Brand Awareness: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Brand Awareness Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, dibutuhkan adanya kesadaran merek untuk bisa meningkatkan penjualan, membuat loyalitas pelanggan meningkat serta menguatkan posisi bisnis. Brand awareness adalah sesuatu hal yang memberikan gambaran atas tingkat pengenalan konsumen pada sebuah merek, produk atau layanan bisnis. Adanya kesadaran merek menjadi penentu utama untuk melakukan penjualan produk yang tepat sasaran. 

Pengertian Brand Awareness 

Secara umum, pengertian brand awareness adalah sebuah istilah yang digunakan dalam bidang pemasaran yang berfokus pada kesadaran konsumen pada merek, produk atau layanan yang dibelinya. 

Pengertian Brand Awareness 

Apa itu brand awareness yaitu ketika konsumen bisa dengan mudah mengenali atau mengingat kembali sebuah merek, produk atau layanan tertentu bisa diketahui kesadaran merek bisnis yang terbangun dengan baik. Itu artinya, pemilik bisnis sudah berhasil membangun merek produk yang dimilikinya. 

Manfaat Brand Awareness

Manfaat brand awareness terutama untuk pemasaran bisnis sangat banyak, karena konsumen lebih memilih produk atau brand yang sudah dikenalnya. Otomatis dengan adanya brand awareness, akan menjadikan penjualan dalam bisnis mengalami peningkatan yang signifikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya dari keberadaan brand awareness adalah: 

  • Untuk membangun hubungan emosional yang lebih dekat dan lebih baik dengan pelanggan 
  • Untuk meningkatkan loyalitas konsumen pada produk atau merek tersebut sehingga mereka akan terus melakukan pembelian atau pemesanan kembali 
  • Menjadikan konsumen langsung terpikir brand atau produk bisnis saat mereka membutuhkan satu produk atau layanan 
  • Untuk membantu meningkatkan pangsa pasar bisnis dan penjualan 
  • Membantu meningkatkan brand perception menjadi lebih positif 
  • Untuk membangun brand equity 
  • Memberikan fondasi yang kuat jika brand bisnis ingin mengembangkan usaha 
  • Membantu mengenalkan produk atau layanan terbaru pada target bisnis 

Fungsi Brand Awareness

Sedangkan fungsi brand awareness yaitu untuk membantu bisnis dalam upaya memperluas pasar bisnis sekaligus untuk membuka peluang bisnis yang terbaru. Hal tersebut dikarenakan umumnya pelanggan atau konsumen yang sudah memiliki kesadaran merek sebuah bisnis cenderung lebih memilih dan mencoba produk atau layanan terbaru dari bisnis tersebut. 

Cara Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness

Cara Membangun Brand Awareness

Semakin banyak perusahaan dan bisnis yang menyadari pentingnya brand awareness membuat mereka pun berupaya untuk bisa membangun serta meningkatkan kesadaran merek dengan optimal. Diantaranya dengan menggunakan pembuatan iklan yang menarik dan mudah diingat sehingga konsumen akan menyimpan nama merek di benak mereka. Setidaknya ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk cara membangun brand awareness dengan baik dan benar yaitu: 

Baca Juga:  Customer Journey Adalah: Pengertian, Jenis dan Cara Menerapkannya

1. Ciptakan citra merek yang jelas 

Langkah yang pertama adalah untuk membuat citra merek yang terdiri dari nama, logo dan slogan produk bisnis yang mudah untuk diingat konsumen. Anda bisa membuat citra merek yang kuat dengan cara memaksimalkan tampilan visual produk yang konsisten seperti penggunaan warna, font dan logo yang sama. 

2. Kenali target bisnis 

Langkah yang berikutnya untuk membangun brand awareness adalah untuk mengetahui dan mengenali dengan lebih baik apa yang diinginkan dari target bisnis. 

3. Buat proposisi marketing yang khas 

Sangat penting untuk memastikan merek bisnis bisa menyampaikan pesan yang tepat dan bisa diterima dengan baik oleh target bisnis. 

4. Lakukan riset SEO yang baik 

Anda juga perlu untuk melakukan riset SEO dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek sekaligus memaksimalkan upaya pemasaran. Dengan begitu bisa dipastikan merek bisnis Anda akan muncul di depan target bisnis saat mereka membutuhkan produk atau layanan tersebut. 

5. Pilih dan gunakan media sosial yang tepat 

Memilih jenis media sosial yang tepat sekaligus memanfaatkannya secara maksimal bisa membantu strategi membangun brand awareness. Salah satu strategi yang tepat untuk membangun kesadaran merek adalah dengan mempromosikan hashtag merek bisnis yang hanya digunakan khusus berkaitan dengan produk atau layanan bisnis. 

Cara Meningkatkan Brand Awareness 

Setelah melakukan beberapa langkah strategis untuk membangun kesadaran merek di atas, penting untuk bisa melakukan cara meningkatkan brand awareness melalui berbagai hal sebagai berikut: 

  • Rajin mengikuti event bisnis untuk mengenalkan produk atau layanan bisnis 
  • Lakukan kerja sama dengan menjadi sponsor di sebuah acara yang sesuai dengan target bisnis 
  • Buat konten promosi produk atau layanan bisnis yang menarik 

Lalu bagaimana contoh brand awareness sebuah produk atau layanan terbangun dengan baik? Misalnya saja, ketika Anda sedang pergi ke supermarket dengan tujuan untuk membeli air mineral. Anda akan melewati deretan botol dengan berbagai merek air mineral, namun tanpa pikir panjang biasanya Anda akan langsung memilih merek air mineral yang sudah dikenal bukan? 

Baca Juga:  Clickbait: Pengertian, kelebihan dan Kekurangannya

Itulah yang disebut dengan brand awareness, yang mendorong kita untuk memilih jenis brand produk atau layanan yang sudah pernah dikenal atau digunakan. Lalu adakah sama antara brand image dengan brand awareness

Perbedaan Brand Image dan Brand Awareness

Perbedaan Brand Image dan Brand Awareness

Berikut perbedaan brand image dan brand awareness

Brand Images Brand Awareness 
Dipengaruhi oleh kualitas produk, layanan pelanggan dan strategi pemasaran Dipengaruhi oleh reputasi, visibilitas dan jangkauan pemasaran brand 
Bersifat pasif dan laten karena pandangan konsumen tidak bisa berubah yang disebabkan pemahaman sebuah brand identik dengan satu hal Bersifat aktif dan tidak laten karena pandangan konsumen bisa berubah sesuai konsep pemasaran yang digunakan 
Memiliki penanda berupa campaign dan slogan brand Memiliki penanda berupa logo, kemasan dan warna khas brand 
Durasi lebih lama karena berkaitan erat dengan citra bisnis yang dibangun  Durasi lebih pendek dan bisa berubah kapan saja karena sifatnya yang aktif 

Brand awareness adalah salah satu langkah strategi digital marketing. Anda juga bisa mempelajari ilmu seputar digital marketing dan bagaimana cara untuk melakukannya dengan ikut kursus IT online di Coding Studio. Ada banyak sekali materi dan keuntungan untuk meng-upgrade keahlian digital Anda bersama Coding Studio dipandu mentor terbaik dan berpengalaman kelas dunia. Yuk daftar sekarang juga.

Related Articles