Belajar Cisco untuk Pemula

Bagi Anda yang belum cukup paham mengenai Cisco maka harus belajar Cisco secara umum. Cisco sendiri adalah Perusahaan Telekomunikasi yang mementingkan produknya dan memiliki kualitas yang bagus. Tentu saja dibalik kualitas produknya yang bagus Cisco memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan penyedia produk yang lainnya.

belajar cisco

Anda bisa mempelajari dasar-dasar Cisco dengan baik dan mudah. Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui dan pelajari mengenai Cisco, mulai dari pengertian, sejarah, fungsi, cara mengganti konfigurasi dan yang lainnya. Nah, sebelum lebih jauh membahas mengenai Cisco ada baiknya Anda mengetahui pengertian Cisco terlebih dahulu.

Pengertian dan Sejarah Belajar Cisco

Cisco merupakan peralatan utama banyak dipakai di Jaringan Area Luas maupun Wide Area Network atau WAN. Dengan menggunakan Cisco router, maka informasi bisa diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan ada terdapat di jaringan komputer yang lain. Tujuannya adalah untuk bisa meneruskan paket dari LAN ke LAN yang lainnya.

Cisco router biasanya menggunakan tabel dan protokol routing dan fungsinya adalah sebagai pengatur lalu lintas data. Paket data akan tiba di router kemudian diperiksa dan akan diteruskan ke alamat tujuan. Supaya paket data diterima ke tujuan secara cepat, maka router akan memproses data secara tepat.

belajar cisco

Tersedia juga Cisco packet tracer yang merupakan aplikasi simulasi jaringan untuk dapat membuat rancangan jaringan yang diwakili oleh device di aplikasi tersebut. Anda harus belajar Cisco karena kerap ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari. Nah, sejarah Cisco adalah berawal dari tahun 1980 ada sepadang suami istri yang bernama Len dan Sandy Bosack.

Mereka membuat sebuah produk dengan nama Cisco pada tahun 1984. Dari sinilah cikal bakal dari dunia networking dimana saat sebuah server gateway Cisco telah dibuat sehingga berhasil mengubah dunia networking sampai sekarang. Masih banyak orang yang menganggap Cisco merupakan San Francisco System dan padahal ini merupakan 2 hal yang sangat berbeda.

Baca Juga:  Apa itu Server? Definisi dan Berbagai Jenisnya

Belajar Cisco dari Fungsinya

belajar cisco

Fungsi dari Belajar Cisco umumnya adalah untuk merancang di sebuah sistem topologi jaringan yang nantinya diterapkan pada dunia nyata atau kerja. Nah, jika kita merancang topologi jaringan komputer tanpa ada bantuan dari aplikasi seperti ini tentu saja akan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Itulah sebabnya Cisco membuat aplikasi supaya masyarakat bisa belajar tanpa perlu biaya yang mahal.

Router Cisco memiliki bagian-bagian yang berfungsi sebagai penghubung antar 2 atau lebih jaringan untuk diteruskan data dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya. Router ini mempunyai bagian-bagian yang hampir sama dengan PC dan Anda harus belajar Cisco yang satu ini. Nah, bagian-bagian dan fungsi dari router Cisco antara lain :

  • RAM

RAM pada router berfungsi untuk menyimpan konfigurasi yang berjalan dan juga OS yang aktif, menangani ARP, menyimpan routing table, menangani fast-switching cache, menangani paket buffer, menyediakan memori sementara untuk konfigurasi file dan mengelola antrian paket. RAM bersifat seluruh data yang tersimpan akan hilang saat kehilangan sumber daya atau saat di restart.

  • Flash Memory

Flash memori berfungsi untuk menyimpan IOS atau Operating System Image. Memori yang satu ini dapat menyimpang berbagai macam versi software IOS dan juga merupakan jenis Electronically Erasable Programmable ROM atau EEPROM. Pada saat router kehilangan power, maka isinya akan tetap ada.

  • NVRAM

NVRAM berfungsi untuk menyimpan konfigurasi start-up dan isinya akan tetap ada meskipun router kehilangan power.

  • ROM

ROM berfungsi sebagai penyimpan sistem bootstrap yang memiliki fungsi sebagai pengatur proses dan menjalankan POST atau Power On Self Test dan IOS Image.

