7 Cara Meningkatkan User Engagement pada Website

Ada beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk cara meningkatkan user engagement di website bisnis. Dari mulai meng-upload lebih banyak konten, membuat perubahan pada desain hingga menggunakan elemen interaktif. Adanya user engagement bisa menentukan sukses atau tidaknya sebuah konten, iklan atau produk bisnis dalam pemberian nilai serta mendorong penggunaan secara kontinu bagi semua target bisnis Anda.

Cara Efektif Tingkatkan User Engagement Pada Website

Adanya keterlibatan pengguna dalam website bisnis bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan karena pengalaman pengguna menjadi faktor penentu dalam hal loyalitas brand produk bisnis. Keterlibatan pengguna atau user engagement bisa terjadi ketika ada unduhan dari pengguna, langganan, like, subscribe, daftar, klik hingga komentar dari audiens bisnis di website.

Jika Anda berencana untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dalam website bisnis Anda, ada beberapa cara meningkatkan user engagement yang bisa digunakan berikut ini:

Buat Pesan Bisnis yang Jelas

Buat pesan bisnis yang jelas

Dengan membuat dan menjaga konsistensi pesan yang ditujukan pada audiens bisnis tetap jelas sangat membantu adanya keterlibatan pengguna dengan baik. Anda bisa mencoba untuk menjelaskan jenis layanan atau produk bisnis dan beritahukan pada pengguna tentang apa manfaatnya untuk kebutuhan hidup pengguna. Pesan yang dibuat harus bisa berfokus untuk menjadi daya tarik bagi target bisnis baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

Hasilkan konten yang berkualitas

Konten yang berkualitas bisa membantu meningkatkan keterlibatan pengguna untuk aktif berinteraksi dalam website bisnis. Anda bisa membuat sebuah konten yang memunculkan rasa ingin tahu atau penasaran sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi target bisnis. Diantaranya adalah dengan cara mengetahui apa saja yang pengguna telusuri, jenis informasi bermanfaat serta jenis konten yang bisa memunculkan respons pengguna.

Baca Juga:  11 Cara Membuat Website Mobile Friendly untuk SEO

Konten yang bagus dan berkualitas adalah jenis konten yang bisa memberikan jawaban yang diinginkan pengguna mengenai topik atau tema tertentu. Usahakan untuk membuat sebuah konten yang ditulis dengan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Pastikan untuk menggunakan judul dan daftar konten untuk memudahkan pengaturan pemikiran serta selalu diperbarui secara berkala.

Buat target bisnis yang tepat

Jika ingin membidik target audiens bisnis dengan tepat, Anda bisa melakukan riset kata kunci dan pastikan kata kunci utama sesuai dengan maksud pencarian tersebut. Anda bisa berpikir sebagai pengguna atau pengunjung website, kira-kira apa yang mereka cari saat berkunjung ke website bisnis. Hasil pencarian yang teratas merupakan artikel yang berisi apa saja yang dicari dan dibutuhkan oleh pengguna seperti artikel berisi informasi atau panduan khusus.

Maka sebaiknya buatlah konten yang sekiranya bisa membidik target bisnis dengan tepat. Biasanya jika pengguna mendapati topik atau sesuatu yang mereka cari tak ada di website Anda maka mereka akan langsung berpindah ke website lainnya. Untuk riset target audiens bisnis bisa dilakukan dengan mempelajari demografi target, minat dan preferensi, bagaimana mereka menemukan website Anda dan juga bisa menggunakan alat Google Analytics.

Jadikan Website Lebih Responsif

Jadikan website lebih responsif

Kita semua tahu, hampir mayoritas masyarakat kini mengakses informasi dengan menggunakan perangkat HP yang mereka miliki. Untuk itu, pastikan website bisnis Anda sudah dioptimasi untuk lebih responsif seluler. Hal tersebut bisa membantu pengguna untuk memperoleh pengalaman yang baik ketika mereka berkunjung ke website bisnis Anda sehingga cara meningkatkan user engagement berhasil sesuai harapan.

Anda juga bisa menguji seberapa cepat website Anda bisa diakses oleh pengguna baik di komputer desktop maupun seluler kemudian optimalkan untuk membuatnya lebih cepat. Pastikan website juga terbebas dari kesalahan atau error yang dijamin akan membuat pengguna langsung keluar dari laman website Anda.

Agar pengguna merasa langsung terhubung dengan Anda, buatlah fitur live chat sehingga mereka tak perlu menunggu respon terlalu lama. Salah satunya bisa dilakukan dengan mengatur ucapan selamat datang otomatis kemudian menyesuaikannya dengan mulai mengobrol dengan pengguna. Adanya live chat akan mendorong terjadinya obrolan langsung yang bisa meningkatkan konversi website bisnis sehingga bisa mengurangi waktu antrean.

Baca Juga:  Apa Itu Kol Marketing? Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Buat CTA yang menarik

Keterlibatan pengguna juga bisa diperoleh dari pembuatan CTA yang menarik. CTA atau Call to Action pada website bisnis biasanya dibuat dalam bentuk tombol “Tambahkan ke Keranjang Belanja Anda”, “Yuk Berlangganan Sekarang” atau “Gabung Sekarang” dan lainnya. Merupakan sebuah ajakan pada pengguna untuk melakukan tindakan saat kunjungan dalam website bisnis Anda.

Pahami kebutuhan pengguna

Cara meningkatkan user engagement yang efektif agar website bisnis Anda bisa terhubung dengan pengguna adalah dengan membuat menu Daftar Email, pemberitahuan hingga survey. Dari cara tersebut Anda bisa mengetahui apa saja yang dicari dan dibutuhkan oleh pengguna ketika mereka berinteraksi dengan website bisnis. Manfaatnya adalah untuk membantu mengembangkan dan memperbaiki produk serta layanan bisnis sesuai dengan apa yang pengguna butuhkan.

Tambahkan Link Internal

Tambahkan link internal

Agar pengguna bisa tertarik untuk berkunjung ke laman atau konten lainnya di website bisnis Anda, bisa menggunakan fitur link internal. Masukkan link internal dari satu artikel atau konten untuk secara otomatis mengalihkan laman yang dikunjungi pengguna ke halaman lainnya di website Anda. Namun ingat, berikan link internal dengan rapi sehingga tak menjadikan konten Anda terlihat membingungkan atau kurang rapi.

Untuk bisa meningkatkan user engagement pastinya akan membutuhkan waktu dan usaha yang tak sedikit. Namun jika bisa menerapkan beberapa cara meningkatkan user engagement yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda bisa memperbaiki dan meningkatkan keterlibatan pengguna di website bisnis. Anda juga bisa mempelajarinya di Coding Studio, kursus IT online yang menyediakan banyak sekali materi kursus IT yang dibutuhkan di masa kini.