SEO Writer Adalah: Pengertian, Tugas, Skill dan Tipsnya

SEO Writer Adalah Pengertian, Tugas, Skill dan Tipsnya

Pekerjaan menjadi SEO writer tidaklah sama dengan pekerjaan penulis seperti pada umumnya. Profesi SEO writer adalah jenis pekerjaan untuk menulis sebuah konten pemasaran bisnis yang dimaksimalkan dengan menggunakan mesin pencari. Jika konten yang dibuat menarik hal tersebut akan memberikan pengaruh untuk peringkat sebuah situs bisnis. 

Pengertian SEO Writer

Pengertian SEO Writer

SEO writer memiliki pekerjaan untuk menulis konten dengan memperhatikan gaya bahasanya, sekaligus bisa memaksimalkan penggunaan kata kunci dan struktur konten agar sesuai dengan kriteria yang ditetapkan mesin pencari. 

Apa itu SEO writer juga harus bisa memahami adanya perubahan algoritma pada mesin pencari sehingga konten yang dibuatnya selalu relevan dan bisa tetap ada di peringkat teratas untuk hasil pencarian. Selain itu, konten yang dibuatnya harus memiliki daya tarik dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan pembaca di internet. 

Tugas Profesi SEO Writer

Untuk menjadi SEO writer, Anda bisa mengikuti kursus IT online di Coding Studio dan mendapatkan bimbingan dari tutor berpengalaman. Bukan hanya belajar materi namun juga dilatih untuk membuat konten artikel yang SEO friendly secara langsung dalam proyek nyata. 

SEO writer adalah seseorang yang harus mempunyai wawasan yang luas dan kuat mengenai teknik SEO serta bisa menulis konten relevan, menarik sekaligus informatif. Tugas SEO writer yaitu: 

  • Menulis konten yang sudah dioptimasi untuk mesin pencarian kemudian memasukkan kata kunci di dalamnya  
  • Melakukan optimasi konten yang ada di website, dari mulai bagian judul halaman, meta deskripsi, subjudul, H1 dan Heading, internal link dan lain sebagainya 
  • Menulis dan mengunggah konten di dalam sebuah blog yang sudah ditentukan 
  • Melakukan riset untuk mendapatkan kata kunci yang sesuai 
  • Melakukan analisis peringkat website yang ada di mesin pencarian 
  • Beradaptasi dengan perubahan algoritma yang ada di mesin pencari 
  • Menganalisis strategi pemasaran konten yang ada di internet 
  • Melakukan kerja sama dengan tim bagian pengembangan, pemasaran dan desain sehingga bisa dipastikan konten relevan dengan kebutuhan marketing 
Baca Juga:  Churn Rate Adalah: Pengertian, Cara Menghitung dan Tipsnya

Skill Profesi SEO Writer

Setidaknya ada beberapa skill SEO writer antara lain sebagai berikut: 

Skill Profesi SEO Writer

Keahlian menulis yang baik

Bagi seorang SEO writer adalah penting untuk memiliki keahlian menulis yang baik, yaitu yang menarik, berkualitas dan informatif. Bukan hanya menggabungkan ide dan kreativitas dalam melakukan penulisan dan menerapkan strategi SEO yang efektif. Namun juga bisa membuat sebuah konten yang bukan hanya menarik sekaligus bisa memperoleh peringkat terbaik di mesin pencarian.  

Kreatif dan inovatif

Memiliki kemampuan untuk mengemas data dan informasi yang kompleks menjadi sebuah konten yang mudah dipahami dengan menggunakan bahasa sederhana namun tetap menarik. Salah satunya adalah keahlian untuk memasukkan kata kunci SEO yang diperlukan sehingga terlihat alami ketika dibaca oleh pembaca.  

