User Interface Design vs User Experience, Apa Pentingnya?

Dunia bisnis memang menakjubkan, kita dituntun untuk selalu bisa dan belajar untuk dapat mengembangkan bisnis, terutama saat ini merupakan zaman dimana segala sesuatunya selalu dalam bentuk digital. Salah satu upaya yang bisa dilakukan orang berbisnis saat ini agar selalu dekat dengan pelanggan ialah menyediakan layanan yang berbasis aplikasi.

user interface design

Berbicara tentang aplikasi yang digunakan dalam dunia bisnis maka tidak akan jauh dari UX dan User Interface Design. Apa itu UI dan UX design? Mari kita bahas secara detail.

Pengertian User Experience dan User Interface Design

UX merupakan singkatan dari User Experience yang merupakan sebuah proses dimana pengguna dari aplikasi ataupun website bisa melakukan interaksi interface secara mudah dan juga nyaman. Sedangkan UI ialah singkatan dari User Interface, dimana User Interface design ialah tampilan atau antarmuka dari sebuah aplikasi yang disediakan oleh perusahaan, UI akan lebih mengarah pada visual atau tampilan dari sebuah aplikasi atau bisa juga tampilan dari sebuah website.

Keduanya memiliki definisi yang berbeda akan tetapi memiliki tujuan dan fungsi yang sama atau bisa dikatakan memiliki jalur yang sama. Kedua hal ini dapat menciptakan suatu pengalaman terbaik saat menggunakan aplikasi. Setelah mengetahui pengertiannya tentu kita jadi bisa mengetahui betapa pentingnya UI dan UX design dalam perusahaan agar dapat menampilkan visual yang unik dan menarik.

Pentingnya User Experience dan User Interface Design dalam Dunia Bisnis

user interface design

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa UX dan User Interface Design memiliki peran yang sangat penting untuk mempercantik sebuah tampilan aplikasi ataupun website dari perusahaan. Selain itu masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan, seperti:

  1. Mendukung branding suatu produk dan jasa

Manfaat pertama ialah dapat mendukung branding suatu produk dan jasa. Hal ini dikarenakan aplikasi perusahaan yang memiliki tampilan menarik akan memberi kemudahan bagi para pengguna untuk menggunakannya, maka secara tidak langsung menggunakan dari UX dan User Interface design yang tepat akan mendukung juga proses branding produk atau jasa pada bisnis kita.

  1. Dapat menarik minat dari pelanggan
Baca Juga:  Apa Itu Performance Marketing? Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Cara Kerjanya

Manfaat selanjutnya ialah dapat menarik dari minat para pelanggan. Hal ini tentunya berkaitan dengan aplikasi yang menarik serta memberikan kenyamanan pada saat digunakan akan membuat para pelanggan menyukai nya, sehingga para pelanggan akan tertarik untuk mendownload dan menggunakan aplikasi tersebut karena kenyamanan dari pelanggan dalam menggunakan aplikasi tersebut dan sudah memiliki loyalitas yang cukup tinggi.

  1. Meningkatkan jumlah pelanggan

Selain mendukung branding dan menarik perhatian, manfaat lainnya yang bisa kita rasakan ialah dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Berbekal sebuah desain menarik dan nyaman digunakan serta ulasan dari para pengguna dapat menarik pelanggan baru. Hal ini akan terus berjalan sehingga dapat meningkatkan jumlah dari pelanggan.

Meningkatnya jumlah pelanggan maka layanan yang diberikan juga harus lebih memadai, oleh karena itu kita harus sering melakukan upgrade diri agar tidak tertinggal dengan yang lainnya, sehingga kita akan terus eksis walaupun banyaknya aplikasi baru yang menggiurkan.

  1. Memberikan pengalaman dan pelayanan terbaik bagi pelanggan

Memberikan pengalaman dan pelayanan yang terbaik pelanggan sangat perlu kita lakukan salah satunya ialah dengan menggunakan desain dari UI dan UX dengan baik dan tepat sehingga menghasilkan aplikasi perusahaan yang menarik dan juga nyaman.

Pengalaman terbaik akan membuahkan hasil terbaik, jika seorang pengguna sudah merasakan kenyamanan dan manfaat dari aplikasi tersebut pasti akan memberikan tanggapan yang baik, bisa dengan memberikan ulasan positif yang akan meningkatkan kualitas dan performa dari aplikasi tersebut.

