Mengenal Cisco: Fungsi dan Jenis Produknya

Apakah Anda pernah mengenal Cisco? Adalah sebuah merk atau brand yang sering dipakai pada jaringan yang memiliki skala luas dan besar seperti WAN atau Wide Area Network. Memiliki kegunaan untuk mengendalikan atau melakukan pengaturan pada lalu lintas data yang terjadi pada sejumlah dua atau lebih jaringan LAN yang ada. Routernya sendiri mempunyai struktur komponen yang sangat mirip dengan komputer PC.

mengenal cisco

Mengenal Cisco dan Fungsi Utama yang Dimilikinya

Komunikasi yang dilakukan oleh masyarakat masa kini bisa tersampaikan dengan baik ke alamat tujuan yang mana berlokasi di jaringan komputer lainnya dengan menggunakan router dari Cisco ini. Perusahaan brand ini mempunyai dua jenis bidang usaha yaitu dalam bidang pembuatan hardware dan software yang memiliki keterkaitan secara langsung dengan jaringan komputer.

Sedangkan untuk bidang yang kedua adalah dalam bidang pendidikan yang berhubungan dengan akademinya yang berfokus dalam studi tentang jaringan. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui dalam mengenal cisco.

Sistem Cisco

Dalam mengenal cisco yaitu merupakan perusahaan pertama yang merilis sebuah router dengan tujuan untuk memberikan dukungan pada berbagai protokol jaringan yang beroperasi secara komersial. Protokol jaringan tersebut selanjutnya akan dikembangkan menjadi jenis protokol baru yang berikutnya memiliki sebutan proprietary network protokol dan menyandang brand secara resmi seperti misalnya VLAN Trunking Protocol.

Untuk saat ini, brand ternama ini sudah memproduksi beberapa jenis hardware seperti switch, router, firewall, pesawat VoIP, wireless access point dan lain sebagainya.

Akademi Jaringan Cisco

Dalam mengenak cisco, perlu diketahui bahwa rangka untuk menjadi sumber daya manusia yang memadai serta bisa mencukupi kebutuhan untuk mendesain, mengoperasikan, melakukan penerapan sekaligus untuk memberikan keamanan secara khusus dari semua produknya yang sudah tersebar di seluruh bagian dunia maka dibangunlah sebuah lembaga pendidikan yang memiliki fokus studi dalam bidang jaringan.

Baca Juga:  Apa itu Server? Definisi dan Berbagai Jenisnya

Lembaga tersebut berada dan berpusat di Amerika serta membuka kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan formal atau non formal yang ada di seluruh dunia agar supaya bisa mendistribusikan ilmu pengetahuan yang memadai untuk kebutuhan pengelolaan semua perangkat brand Cisco.

Sertifikasi

Dalam mengenal cisco juga akan ada sertifikasi yaitu sebagai bentuk tanda bukti dan penghargaan atas kemampuan dan kompetensi yang dimiliki oleh semua peserta didik yang sudah berhasil menempuh serta menyelesaikan kurikulum pendidikan dikeluarkan sertifikat secara resmi dari lembaga pendidikan tersebut.

Lalu Apa Saja Fungsi Dari Mengenal Cisco?

mengenal cisco

Secara umum, aplikasi Cisco memiliki fungsi untuk membuat desain atau rancangan sebuah topologi jaringan atau sistem yang ke depannya akan digunakan pada dunia kerja yang sesungguhnya. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri karena jika Kita membuat sebuah rancangan topologi jaringan untuk sistem komputer tanpa menggunakan bantuan dari aplikasi ini maka akan membutuhkan biaya yang cukup besar atau mahal. Maka dari itu, aplikasi ini dikembangkan dengan tujuan agar semua orang dari berbagai kalangan bisa belajar mengenal cisco dengan baik tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Seperti yang diketahui bahwa router mempunyai fungsi untuk berperan sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan yang dipakai untuk meneruskan data komunikasi dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya. Setiap router mempunyai bagian yang berbeda dan sangat mirip dengan komponen yang terdapat di komputer PC. Kegunaan dari setiap bagian router aplikasi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • RAM

Bagian ini mempunyai fungsi untuk menyimpan pengaturan yang sedang berjalan dan pada sistem operasi iOS yang sedang digunakan. Disamping itu, juga bermanfaat untuk menyimpan routing table, menangani fast-switching cache, mengatasi cache ARP, memberikan persediaan untuk memori sementara yang berguna untuk melakukan konfigurasi file, mengelola antrian paket dan untuk mengatasi paket yang mengalami buffering.

