Bootcamp Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Bootcamp Adalah Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Pada dasarnya, bootcamp adalah program pelatihan intensif yang bertujuan untuk mempelajari ataupun mengembangkan kemampuan. Pelatihan ini biasanya dilakukan dalam waktu singkat, terutama dalam bidang teknologi. Program ini juga kebanyakan menyasar fresh graduate yang tertarik untuk berkarir dalam bidang IT.

Pengertian Bootcamp 

Berbicara mengenai apa itu bootcamp, merujuk pada program pelatihan yang dibuat secara khusus agar Anda bisa memahami materi tentang IT dengan lebih intensif. Meskipun hanya memakan waktu singkat, namun Anda bisa memperoleh pengetahuan cukup agar bisa berkarir dalam bidang IT.

Pengertian Bootcamp 

Bootcamp adalah program pelatihan untuk siapa saja yang berminat. Tidak ada batasan usia, profesi yang sedang dijalani hingga jenjang pendidikan terakhir. Fleksibilitas inilah yang menjadi banyak orang lebih tertarik untuk mengikuti bootcamp. Tujuannya untuk menambah pengetahuan hingga mempersiapkan diri sebelum terjun dalam karir.

Manfaat Bootcamp

Lebih lanjut, apa saja sih manfaat bootcamp yang bisa Anda dapatkan? Yuk simak penjelasannya sebagaimana berikut.

Manfaat Bootcamp

Lebih Privat

Jumlah peserta yang ikut dalam pelatihan ini biasanya tidak lebih dari 20 orang. Sehingga mampu menciptakan situasi layaknya sedang menjalani kursus privat. 

Kondisi ini membuat materi pembelajaran mudah untuk tersampaikan. Anda pun menjadi lebih mudah membangun jaringan dengan sesama peserta bootcamp. Kurikulum yang diberikan pun sudah melalui perancangan matang dari praktisi pengajar yang profesional dan berpengalaman.

Akselerasi Karir

Bootcamp adalah sebuah program yang dirancang secara intensif dengan waktu yang singkat. Program ini hanya berjalan dalam beberapa pekan dalam menciptakan lulusan dengan keterampilan karir dan siap untuk bekerja.

Namun agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda harus memunculkan sikap aktif dan inisiatif tinggi dalam mengikutinya. Sebab jika keduanya masih rendah, percuma saja Anda mengikuti pelatihan ini.

Baca Juga:  Brand Awareness: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Kurikulum Lebih Spesifik

Singkatnya waktu dalam program ini, membuat kurikulum pembelajaran tersusun secara lebih spesifik. Materi pembelajaran pun sudah berasal dari praktisi yang berpengalaman. Sehingga penyusunan materi hanya fokus pada kebutuhan praktikal dan fokus terhadap materi yang hanya dibutuhkan peserta.

Peluang Karir Tanpa Menyertakan Gelar

Tujuan dari pelatihan ini adalah menciptakan lulusan program yang sudah siap bekerja. Bootcamp juga membuka peluang bagi siapa saja yang ingin berkarir dalam bidang IT tanpa harus mengikuti perkuliahan. Fokus program ini adalah mengembangkan kemampuan untuk mencapai karir sebaik-baiknya.

Output yang didapatkan untuk peserta adalah sertifikasi yang berguna ketika Anda membuat lamaran pekerjaan. Sebab, bootcamp sudah menggunakan manajemen sertifikasi untuk menyederhanakan berbagai proses pengelolaan peserta dan memantau perkembangannya.

Jenis-jenis Bootcamp

Jenis-jenis Bootcamp

Bagi Anda yang berminat mengikuti bootcamp, tentu bertanya-tanya pelatihan manakah yang harus diikuti. Nah, untuk mengurangi kebingungan Anda ini, simak beberapa jenis bootcamp yang bisa Anda ikuti.

Berdasarkan Waktunya

Bootcamp berdasarkan waktunya terbagi ke dalam dua jenis sebagaimana berikut ini.

Part Time

Part time di sini merupakan program yang berlangsung sekitar 34 minggu. Biasanya program ini hanya dilakukan pada malam hari saja ataupun akhir pekan.

Jenis ini sangat cocok bagi Anda yang sudah memiliki pekerjaan. Sehingga Anda tidak bisa meluangkan waktu secara penuh untuk menjalani pelatihan ini.

Full Time

Full time merupakan program yang hanya berjalan sekitar 17 minggu saja. Pelatihan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memperdalam kemampuan coding secara cepat. Namun Anda harus memiliki waktu luang lebih banyak agar bisa mengikutinya dengan maksimal.

Berdasarkan Format Pembelajaran

Sementara berdasarkan format pembelajarannya, bootcamp terbagi ke dalam tiga jenis, di antaranya sebagai berikut.

In Person

Jenis ini memiliki mekanisme pembelajaran secara tatap muka atau langsung. Sehingga Anda harus menghadiri kelas pada lokasi bootcamp sesuai jadwal yang mereka tentukan.

Online

Bootcamp online tidak mengharuskan Anda untuk datang secara langsung. Sebab, program ini dijalankan secara online menggunakan jaringan internet dan aplikasi tertentu.

Baca Juga:  Mengenal Bahasa Pemrograman Swift untuk Aplikasi Apple

Kalau Anda tertarik mengikuti program ini, pastikan jaringan internet Anda kuat. Namun keuntungannya Anda bisa memiliki fleksibilitas bisa mengikuti pelatihan dari mana saja. 

Self Paced

Program ini merupakan program mandiri yang mana Anda bisa mempelajari keterampilan berdasarkan keinginan Anda. Dengan kata lain, Anda bisa membuat jadwal dengan menentukan waktu pelatihan sendiri.

Berdasarkan Bidangnya

Jika dilihat berdasarkan bidangnya, program ini terbagi ke dalam tiga jenis sebagaimana berikut ini.

IT

Jenis pelatihan ini sering kali disebut coding bootcamp, sebab materi yang diajarkan merupakan keterampilan coding. Sebagai contoh, bootcamp programmer, bootcamp UI UX, bootcamp cyber security, bootcamp full stack developer dan bootcamp software engineer di Coding Studio.

Digital Marketing

Bootcamp ini dirancang untuk Anda yang ingin menjual produk secara kreatif dan menarik. Jenis ini biasanya diperlukan untuk Anda yang ingin memiliki karir dalam bidang digital marketing. Ini menjadi sangat penting seiring dengan transformasi digital.

Sebagai contoh, bootcamp digital marketing dan bootcamp desain grafis. Anda bisa memperdalam kemampuan tersebut secara singkat. Terlebih karir dalam bidang ini belakangan ini sedang banyak dicari oleh berbagai perusahaan, baik skala multinasional hingga mikro sekalipun.

Business Development

Bootcamp ini dirancang bagi Anda yang ingin berkarir dalam dunia bisnis. Sebab, bootcamp ini dibutuhkan untuk mengembangkan perusahaan. Sebagai contoh, bootcamp data analyst dan bootcamp data science

Nah, itulah penjelasan tentang bootcamp adalah metode pelatihan secara singkat dan intensif. Informasi juga lengkap dengan manfaat dan jenisnya. Lalu bagaimana cara mengikuti bootcamp tersebut? Coding Studio menyediakan berbagai jenis pelatihan bootcamp untuk memaksimalkan kapasitas teknologi Anda.

Related Articles