Social Media Marketing: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Strateginya

Social Media Marketing Pengertian, Jenis, Manfaat dan Strateginya

Peningkatan penggunaan internet sudah semakin signifikan sekarang ini, hal tersebut membuat pemasaran secara digital semakin sering diandalkan. SMM atau Social Media Marketing adalah cara populer dalam menghasilkan konversi digital marketing. Agar lebih jelas mengenai cara pemasaran tersebut, simak bahasan kali ini.

Apa yang Dimaksud Social Media Marketing?

SMM berarti setiap proses marketing dalam mempromosikan produk bisnis melalui penggunaan platform media sosial. Bisa melalui FB, Twitter, Instagram, dan TikTok. Inilah tindakan seseorang untuk membuat konten pemasaran yang tayang atau di-post pada laman media sosial.

Dengan SMM, harapannya masyarakat lebih tertarik pada brand, produk, atau jasa yang dipasarkan. Tujuan menerapkan SMM juga tidak lepas dari interaksi terhadap konten terkait. Contohnya adalah memberi komentar, like, share, lalu yang tidak kalah penting adalah membeli produk langsung.

Manfaat SMM

Pemasaran melalui media sosial mampu menawarkan banyak keuntungan untuk suatu brand. Manfaat adanya Social Media Marketing adalah sebagai berikut:

Manfaat Social Media Marketing

– Bagus untuk memunculkan ide atau inspirasi konten baru

Jika informasi digunakan dengan bijak, maka bisa sangat menguntungkan. Lewat media sosial, maka Anda akan mendapatkan inspirasi konten, bisa dari konten kompetitor, update maupun berita.

Agar brand awareness tercapai, suatu brand akan mengandalkan referensi pembuatan konten yang kemungkinan besar disukai para customer.

– Menjadi sumber ketertarikan orang-orang

Sekarang ini, sudah banyak orang menelan informasi-informasi bahkan sampai meluap. Mereka pada akhirnya takut kalau ketinggalan informasi, berita maupun produk. Konten jika disajikan reguler, lalu dikemas menarik juga, maka bisa lebih diingat mereka.

Baca Juga:  WAN Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Contoh, Serta Kelebihan & Kekurangan yang Dimiliki

– Bagus untuk membangun reputasi online

Manfaat social media marketing lainnya yaitu reputasi online. Keluhan, feedback, dan pertanyaan lebih baik jangan Anda sepelekan. Memakai media sosial dengan lebih aktif mampu membuat keterlibatan pelanggan berlangsung lebih baik. Pada akhirnya, SMM mampu membangun yang namanya reputasi online.

– Ads dengan kemampuan mumpuni

Kemampuan layanan Ads berbayar sekarang ini sudah semakin diperluas. Berbagai media sosial bisa menjalankan fasilitas iklan berbayar lewat penargetan yang lebih tepat. Melalui SMM, Anda bisa menemukan mana segmen yang paling tepat. Pada akhirnya produk Anda dapat lebih diminati orang-orang.

– Menghasilkan secara efektif

Media sosial sudah menjadi sarana ampuh untuk memasarkan produk jualan. Lewat iklan berbayar, jangkauan promosi menjadi meluas dan cocok dengan targetnya juga. Sangat mungkin kalau sosial media ke depannya dapat dijadikan sumber penghasil pendapatan efektif.

Strategi SMM

Kalau kita bahas mengenai strategi dalam SMM, tentunya sudah sangat beragam sekarang ini. Strategi menerapkan Social Media Marketing adalah seperti di bawah ini:

1. Memahami target pemasaran

Anda harus melihat selera pelanggan, karena selera customer ini dapat dijadikan tolak ukur cocok atau tidaknya produk bisnis Anda. Kalau sudah memetakan selera calon pelanggan maka buat konten menarik. Jika konten tersebut cocok dengan berbagai selera customer, maka bisa meningkatkan engagement.

2. Riset evaluasi platform sosial media

Evaluasi terhadap media sosial adalah hal yang sangat penting jika ingin menyusun konten paling menarik untuk pelanggan. Tentukan juga strategi untuk intens bergerak dan langkah defensif ketika mempromosikan bisnis melalui media sosial.

3. Metrik SMM

Audit maupun riset evaluasi terhadap media sosial memiliki hasil data-data valid dan lebih lengkap. Dari data-data tersebut yang bisa diolah agar menentukan metrik terbaik untuk SMM ini. Metrik pada Social Media Marketing adalah jenis data untuk menentukan suksesnya usaha marketing produk saat memakai social media.