Perlu diketahui dalam mengenal cisco bahwa RAM mempunyai sifat dimana semua data yang tersimpan akan hilang jika perangkat kehilangan sumber daya atau ketika perangkat akan dilakukan proses nyalakan ulang.

  • NVRAM
Baca Juga:  QRIS Adalah: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Fungsinya adalah untuk menyimpan konfigurasi pada proses start-up yang mana akan membuat isinya tetap ada meski router pada saat itu kehilangan sumber daya.

  • Flash memory

Kemudian untuk bagian flash akan memiliki fungsi untuk menyimpan data operating system image atau IOS. Sedangkan memory memiliki kemampuan untuk bisa menyimpan aneka ragam versi software IOS yang ada. Hal itu akan membuat isi data tetap terjaga meski perangkat kehilangan sumber daya.

  • Interface

Adalah sebuah komponen luar yang ada dari bagian router yang akan digunakan sebelum melakukan konfigurasi router. Setiap fungsi komponen harus diketahui lebih dahulu karena setiap komponen yang ada harus dihubungkan pada router dengan menggunakan interface yang berbeda sesuai dengan komponen yang akan dihubungkan.

  • ROM

Salah satu bagian router yaitu ROM memiliki kegunaan untuk menyimpan sistem bootstrap yang berguna untuk melakukan pengaturan pada proses sekaligus untuk menjalankan proses Power On Self Test atau POST dan IOS Image dengan benar.

Untuk saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan paket aplikasi yang memang didesain untuk bisa beroperasi atau dijalankan di beberapa sistem operasi perangkat gadget seperti Microsoft Windows, Linux hingga Mac OS. Paket aplikasi tersebut bisa memberikan peluang pada pengguna untuk melakukan desain rancangan topologi jaringan simulasi dengan menggeser, menjatuhkan router, melakukan switch dan aneka ragam jenis lainnya dari perangkat jaringan yang digunakan.

Mengenal Produk dari Cisco

mengenal cisco

Setelah mengetahui fungsi apa saja dari mengenal cisco, Anda juga perlu mengetahui produk-produknya. Jika Anda mengikuti perkembangan aplikasi ini dari awal mula dirilisnya, tentu pernah mendengar istilah The Old Alphabet Soup Products, merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan produk yang dirilis untuk pertama kalinya oleh mereka. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Compact Gateway Server
  • Advanced Gateway Server
  • Mid-Range Gateway Server
  • Integrated Gateway Server
  • Advanced Gateway Server

Brand aplikasi ini memang dikenal menjadi perusahaan pertama yang bergerak di bidang jaringan yang kemudian menjadikannya leader dalam dunia networking sehingga bisa dikatakan dalam dunia jaringan internet membuat Cisco pun tak terkalahkan. Brand aplikasi ini sudah berhasil menjadikan setiap orang yang ada di dunia ini bisa lebih mudah untuk melakukan komunikasi, melakukan kegiatan transfer data, mengirimkan data kapan saja, oleh siapa saja dan dari mana saja mereka melakukannya dengan mudah, cepat dan hemat biaya.

Baca Juga:  Docker Compose: Pengertian, Kegunaan dan Kelebihannya

Itulah beberapa informasi tentang mengenal Cisco yang merupakan sebuah produk teknologi informasi nomor 1 di dunia dalam bidang sistem, hardware jaringan dan sarana telekomunikasinya yang bisa Kami bagikan pada Anda. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan brand ini karena memiliki performa yang bagus, jaminan kualitas sekaligus harga yang sepadan dengan layanannya.

Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan cara untuk mempelajari tiap bagian dari aplikasi ini disarankan untuk bergabung dengan kursus terkait yang secara khusus membahas tentang hal tersebut. Dijamin Anda bisa ikut berperan serta dalam bisnis start up yang sedang trending saat ini dalam waktu singkat. Yuk coba daftar dan belajar mengenal cisco sekarang juga, klik link ini ya!