Topic Cluster: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Topic Cluster Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Strategi topic cluster adalah langkah penting untuk membantu membuat dan mengembangkan website yang berkualitas di masa sekarang. Bukan hanya menerapkan keyword saja untuk bisa meningkatkan SEO pada website, akan tetapi sangat perlu mempergunakan topic cluster ini. Berikut ini kami akan berikan penjelasan mengenai topic cluster sampai kepada manfaatnya untuk website yang kalian bangun.

Pengertian Topic Cluster

Topic cluster merupakan sebuah strategi untuk mengatur topik konten yang ada pada website supaya tidak terlalu melebar dan saling terhubung. Jadi nanti akan ada pengelompokan konten berdasarkan topik utama dan sub topik yang masih berhubungan satu sama lainnya. Strategi ini juga bisa membantu bagian digital marketing dalam membuat konten baru, karena topiknya sudah lebih terarah.

Pengertian Topic Cluster

Tujuan dari strategi ini tidak lain adalah untuk memudahkan mesin pencari menemukan situs dan membuat pengunjung lebih tertarik. Dibandingkan mengandalkan keyword memang penggunaan topic cluster ini sendiri menunjukkan kualitas website dalam memberikan informasi. Jadi melihat apa itu topic cluster maka pembahasan suatu topik pada website kalian akan bisa lebih mendalam dan informasinya akan lebih komprehensif.

Komponen Utama Topic Cluster

Ada 3 komponen utama dalam topic cluster ini sendiri yang harus dipahami dengan baik, berikut ini penjelasannya.

1. Pillar Content

Pillar Content adalah topik utama yang mana topiknya itu masih umum dan penjelasannya biasanya terperinci dan komprehensif mengenai topik. Konten dari topik utama ini harus cukup mampu menjelaskan topik dengan baik dengan struktur yang tentunya memberikan kenyamanan pada pembaca.

2. Cluster Konten

Cluster konten dalam topic cluster adalah artikel pendukung dengan sub topik yang masih berhubungan dengan topik utama. Biasanya topiknya lebih khusus dengan jangkauan pembahasan yang tidak terlalu luas namun masih berhubungan dengan topik utama. Sebagai contoh topic cluster misalnya topik utama cara memaksimalkan digital marketing dan untuk cluster konten pembahasannya lebih fokus pada sosial media.

Baca Juga:  Customer Lifetime Value Adalah: Pengertian, Kegunaan dan Cara Meningkatkannya

3. Hyperlink

Hyperlink adalah komponen utama yang akan membentuk topic cluster pada website yang kalian buat dan kalian bangun. Menambahkan tautan internal pada kluster konten ke halaman pilar akan membantu mesin pencari dan pengunjung adanya kaitan antar konten pada website. Hal inilah yang menjadi bukti kredibilitas website kalian dalam membahas topik yang dipilih tersebut.

Alasan Topic Cluster Penting untuk SEO

Alasan Topic Cluster Penting untuk SEO

Banyak orang yang bertanya apa pentingnya topic cluster untuk SEO, padahal jelas peranannya sangat penting terutama di masa sekarang. Perkembangan perilaku manusia membuat topic cluster menjadi strategi penting dalam membangun website di masa sekarang ini. Berikut ini beberapa alasan pentingnya menerapkan topic cluster.

1. Membantu Memudahkan Mesin Pencari Menemukan Website

Algoritma dari mesin pencari Google saat ini memang sudah mengalami perubahan dengan berkembangnya pola perilaku manusia di internet. Topic cluster adalah cara paling efektif saat ini untuk membantu mesin pencari Google melakukan indexing pada website kita. Ini karena topic cluster akan membuat website kalian pembahasan lebih komprehensif dan membuat Google tidak ragu menampilkan website kalian di halaman pertama.

2. Nilai Website pada Mesin Pencari Akan Meningkat

Perilaku manusia di internet sekarang lebih membutuhkan informasi yang lengkap dan mudah dipahami, jadi Google pun menggunakan sistem nilai. Website dengan topic cluster akan mendapatkan nilai yang tinggi karena Google akan menilai website memiliki keahlian dalam topik tersebut. Nilai website yang tinggi jelas akan mempengaruhi hasil pencarian website kita dengan topik yang bersangkutan.

3. Organic Traffic Akan Meningkat Drastis

Pada hubungannya dengan SEO tentu saja organic traffic ini menjadi salah satu tujuan untuk bisa mengembangkan website. Bila menggunakan topic cluster maka website akan terlihat lebih rapi dan tentu saja memiliki informasi yang mendalam dan lengkap sesuai topic. Hal ini akan membuat pengunjung pun akhirnya tertarik untuk membaca dan mengunjungi website serta akan betah untuk berlama-lama di website.

Hal ini sudah pasti akan meningkatkan traffic secara organik dan pada akhirnya akan mempengaruhi hasil pada mesin pencari Google juga. Jadi selain memudahkan untuk dicari topic cluster adalah strategi untuk membuat pengunjung nyaman dan puas akan informasi yang disediakan.

Manfaat Topic Cluster

Manfaat Topic Cluster

Bila berbicara mengenai membangun website, maka topic cluster di masa sekarang memegang peranan yang sangat penting dan banyak manfaatnya. Berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja sih manfaat topic cluster yang bisa didapatkan.

Baca Juga:  Value Proposition Adalah: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Contohnya

1. Strategi topic cluster akan sangat membantu proses pengorganisasian dan juga perencanaan konten yang akan dimasukkan dalam website. Pembuatan konten baru akan lebih mudah dilakukan dan sudah pasti akan berhubungan dengan topik utama yang sudah ditentukan.

2. Konten yang ada pada website akan bisa memenuhi kebutuhan informasi dari para pengunjung mengenai satu topik tertentu. Ini karena topik utama sampai sub topik yang lebih khusus tersedia, sehingga pengunjung bisa mendapatkan informasi yang lengkap.

3. Website menjadi SEO friendly karena pembahasan topik benar-benar komprehensif dan tentunya bisa diandalkan. Hal ini akan membuat Google akan meletakkan website kalian pada halaman pertama pencarian.

Pemahaman dan pembelajaran topic cluster adalah kunci penting untuk bisa memanfaatkannya dalam membangun sebuah website. Coding Studio adalah pilihan bagi kalian yang ingin mempelajari beragam ilmu seputar teknologi termasuk topic cluster ini. Materi yang diberikan lengkap dengan mentor yang berpengalaman untuk membantu kalian memahami dan bisa menguasai topic cluster dengan baik.

Related Articles