Shadowban Adalah: Pengertian dan Cara Mudah Mengatasinya

Bagi Anda yang aktif melakukan pemasaran di media sosial mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata shadowban, shadowban adalah sebuah ancaman bagi dunia marketing yang harus dihindari agar proses marketing Anda bisa terus berjalan dengan baik.

Jika sebuah akun media sosial terkena shadowban maka brand yang Anda punya akan sulit untuk muncul pada timeline mereka yang menjadi target dari brand Anda, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal yang dapat membuat  akun media sosial Anda mengalami shadowban serta cara mengatasinya. Sebelumnya simak dahulu apa itu shadowban.

Apa Itu Shadowban

Shadowban adalah sebuah upaya pembatasan pada konten pengguna yang terjadi begitu saja tanpa pengguna sadari dan dilakukan oleh salah satu media sosial. Dapat diartikan bahwa setiap konten yang di upload oleh pengguna tidak dapat dimunculkan pada timeline pengguna lain, sehingga hanya bisa dilihat oleh pengguna itu sendiri.

Apa Itu Shadowban

Yang menjadi penyebab umum akun media sosial bisa terkena shadowban adalah karena adanya penyalahgunaan kebijakan yang ada pada media sosial tersebut, misalnya saja adanya pelanggaran pada pedoman komunitas dan juga aturan penggunaan.

Sistem kerja dari algoritma media sosial yaitu akan melakukan pembatasan visibilitas pada sebuah akun yang dicurigai melakukan spam dengan cara memposting konten yang banyak dalam satu waktu yang sama.

Cara Cek Shadowban

Cara Cek Shadowban

Dengan adanya pembatasan pada akun media sosial maka dapat membatasi dari akun-akun yang melakukan pelanggaran dalam aturan atau kebijakan, selain itu juga untuk menyaring konten seperti spam dan juga konten yang tidak relevan.

Baca Juga:  Customer Experience: Pengertian, Ciri-ciri, Tugas dan Cara Meningkatkannya

Disisi lain shadowban juga dapat menjadi ancaman yang serius bagi para pemilik bisnis yang menggunakan marketing sosial media, semua usaha dan waktu bahkan strategi yang diharapkan dapat masuk sesuai dengan target pasar akan sia-sia jika terkena shadowban. Anda dapat menggunakan cara cek shadowban pada akun media sosial agar strategi promosi dapat berjalan dengan baik :

1. Mencari Nama Akun pada Kolom Pencarian

Untuk mengetahui apakah akun media sosial Anda aman dari ancaman shadowban, Anda bisa melakukan pencarian akun Anda pada platform media sosial yang Anda gunakan, jika mengalami pembatasan maka profil Anda tidak akan muncul.

2. Melakukan Pengamatan pada Engagement

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan pengamatan pada engagement akun Anda, perhatikan pada jumlah like, komentar, ataupun share jika mengalami penurunan secara tiba-tiba maka akun Anda mungkin terkena pembatasan bayangan.

3. Melakukan Pencarian Hashtag

Salah satu elemen penting yang harus ada pada strategi marketing adalah adanya tagar atau hashtag pada konten Anda, cara memeriksa apakah akun Anda terkena shadowban atau tidak adalah dengan cara melakukan pencarian hashtag menggunakan akun yang tidak ada pada daftar followers Anda atau bisa juga dengan membuat akun baru.

Setelah itu posting konten terbaru yang berisi hashtag yang biasa Anda gunakan, lalu gunakan akun lain tadi untuk mengeklik hashtag satu per satu untuk memastikan apakah postingan baru Anda muncul pada kolom recents. Jika postingan Anda berada pada halaman tersebut, maka itu menandakan bahwa akun Anda tidak terkena shadowban.

Namun sebaliknya jika postingan Anda tidak muncul pada halaman tersebut, maka hashtag yang Anda buat sudah disalah gunakan oleh pengguna lain sehingga konten Anda disembunyikan.

4. Menggunakan Fitur Account Status

Bagi pengguna Instagram ada cara yang dapat dilakukan untuk mengecek apakah akun Anda terkena shadowban atau tidak yaitu dengan menggunakan fitur Account Status. Jika Anda mengatur akun Instagram Anda menjadi tipe profesional, maka konten yang melanggar aturan bisa Anda lihat.

