Content Pillar Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Content Pillar Adalah Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Untuk Anda yang sedang mengelola akun media sosial maupun website bisnis untuk perusahaan, sangat penting untuk memiliki perencanaan konten yang matang. Content pillar adalah pedoman untuk membuat konten yang relevan dengan branding perusahaan dan pastinya sesuai dengan target audiens. Lalu apa manfaat dari apa itu pillar content dan bagaimana cara membuat content pillar yang benar? 

Pengertian Content Pillar

Hal penting yang perlu dilakukan sebelum menerapkan content pillar yaitu untuk memahami pengertian dan manfaatnya. Hal tersebut akan sangat membantu dalam proses pembuatan content pillar yang bagus sehingga bisa digunakan sesuai tujuannya. Content pillar adalah sebuah halaman atau pedoman khusus yang di dalamnya membuat semua informasi penting dari strategi konten.  

Pengertian Content Pillar

Adapun tujuan dari penggunaan content pillar yaitu untuk menyediakan informasi yang menyeluruh sehingga pembaca bisa mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan. Sehingga bisa disimpulkan pengertian content pillar secara umum adalah bagian penting dalam strategi marketing konten yang terdiri dari kategori, cluster hingga tema yang digunakan sebagai acuan untuk membuat konten. 

Manfaat Content Pillar

Meskipun terlihat remeh, namun manfaat yang dimiliki dari adanya content pillar yang digunakan dalam strategi content marketing diantaranya adalah: 

1. Membangun otoritas bisnis

Content pillar yang dibuat dengan berfokus pada tema atau topik yang relevan serta bermanfaat bagi audiens bisa membantu membangun otoritas bisnis. Audiens diketahui lebih cenderung memiliki kepercayaan pada Anda yang menjadi sumber informasi yang berharga. 

2. Memudahkan pembuatan konten yang berkualitas

Adanya content pillar bermanfaat untuk menjadikan perencanaan pembuatan konten lebih tertata. Anda hanya perlu merumuskan konten turunan dari content pillar yang ada. 

Baca Juga:  Topologi Ring Adalah: Definisi, Fungsi, Karakteristik, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangan

3. Menjaga konsistensi branding

Keberadaan content pillar adalah untuk membantu memastikan pesan yang disampaikan dalam konten selalu mencerminkan nilai serta visi bisnis. Hal tersebut sangat membantu komunikasi dengan audiens terjalin dengan baik sekaligus menjaga konsistensi citra merek bisnis. 

4. Manajemen sumber daya dan waktu

Dengan pembuatan content pillar yang optimal, maka Anda bisa mengelola penggunaan sumber daya dan waktu dengan lebih efektif serta efisien. Kegunaannya adalah bisa mengetahui jenis konten yang harus dibuat, waktu yang tepat untuk mempostingnya dan bagaimana cara mendistribusikannya. 

5. Membuat konten yang relevan dengan audiens

Dengan keberadaan content pillar maka Anda akan selalu memiliki panduan bahwa membuat konten harus didasarkan pada kebutuhan serta karakter audiens. Hal tersebut berfungsi untuk menjaga brand bisnis untuk tetap relevan dengan audiens sehingga tak menyimpang dari tujuan awal. 

Cara Membuat Content Pillar

Cara Membuat Content Pillar

Setelah mengetahui pengertian dari content pillar dan manfaatnya, penting untuk memahami bagaimana cara membuat content pillar. Berikut langkah membuat content pillar adalah: 

  1. Pahami audiens bisnis dengan melakukan riset pasar dengan tujuan agar audiens bisnis menjadi pelanggan yang loyal dari bisnis 
  2. Pahami kompetitor dengan cara melakukan riset pesaing bisnis untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor serta bisa merencanakan konten ke dalam content pillar yang lebih tepat sasaran 
  3. Lakukan riset kata kunci, misalnya harus memasukkan long tail keyword agar traffic situs lebih maksimal 
  4. Tentukan dan susun konten yang tepat untuk dibuat pada media sosial maupun website bisnis, diantaranya dengan melihat trend yang terbaru, menentukan topik konten yang sesuai dengan niche bisnis, tambahkan hashtag hingga membuat konten yang melibatkan sound yang sedang trend 
  5. Pilih subtopik untuk membantu audiens bisnis memperoleh jawaban yang mereka butuhkan 
  6. Buat review untuk mengetahui apakah konten tersebut bermanfaat atau tidak untuk audiens bisnis, jika perlu tambahkan keterangan riset atau referensi untuk membuat konten yang terpercaya 

Tips Membuat Content Pillar

Agar bisa membuat sebuah content pillar yang berkualitas, Anda bisa menerapkan beberapa tips dalam membuat content pillar berikut ini: 

  • Lihat konten yang dibuat oleh pesaing bisnis untuk melihat kelebihan yang mereka miliki 
  • Usahakan untuk bisa mengubah konten secara berkala agar tak monoton dan audiens tak mudah bosan 
  • Lakukan evaluasi seberapa efektif konten Anda bekerja, apakah sudah berhasil mencapai tujuannya atau tidak 
Contoh Content Pillar

Contoh Content Pillar

Berikut ini adalah contoh content pillar yang banyak terdapat di internet: 

Baca Juga:  Pascal: Pengertian, Fitur, Tipe, Kelebihan dan Kekurangannya

Tips Perawatan Kecantikan

  • Deskripsi: Pillar ini berfokus pada perawatan kecantikan kulit wajah dan tubuh yang tepat, cara melakukannya dan bagaimana menjaga kesehatan kulit dengan benar 
  • Jenis konten: Artikel yang berisi panduan perawatan kecantikan, video tutorial merawat kecantikan wajah dan infografis mengenai trend perawatan kecantikan 
  • Tujuan: Memberikan informasi yang bermanfaat pada audiens mengenai perawatan kecantikan kulit wajah dan tubuh serta peluang untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan 

Kesimpulannya adalah content pillar dipahami sebagai sebuah hal penting yang dilakukan dengan tujuan agar strategi pembuatan konten bisa relevan dan konsisten dengan target audiens bisnis. Dengan begitu, bisnis Anda pun akan memiliki identitas bisnis yang menarik, unik sekaligus mudah dikenali oleh audiens yang pada akhirnya bisa membantu meningkatkan kredibilitas bisnis dengan baik. 

Itu tadi penjelasan singkat mengenai content pillar adalah salah satu hal penting yang wajib ada di dunia konten marketing. Anda bisa belajar membuat content pillar yang berkualitas dengan mengikuti kursus IT online di Coding Studio. 

Pelajari cara dan tips lengkapnya bersama para mentor berpengalaman dan profesional di bidang strategi pemasaran digital untuk membantumu membuat content pillar yang benar dan berkualitas. Temukan info lengkap kelas yang Anda butuhkan bersama Coding Studio.

Related Articles