  • Interface

Interface adalah komponen eksternal dari router dan sebelum mengkonfigurasi router umumnya masing-masing fungsi komponen ini perlu diketahui dahulu sebab komponen yang akan terkoneksi pada router ini memakai interface yang berbeda sesuai dengan komponen yang mana akan dihubungkan.

Begitulah contoh fungsi Cisco paling penting sehingga Anda bisa belajar Cisco dari dasarnya terlebih dahulu.

Cara Mengganti Konfigurasi Network Device

Network device contohnya adalah Access Point, Router, Switch dan yang lainnya. Agar bisa mengakses network device Cisco perlu melalui console yaitu yang menghubungkan network device ke PC atau laptop menggunakan kabel Serial Console dan membukanya pada terminal. Pada Cisco Packet Tracer Anda bisa membuka consolenya dengan cara tab CLI dan klik saja di network device yang hendak dikonfigurasi dan memilih tab CLI.

Baca Juga:  Data Engineer: Pengertian, Tugas, Skill dan Toolsnya

Selain mengganti konfigurasi, Anda juga perlu menyesuaikan dengan interfacenya. Contohnya di default laptop atau PC hanya tersedia interface ethernet. Apabila Anda ingin terkoneksi dengan access point maka harus mengubah interface ke wireless. Cara Mengganti interface ke wireless adalah:

  1. Matikan perangkat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan perangkat yang digunakan.

  • Lepas i/o

Setelah perangkat tersebut dalam keadaan mati dan jika tidak ada slot ekspansi, maka Anda harus lepaskan i/o maupun interface yang ada dahulu dengan cara drag dan drop ke gambar modul di bagian kanan bawah. Apabila ada slot ekspansi maka Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

  • Memasang modul

Selanjutnya Anda memasang modul yang akan dipakai, contohnya drag gambar modul ke kanan bawah ke slot yang ada di perangkat.

  • Menyalakan perangkat kembali

Terakhir adalah tinggal menyalakan kembali perangkat tersebut.

Demikian tips belajar Cisco khususnya adalah cara mengganti interface dengan baik dan benar yang dapat Anda ikuti.

Panduan Praktik Konfigurasi Dasar

Panduan melakukan praktik konfigurasi dasar belajar Cisco yang bisa Anda coba adalah :

  • Memberi password di Mode User atau Line Console

//Password saja Cisco> enable

Cisco# configure terminal

Cisco(config)# line console 0

Cisco(config-line)# password Cisco

Cisco(config-line)# login

//Username dan Password

Cisco(config)# username

Cisco password network

Cisco(config)# line console 0

Cisco(config-line)# login local

  • Memberi password di Privilege Mode

//Password tidak terenkripsi

Cisco(config)# enable password

Ciscopass

//Password terenkripsi

Cisco(config)# enable secret Ciscopass

//Melakukan enkripsi password semuanya, termasuk password console.

Cisco(config)# service password-encryption

  • Menampilkan informasi device

S1# show version

  • Melihat konfigurasi yang berjalan

Cisco# show running-config

  • Menampilkan informasi konten di memori flash

S1# show flash

  • Backup konfigurasi yang berjalan ke TFTP Server

S1# copy running-config tftp

  • Backup konfigurasi yang berjalan ke startup

S1# copy running-config startup-config

  • Set Boot system

S1# show boot S1# boot system flash:/c2960-lanbasek9-mz.150-2.SE/c2960-lanbasek9-mz.150-2.SE.bin

  • Recovery jika terjadi crash di sistem

$ set $ flash_init

$ dir flash:

$ BOOT=flash:c2960-lanbasek9-mz.150-2.SE8.bin

$ set

$ boot

Nah, itulah beberapa contoh praktik konfigurasi dasar yang dapat dipelajari dan Anda bisa menggunakan Cisco Packet Tracer. Cisco merupakan salah satu produk khusus untuk Teknologi Informasi yang paling populer di dunia. Bagi Anda yang ingin belajar Cisco bisa mengikuti kursus yang banyak disediakan di sejumlah tempat dan pastikan Anda memilih tempat yang berkualitas.