Pekerjaan Freelance? Pengertian dan Contohnya

freelance adalah

Tenaga lepas atau yang populer dikenal dengan freelance adalah seorang yang pekerjaannya tidak terikat dengan jam kerja dan memiliki keahlian khusus atau tertentu. Dahulu freelance adalah pekerjaan yang dianggap sebelah mata.

Sekarang ini seiring teknologi yang sudah berkembang maka freelance sudah menjadi pekerjaan yang mendapatkan pengakuan. Bahkan banyak orang yang memilih beralih profesi menjadi freelancer karena tidak ingin terikat.

Pekerja lepas ini saat ini banyak dilakukan oleh pelajar dan juga mahasiswa yang memiliki keahlian khusus untuk mengisi waktu. Pekerja lepas ini tentu saja sangat berbeda dengan pekerjaan di sebuah perusahaan. Pekerja lepas bekerja menyesuaikan jadwal dan pekerjaan tersebut dapat dilakukan di mana saja.

Pengertian Freelance

freelance adalah

Freelance adalah pekerjaan yang dilakukan dengan oleh seseorang dengan menawarkan sebuah layanan kepada perusahaan atau lebih berdasarkan kesepakatan. Freelance yang disebut juga dengan pekerja lepas ini memungkinkan seseorang untuk mengambil banyak pekerjaan sekaligus.

Bekerja sebagai tenaga lepas bisa menentukan semua sendiri termasuk beban kerja dan karier. Tetapi, tentu saja harus bertanggung jawab untuk pekerjaan yang sudah diambilnya.

Contoh Pekerjaan Freelance

Jasa tenaga lepas ini paling banyak ditemukan dalam bidang pekerjaan seperti pemasaran, desain grafis, akuntansi, penulisan, manajemen dan juga pengajaran. Contoh freelance adalah sebagai berikut.

· Desain Grafis

Banyak perusahaan yang membutuhkan seorang yang ahli di bidang desain grafis untuk pembuatan logo, poster, promosi dan lain sebagainya. Kemampuan yang wajib dimiliki dalam bidang ini yaitu kreativitas yang tinggi, seni dan mampu mengoperasikan aplikasi yang digunakan.

Baca Juga:  Dynamic Pricing: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Software yang sering digunakan untuk bidang desain biasanya seperti Adobe Photoshop, Corel Draw dan Adobe Illustrator.

· Videografer dan Fotografer

Kemampuan dalam membuat video, mengedit video serta fotografi ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan bahkan perseorangan. Pekerja lepas seperti fotografer dan videografer saat ini banyak ditemukan karena sudah semakin banyak yang membutuhkan jasa mereka.

Perusahaan atau perseorangan banyak yang membutuhkan jasa seorang videografer dan fotografer untuk mengabadikan acara yang dilakukan. Seperti contohnya untuk acara ulang tahun, internal perusahaan, dan juga gathering kantor.

Selain perusahaan, biasanya banyak juga yang membutuhkan jasa videografer dan fotografer untuk mengabadikan momen pernikahan, wisuda, ulang tahun dan lain sebagainya.

· Penulis

Penulis juga merupakan bidang yang banyak dibutuhkan. Banyak perusahaan yang saat ini membutuhkan penulis untuk bisa membuat konten. Penulis ini merupakan salah satu pekerjaan dan juga sangat digemari bagi seorang freelancer.

Terlebih lagi saat ini kebutuhan artikel konten semakin meningkat seiring dengan adanya perkembangan internet dan dunia digital. Menjadi seorang penulis freelance harus membutuhkan kemampuan dalam membuat tulisan yang menarik, rapi, dan juga sistematis.

Bayaran untuk penulis freelance adalah sesuai dengan kesepakatan awal. Bisa dibayar per proyek, bisa dibayar per artikel, ataupun dibayar per bulan.

· Editor freelance

Masih dalam dunia kepenulisan pekerjaan sebagai editor freelance adalah pekerjaan yang banyak dicari. Ada banyak sekali pengerjaan editor yang ditawarkan untuk seorang freelancer yaitu mulai dari untuk mengedit buku, mengedit konten website hingga proofreader.

Editor ini memiliki tugas untuk mengubah tulisan sehingga bisa menarik pembaca. Editor ini juga berperan sebagai seorang pembaca dan juga penulis. Pekerjaan sebagai seorang editor ini sangat membutuhkan perhatian dalam mengedit sebuah tulisan.

