnis yang lebih kuat di tengah persaingan bisnis yang ketat. Misalnya dengan terlibat dalam percakapan yang terjadi di media sosial atau memberikan nilai tambah pada pengikut media sosial. Hal seperti itu ternyata sangat bermanfaat untuk membangun kepercayaan audiens sekaligus menjadikan bisnis Anda bisa diandalkan oleh mereka. 

5. Membantu menaikkan jumlah penjualan

Kegunaan yang terakhir dari social media engagement adalah bisa membantu menaikkan jumlah penjualan produk atau layanan bisnis. Diantaranya dengan membangun hubungan interaksi yang kuat dengan pelanggan bisnis, meningkatkan visibilitas merek bisnis maka sebuah brand bisnis bisa dengan mudah menaikkan jumlah penjualan. 

Cara Meningkatkan Social Media Engagement

Cara Meningkatkan Social Media Engagement

Setelah mengetahui apa pengertian social media engagement dan fungsinya, selanjutnya adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan engagement secara efektif. Simak langkah berikut untuk meningkatkan engagement: 

Analisis social media engagement bisnis

Cara meningkatkan social media engagement yang pertama adalah untuk melakukan analisis pada social media engagement milik perusahaan atau bisnis Anda. Dapatkan data untuk bisa mengetahui bagaimana pertumbuhan social media tersebut sekaligus mengetahui mana jenis konten yang bisa menarik engagement yang tinggi. 

Baca Juga:  Inbound Marketing Adalah: Pengertian, Strategi dan Cara Kerjanya

Pahami dan kenali target audiens

Jika ingin memperoleh engagement yang baik maka sebuah bisnis atau perusahaan harus memahami dan mengenali dengan baik siapa yang menjadi target audiensnya. Dari data tersebut, maka sebuah perusahaan atau bisnis bisa mengetahui beberapa informasi penting seperti: 

  • Jenis social media yang menarik 
  • Menentukan waktu yang strategis untuk melakukan posting konten 
  • Jenis konten yang disukai oleh mayoritas target audiens 
  • Menentukan ciri khas bisnis atau perusahaan 

Tampilkan konten yang memiliki value tinggi

Setelah mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan, selanjutnya adalah untuk membuat sebuah konten yang mempunyai value tinggi bagi audiens. Di dalam konten tersebut Anda tidak hanya bisa memasukkan info penting dari produk atau layanan bisnis saja, namun juga sebisa mungkin bisa memancing audiens untuk ikut berinteraksi aktif. Anda bisa membuat mereka melanjutkan percakapan yang dimulai atau bisa juga dengan memberikan kalimat tanya sehingga mendorong audiens untuk menjawab pertanyaan tersebut. 

Buat konten yang aktual

Amati jenis konten apa yang sedang trending di masa kini, Anda bisa membuat konten yang sedang viral tersebut untuk mendapatkan engagement yang tinggi. 

Pastikan untuk jaga komunikasi dengan baik

Menjaga agar komunikasi dengan audiens tetap terjalin dengan baik bukanlah hal yang mudah. Demikian beberapa hal penting mengenai social media engagement adalah menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah bisnis menjalin hubungan dengan audiens

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai strategi meningkatkan engagement media sosial sekaligus pemasaran digital, coba ikuti kursus IT online di Coding Studio. Tersedia berbagai kursus terkait pemasaran digital dan media sosial yang diberikan oleh mentor andal dan profesional dengan materi yang selalu up-to-date. Yuk daftar kursus di Coding Studio sekarang juga untuk meraih karier sukses!