User Flow: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Cara Membuatnya

User flow adalah sebuah alat yang membantu perusahaan mengetahui bagaimana produk itu akan bisa digunakan oleh pengguna. Manfaatnya memang sangat terasa dalam pembuatan sampai dengan pembuatan produk secara spesifik pada produk digital seperti website atau aplikasi. Jadi penting bagi desainer produk digital untuk memahami user flow, simak penjelasannya berikut ini. 

Pengertian User Flow

Bila ingin menjalani karier di desainer produk digital, maka perlu memahami dulu apa itu user flow dan juga bagaimana cara membuatnya. User flow merupakan alur diagram yang akan menunjukkan berbagai aktivitas di dalam produk digital dari awal hingga akhir. Pada diagram ini tidak hanya menunjukkan alur aktivitas yang terlihat saja, akan tetapi juga berbagai proses logika di balik layarnya. 

Pengertian User Flow

Membuat user flow yang tepat dengan dasar preferensi pengguna, maka desainer produk akan tahu pengalaman pengguna saat beraktivitas dalam produk. Dalam pembuatan produk maupun pengembangan produk memang user flow ini menjadi salah satu dasar yang utama untuk mendapat kenyamanan pelanggan. 

Manfaat Menggunakan User Flow

User flow memang menjadi poin penting dalam desain produk digital, karena memang memiliki manfaat yang cukup besar. Berikut ini beberapa manfaat user flow. 

  1. Meningkatkan Pengalaman Pengguna 

Pengalaman pengguna bisa berkembang dengan pesat apabila menggunakan data user flow dari produk digital yang diproduksi. Kita jadi tahu apa yang menjadi kendala pada alur serta harapan yang diinginkan pengguna pada saat mempergunakan produk digital tersebut. Jadi user flow adalah dasar dalam pengembangan produk dan sudah pasti pengalaman pengguna akan menjadi lebih baik.  

  1. Meningkatkan Konversi 

Adanya user flow juga membantu peningkatan konversi dari produk digital terhadap produk fisik yang mungkin dijual pada produk digital. Beberapa fitur untuk pembelian bisa diletakkan dengan baik dan juga lengkap, sehingga memudahkan proses pembelian. Kemudahan tersebut akan mampu meningkatkan konversi ke pembelian produk fisik yang tersedia pada produk digital. 

  1. Mengembangkan Produk Digital 
Baca Juga:  Apa Itu Kol Marketing? Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Produk digital juga bisa dikembangkan dengan baik ketika kita memiliki data user flow, karena kita jadi tahu apa saja kekurangannya. Dari alur user flow ini akan membantu kita mengidentifikasi masalah dan kendala yang sudah pasti menjadi acuan dalam mengembangkan produk. Pengembangan produk pun bisa disesuaikan dengan pengguna, sehingga bukan hanya semakin baik namun lebih mudah digunakan. 

Jenis dari User Flow

Jenis user flow sendiri ada 3 bila didasarkan pada kompleksitas dan juga komponen yang ada di dalam user flow tersebut. Berikut ini penjelasan beberapa jenisnya. 

Jenis dari User Flow
  1. Task Flow 

Jenis user flow ini memang yang paling sederhana, di mana hanya menggambarkan pekerjaan dengan satu tujuan pada produk digital. 

  1. Wire Flow 

Wire flow ini merupakan kombinasi antara diagram dengan Wireframe yang tentunya akan memberi tampilan yang lebih nyata. Jenis ini memang lebih kompleks akan tetapi bisa memberikan gambaran yang lebih jelas dan lebih detail dari aktivitas dalam produk digital. 

  1. User Flow 

User Flow adalah jenis flow yang paling kompleks dengan berbagai macam tujuan dari aktivitas yang tersedia di produk digital. Jadi diagramnya jauh lebih kompleks dengan menampilkan beragam fitur yang tersedia pada produk digital. 

Komponen dalam User Flow

Untuk bisa membuat user flow sendiri perlu mengetahui dengan baik komponen user flow supaya bisa digunakan dengan baik. Berikut ini kami akan berikan penjelasannya. 

  1. Tujuan 

Tujuan menjadi komponen yang paling utama, karena tujuan itu adalah garis akhir dari setiap aktivitas yang dilakukan pada produk digital. 

  1. Diagram 

Diagram yang menunjukkan alur dari awal sampai akhir jelas sangat penting dan yang terutama bila kita berbicara user flow. Alurnya akan terlihat dengan baik dan kita bisa mengidentifikasi dengan baik kendalanya saat sudah ada diagram alur ini. 

  1. Gambar Tampilan 

Gambar tampilan pada produk digital itu penting supaya bisa mendapatkan gambaran dari desain produk apakah sudah cukup efektif atau belum. Ini akan menunjukkan user flow dengan lebih jelas untuk mendapatkan data yang lebih detail mengenai kelebihan dan kelemahan produk digital. 

Baca Juga:  Remarketing: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Strateginya

User Flow adalah alur yang bisa menjelaskan proses penggunaan produk digital untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan pengguna. 

Cara Tepat Membuat User Flow

Pembuatan user flow sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, selama setiap komponen sudah dipersiapkan dengan baik. Berikut ini kami akan jelaskan cara membuat user flow. 

  1. Menentukan Tujuan 

Pertama jelas harus menentukan tujuan dari penggunaan produk terlebih dahulu yang mungkin bisa lebih dari satu tujuan. 

  1. Mengidentifikasi Pengguna 

Mengidentifikasi pengguna perlu dilakukan mulai dari karakteristik, pola perilaku dan lain sebagainya yang sebelumnya sudah ditentukan. 

  1. Membuat Diagram Alur 

Buatlah diagram alur sesuai dengan produk digital yang sudah dibuat mulai dari awal pembukaan produk digital sampai mencapai tujuan. 

  1. Menguji User Flow 

Melakukan pengujian diagram yang kemudian kita bisa mengidentifikasi kemungkinan adanya masalah atau kendala dengan dasar karakteristik pengguna. 

Perbedaan User Flow dengan User Journey

Perbedaan User Flow dengan User Journey

User flow dengan user journey terlihat sama akan tetapi memiliki perbedaan lho. Perbedaan user journey dengan user flow itu user journey merupakan interaksi pengguna dengan produk secara luas. Sementara user flow merupakan interaksi pengguna di dalam produk itu saja. 

Pembuatan user flow adalah hal penting untuk membantu pembuatan atau pengembangan produk digital dari perusahaan. Bila ingin membuatnya perlu mempelajarinya dulu dan Coding Studio adalah tempat yang tepat untuk mempelajari user flow.