· Kursus online

Orang yang memiliki hobi mengajar bisa memilih pekerjaan freelance kursus online. Kursus online ini hampir sama dengan kursus pada umumnya yaitu menyampaikan materi serta diskusi menggunakan media online. Materi yang disampaikan tersebut secara berkala Sehingga peserta bisa memahami materi dari setiap pertemuannya.

Baca Juga:  Apa Itu Feedback? Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Tipsnya

Keuntungan Menjadi Freelancer

freelance adalah

Freelance adalah suatu pekerjaan yang memiliki banyak keuntungan. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang bisa dirasakan sebagai seorang freelancer.

· Waktu kerja fleksibel

Keuntungan pertama sebagai seseorang yang kerja freelance adalah memiliki waktu kerja yang fleksibel. Tidak perlu bekerja secara penuh waktu seperti karyawan yang ada di perusahaan. Seorang freelancer ini bebas untuk mengatur waktunya sendiri kapan untuk bekerja dan kapan untuk beristirahat.

· Tidak terikat dengan aturan pekerjaan yang ketat

Keuntungan selanjutnya menjadi seorang freelancer yaitu memiliki aturan kerja yang fleksibel. Hal ini dikarenakan Anda bisa menentukan sendiri waktu pengerjaan project, harga project, jumlah klien, dan lain sebagainya. Apabila ingin menambah penghasilan maka Anda bisa menggarap pekerjaan dari lebih dari satu klien.

Begitu pula sebaliknya Anda bisa libur untuk tidak mengambil project. Bahkan apabila klien tidak mau menyepakati perjanjian maka Anda bisa mengakhiri kerjasama tersebut atau menolak kerja sama kembali

· Bisa bekerja dari mana saja

Kelebihan lain dari pekerjaan freelance adalah bisa bekerja di mana saja. Seorang freelancer ini bisa bekerja dari rumah, bisa bekerja dari kafe, bahkan bisa bekerja sambil berlibur.

Alasannya biasanya klien tidak menentukan tempat bagi pekerja lepas hanya berfokus pada kualitas pekerjaan. Hal ini membuat Anda memiliki pengeluaran untuk bisa mengerjakan proyek ini di luar kota atau bahkan pada saat Anda ingin bepergian ke luar negeri. Jika harus meeting dengan klien maka Anda bisa mengoordinasikannya melalui aplikasi untuk meeting online.

· Berpeluang meraih penghasilan lebih besar

Pekerjaan sebagai seorang freelancer biasanya memiliki rata-rata pendapatan yang tinggi. Pekerja lepas ini akan dibayar sesuai dengan keahlian yang mereka miliki. Semakin tinggi keahlian maka uang yang dihasilkan juga semakin banyak.

Pekerjaan freelancer dengan skill tinggi yaitu ada programmer, pembuatan website, jasa arsitek, dan lain sebagainya. Semakin banyak project yang dikerjakan maka peluang untuk mendapatkan keuntungan juga semakin besar.

Salah satunya untuk bisa menarik banyak klien yaitu Anda membuat website portofolio untuk menarik banyak orang agar bisa menggunakan jasa Anda.

Baca Juga:  Teknik Analisis Data Kualitatif Dalam Penelitian

Cara menjadi freelancer

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang freelance adalah sebagai berikut.

· Pilih bidang pekerjaan

Jika Anda ingin menjadi seorang freelancer yang pertama yaitu harus memilih bidang pekerjaan yang disesuaikan dengan keahlian. Jika Anda merupakan seorang mahasiswa maka bisa memilih bidang yang mudah seperti data entry.

· Membuat profil dan portofolio

Portofolio ini sangat penting untuk menampilkan hasil pekerjaan yang sudah Anda buat sebelumnya. Portofolio akan membantu untuk mempromosikan diri.

· Menentukan harga

Setelah membuat portofolio sesuai dengan keahlian Anda bisa menentukan tarif pekerjaan. Sesuaikan tarif untuk pekerjaan yang akan Anda lakukan dengan pengeluaran bulanan dan jasa jelas pada umumnya yang sesuai dengan keahlian.

· Mencari pekerjaan

Setelah Anda menentukan harga untuk pekerjaan Anda maka Anda bisa mencari pekerjaan dengan lebih mudah. Anda bisa melamar pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bidang Anda.

Freelance adalah suatu pekerjaan yang fleksibel sehingga dalam hal waktu dan tempat Anda bisa menyesuaikannya dengan kesibukan masing-masing.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui terkait dengan pekerjaan freelance. Mulai dari keuntungan hingga cara untuk mencari pekerjaan sebagai seorang freelancer.

Tertarik mengikuti kursus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang juga