  1. Mendukung kemudahan penggunaan aplikasi

Selain itu, penggunaan desain dari UI dan UX merupakan kombinasi kompleks yang hebat, dimana dapat memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi ataupun website dengan nyaman. Selain itu, desain yang maksimal akan membantu menjaga suatu kepercayaan dan juga loyalitas dari pelanggan.

Semakin banyak pengguna yang menyadari kenyamanan dan kemudahan mengakses aplikasi tersebut maka akan semakin banyak juga yang akan memberikan ulasan positif yang akan direkomendasikan melalui orang-orang terdekat, sehingga jumlah pengguna aplikasi akan terus meningkat setiap waktu.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kualitas akan mengalahkan kuantitas, dimana aplikasi dengan kualitas terbaik lama-kelamaan akan naik level sendiri karena kenyamanan, kemudahan, serta kualitas yang diberikan aplikasi bisa menggeser aplikasi lainnya yang kurang mengikuti perkembangan zaman serta tidak mementingkan kualitas.

Baca Juga:  Digital Branding: Pengertian, Strategi dan Contohnya

Perbedaan Antara User Experience dan User Interface Design

user interface design

Kedua hal tersebut memang suatu hal yang berbeda walaupun masih dalam satu jalur. Nah, adapun untuk membedakan antara User Experience Design dan User Interface Design ialah:

  • Perbedaan utama antara UI dan UX design ialah pada UX design biasanya dapat digunakan pada produk fisik dan juga digital, sedangkan untuk UI biasanya hanya bisa digunakan untuk produk digital nya saja.
  • UX biasanya akan lebih dahulu dilakukan dalam pengembangan sebuah produk yang selanjutnya akan diikuti oleh UI desain. UX design akan melakukan pemetaan agar pengalaman pengguna akan berjalan sedangkan UI akan mengkreasikan secara visual agar mampu membentuk suatu pengalaman penggunanya.
  • Perbedaan lainnya ialah UX design lebih berpusat pada mengidentifikasi dan memecahkan suatu masalah dari pengguna, sedangkan UI akan berusaha menciptakan suatu desain antarmuka yang menarik, menyenangkan, interaktif, dan memiliki nilai keindahan.

Tanggung Jawab dari Seorang UX dan UI Designer

  1. UX designer (User Experience Designer)

Memiliki arti yang berbeda berarti memiliki tugas yang berbeda juga. Adapun tugas yang dibebankan untuk seorang UX design ialah akan membuat produk dan teknologi yang memiliki kemudahan dalam hal kegunaan serta aksesibilitas. Kebutuhan yang diperlukan oleh seorang UX designer ialah wireframing & protyping, strategy & content, serta analytics & execution.

Dilihat dari penjelasan diatas memperlihatkan bahwa seorang UX designer memiliki tugas yang cukup kompleks, akan tetapi suatu hal yang perlu ditekankan bahwa UX designer hanya bertanggung jawab pada perjalanan seorang pengguna dalam menggunakan produk tersebut.

  1. UI designer (User Interface Designer)

Sedangkan tugas dari UI designer ialah menyusun tampilan produk termasuk menyusun tata letaknya agar terlihat lebih menarik perhatian. Selain itu, seorang UI designer juga bertugas untuk mempertimbangkan agar aplikasi yang dibuat mendukung sesuai dengan perangkat, seperti halnya memilih warna dan font agar sesuai dengan karakter dari produk. Akan tetapi hal yang paling penting untuk dilakukan ialah memastikan para pengguna merasa akrab dengan produk kita walaupun pengguna tersebut merupakan pengguna baru.

Baca Juga:  Mengenal Teori Gestalt Dalam Design UI serta Kelebihan dan Kekurangannya

Apakah dengan penjelasan dan uraian terkait informasi User Experience dan User Interface design membuat kita mengerti pengertian dan tugasnya? Semoga saja artikel ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca terutama bagi kalian yang ingin mengembangkan bisnisnya agar lebih millennial maka cara ini bisa dicoba sebagai solusi yang modern dan kekinian. Selamat berproses dan berkembang!

Belajar User Interface Design lebih lanjut dari nol hanya di link ini ya!