Baca Juga:  FTP Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Kerja

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek shadowban Instagram yaitu dengan mengeklik Menu, lalu klik Setting and Privacy. Klik Account pada halaman berikutnya, lalu klik Account Status agar dapat mengetahui tentang akun Anda terkena shadowban atau justru aman dari shadowban. Selain itu, Anda juga bisa melihat penyebab dari terjadinya pembatasan akun serta langkah yang dilakukan untuk memperbaiki Instagram yang terkena shadowban. 

Cara Mengatasi Shadowban

Durasi dari akun yang terkena shadowban berbeda-beda tergantung pada media sosial yang digunakan, durasinya bisa selama berhari-hari sampai berminggu-minggu. Berikut beberapa cara mengatasi shadowban dengan cepat:

Cara Mengatasi Shadowban

1. Menghindari Penggunaan Tool Automasi

Sebaiknya Anda menghindari penggunaan bot ataupun layanan otomatis pada akun media sosial Anda, jika Anda menggunakan Instagram maka cara untuk menghapus tools automasi adalah dengan mengeklik Settings and Privacy, lalu klik Apss and Websites. Jika akun bot tersebut berada pada tab Active, maka Anda bisa menghapus sepenuhnya dengan mengeklik tombol Remove.

Sedangkan bagi pengguna Twitter, cara untuk menghapus tools automasi adalah dengan cara membuka Settings and Privacy, kemudian klik Security and Account Access, lalu klik Apps and Sessions, lalu pilih menu Connected Apps dan klik Remove untuk menghapus tools pihak ketiga.

2. Menghapus Hashtag yang tidak Relevan

Dengan adanya hashtag dalam setiap postingan konten Anda maka akan mempermudah konten Anda ditemukan oleh non followers, namun harus tetap memperhatikan bahwa hashtag yang Anda gunakan adalah bukan hashtag yang dilarang. Media sosial yang terkena shadowban adalah jika menggunakan hashtag yang tidak sesuai secara berulang-ulang.

3. Menghapus Konten yang Melanggar Hak Cipta

Pastikan Anda tidak mengupload postingan yang melanggar hak cipta ataupun pedoman komunitas, jika mendapat pemberitahuan tentang pelanggaran hak cipta, maka segera lakukan penghapusan pada postingan tersebut.

4. Laporan ke Customer Support

Jika postingan Anda masih saja tidak muncul pada timeline pengguna lain, maka laporkan masalah tersebut kepada customer support yang akan membantu Anda mengatasi permasalahan tersebut.

Baca Juga:  Pitch Deck: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

Tips Mencegah Terkena Shadowban

  • Mematuhi Pedoman Penggunaan, pedoman pengguna yang terdapat pada setiap platform media sosial harus Anda patuhi, hindari untuk memposting hal-hal yang bisa melanggar hak cipta atau konten-konten sensitif lainnya agar media sosial Anda terhindar dari shadowban.
  • Hindari Menggunakan Hashtag yang tidak sesuai, agar postingan Anda dapat terlihat oleh target maka gunakanlah 5-6 hashtag yang memang relevan dengan konten yang Anda buat sehingga dapat menghindari terkenanya shadowban.
  • Jangan Spam, tips selanjutnya agar akun terhindar dari shadowban adalah dengan tidak menggunakan template untuk menjawab setiap komentar agar tidak terdeteksi sebagai spam.
  • Dapatkan Interaksi secara organik, mendapatkan interaksi secara organik dapat menghindarkan akun Anda dari shadowban. Sebaliknya jika Anda melakukan pembelian hanya untuk sebuah like, komentar, ataupun followers justru dapat melanggar kebijakan platform sehingga akhirnya akun media sosial yang Anda gunakan akan terkena shadowban.

Jika Anda menggunakan media sosial untuk berbisnis maka hindari hal-hal yang dapat menyebabkan shadowban, yang menjadi penyebab terjadinya shadowban adalah dengan melakukan tindakan spam dan juga melakukan pembelian jumlah likes dan followers. Untuk menghindari terjadinya shadowban Anda bisa mengikuti Kursus Digital Marketing di Coding Studio.