Mempunyai pemahaman tentang SEO

SEO writer harus memiliki pemahaman yang baik mengenai SEO konten untuk bisa meningkatkan peringkat pada mesin pencari sekaligus mendapatkan traffic secara organic. Ada beberapa konsep penting terkait dengan SEO content yang perlu dipahami profesi SEO writer antara lain: 

  • Mengetahui cara memilih keyword yang relevan sekaligus mempunyai peluang rank tinggi 
  • Bisa menempatkan dan menggunakan kata kunci secara alami terutama di bagian judul, subjudul, konten dan meta deskripsi pada artikel 
  • Mengetahui pembuatan struktur konten yang baik untuk membantu pembaca dan mesin pencari memahami konten yang dibuat 
  • Bisa menggunakan tautan eksternal dan internal di dalam artikel konten 
  • Memahami bagaimana mesin pencari menilai sebuah konten sehingga bisa membuat sebuah konten yang berkualitas sesuai kriteria search engine 
  • Mengetahui topik dan trend terkini sehingga bisa membuat konten artikel yang lebih actual dan banyak dicari pengguna internet 
  • Memiliki pemahaman bahwa traffic organic merupakan jenis traffic yang berasal dari pencarian pengguna internet secara alami 

Riset mendalam dan menyeluruh

Menjadi SEO writer juga harus mampu untuk melakukan riset yang mendalam serta menyeluruh mengenai semua topik yang beragam. Tujuannya adalah agar bisa menghasilkan konten yang berbasis fakta, actual dan terkini.  

Keahlian kerja sama

SEO writer juga harus bisa bekerja sama dengan anggota tim lainnya untuk bisa membuat sebuah konten artikel yang berhasil dalam strategi pemasaran digital. Seperti keahlian untuk berkomunikasi efektif, presentasi, bekerja dalam tim, memahami peran lain, mudah beradaptasi dan berbagai keahlian lainnya.  

Baca Juga:  Reliability: Pengertian, Jenis dan Cara Meningkatkannya

Bisa memanfaatkan teknologi secara optimal

SEO writer juga harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk membantu memaksimalkan kinerja sebuah konten. Beberapa platform manajemen konten yang bisa digunakan seperti Drupal, Joomla, WordPress dan lainnya. Tersedia juga alat analisis SEO meliputi Google Search Console, Google Analytics, SEMrush, Ubersuggest dan lainnya.  

Keahlian Analitis

Dan keahlian yang terakhir SEO writer adalah untuk memiliki keahlian analitis yang kuat sehingga bisa mengukur serta mengoptimalkan kinerja konten yang dibuat.  

Tips Menjadi Seorang SEO Writer

Tips Menjadi Seorang SEO Writer

Jika Anda ingin menjadi SEO writer yang andal, bisa mencoba beberapa tips menjadi SEO writer berikut ini: 

  • Mulai dengan melakukan riset keyword 
  • Gunakanlah judul yang sesuai dengan kebutuhan konten artikel 
  • Maksimalkan konten dengan menggunakan kalimat pembuka yang menarik dan memunculkan rasa penasaran pembaca 
  • Buatlah konten artikel untuk dibaca manusia bukan mesin pencari 
  • Maksimalkan pembuatan judul artikel semenarik mungkin 
  • Selipkan kata kunci pada meta deskripsi artikel 
  • Tambahkan teks alternatif pada gambar yang disematkan 
  • Tautkan artikel konten ke postingan lain yang ada di situs Anda 
  • Lakukan kompresi pada gambar untuk mendapatkan pemuatan halaman yang lebih cepat 

SEO writer adalah jenis profesi yang saat ini sedang banyak dibutuhkan perusahaan. Jika Anda suka menulis dan ingin mencoba profesi tersebut maka bisa mencoba ikut kursus IT online di Coding Studio. 

Dapatkan bimbingan menyeluruh dari membuat konten SEO yang bagus dan menarik hingga banyak tips bermanfaat dari mentor andal serta berpengalaman di bidangnya. Langsung daftar kursus di Coding Studio sekarang juga!

Related Articles