Pengukuran yang dimaksud biasanya memakai tool-tool tertentu, Google Analytics merupakan salah satunya yang bisa sangat membantu.

Baca Juga:  Cara Uji Heteroskedastisitas SPSS

4. Konten menarik

Strategi social media marketing lainnya yaitu pembuatan konten menarik seputar produk. Dengan konten menarik tersebut, maka harapannya mampu meningkatkan sharing, engagement dan sebagainya. Konten menarik akan membuat orang tertarik menggunakan produk terkait.

Tapi sebelum konten menarik ini Anda buat, coba awali dengan riset. Pahami konten seperti apa yang diperlukan customer. Selain yang dibutuhkan, pahami konten seperti apa yang paling lebih disukai customer.

5. Memilih platform

Tentukan platform mana untuk digunakan dalam penjualan produk. Jumlah platform sosmed sudah cukup banyak, masing-masing mempunyai fitur fungsional. Dari fitur-fitur tersebut pada akhirnya bisa berpengaruh terhadap penyajian konten dan aspek lainnya.

6. Jadwal waktu upload

Anda perlu mengatur juga waktu paling tepat dalam mempromosikan produk Anda. Hal ini diperlukan agar lebih banyak orang bisa melihat produk dan brand Anda di laman media sosial.

7. Memanfaatkan Ads

Manfaatkan juga layanan ads di setiap platform agar bisa berdampak baik untuk peningkatan reach postingan Anda. Cukup banyak media sosial dengan layanan iklan khusus, mulai dari Instagram Ads, Facebook Ads, dan Twitter Ads.

8. Memanfaatkan influencer

Para influencer biasanya memiliki pengikut sangat banyak pada akun sosmed mereka. Mereka mempunyai kemampuan mumpuni dalam memengaruhi followers mereka supaya menggunakan produk atau jasa yang dipromosikan. Anda bisa cari influencer yang paling sesuai dengan produk bisnis Anda.

Perlu diketahui juga tiap influencer punya tarif berbeda-beda, tarif ini bisa tergantung jumlah followers maupun hasil engagement mereka.

9. Kontrol dan Evaluasi

Konten-konten yang sudah diunggah bisa menghasilkan data-data tertentu secara akurat. Dari data-data yang disediakan sosial media terkait bisa Anda manfaatkan sebagai bahan. Melalui evaluasi, Anda bisa mempelajari seperti apa pola customer. Anda pun bisa melakukan strategi paling pas dalam kesempatan promosi selanjutnya.

Jenis-jenis SMM

Bukan hanya menghemat biaya untuk promosi, penjualan Anda bisa meningkat dengan baik juga melalui SMM. Anda perlu tahu juga jenis-jenis dari SMM tersebut. Jenis model Social Media Marketing adalah kurang lebih seperti berikut ini:

Jenis Social Media Marketing

– Program giveaway

Strategi ini mampu menghasilkan engagement dan sangat ramai. Meski hadiah tidak besar, bisa dijadikan seru-seruan, dan mayoritas yang ikut dan melihat informasi giveaway tersebut bisa aware pada brand maupun produk terkait. Giveaway bisa difungsikan agar menarik lebih banyak perhatian termasuk menjaga loyalitas konsumen sebelumnya.

Baca Juga:  Digital Learning Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

– Endorsement

Jenis social media marketing lainnya yaitu endorsement. Coba ajak seleberiti atau influencer agar bekerja sama, pastikan mereka memiliki pengaruh cukup besar dalam ranah media sosial. Buatlah brief selengkap-lengkapnya, minta influencer untuk mencoba produk lalu minta mereka membagikan konten penggunaan produk pada akun mereka.

Tentunya ada biaya tersendiri untuk endorsement ini. Kesadaran merek merupakan apa yang bisa Anda dapatkan dari sini.

– Video kreatif

Buatlah video pendek kreatif, durasinya mulai dari 30 sampai 60 detik, sesuaikan dengan media sosial terkait. Konsep videonya bisa yang menghibur, unboxing produk, review produk, konten edukatif, dan jenis konten lain sebagainya.

Jika mengunggah konten YouTube, durasi tentu bisa lebih lama. Usahakan isi videonya informatif dan menarik. Jangan lupa juga masukkan pesan singkat seputar produk bisnis Anda. Social Media Marketing adalah pemasaran yang sangat populer sekarang ini.

Anda bisa memahami seputar SMM ini lebih jauh melalui kursus ilmu digital di Coding Studio. Selain seputar SMM, Anda bisa mempelajari juga ilmu digital lainnya secara lengkap.

Related Articles