Cache adalah: Ruang Penyimpanan, Manfaat dan Cara Menghapusnya

Cache adalah Ruang Penyimpanan, Manfaat dan Cara Menghapusnya

Istilah cache dikenal dalam penggunaan perangkat gadget seperti smartphone, tablet, laptop hingga komputer. Cache adalah sebuah ruang penyimpanan yang ada di software, hardware atau browser yang digunakan untuk menyimpan data sementara. Biasanya cache akan digunakan untuk membantu perangkat mempercepat proses loading pada aplikasi, situs website atau sistem yang diaksesnya. 

Pengertian Data Cache dan Manfaatnya

Dalam penggunaan perangkat android, cache dikenal sebagai sebuah data sementara yang menjadi hasil dari pengoperasian sistem android yang digunakan. Seperti misalnya hasil pengaturan kontak telepon, media dan aplikasi lainnya yang tersimpan di dalam sistem android. Jadi ketika Anda membuka sebuah aplikasi atau website untuk pertama kalinya, cache bertugas untuk mengunduh dan menyimpan datanya sehingga saat diakses ulang bisa lebih cepat prosesnya. 

Pengertian Data Cache

Adapun manfaat dari keberadaan data cache adalah untuk memberikan efektivitas dan efisiensi waktu sehingga waktu yang dibutuhkan untuk akses situs dan sistem perangkat bisa lebih cepat dilakukan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari apa itu cache untuk penggunaan perangkat gadget. 

  1. Bisa menghemat penggunaan kuota data internet karena perangkat tak perlu mengunduh data lagi dari server
  1. Bisa membantu mengurangi beban di back end dan memberikan perlindungan dari kinerja perangkat yang berlebih ketika proses loading
  1. Bisa mempercepat loading data yang dibutuhkan ketika membuka aplikasi atau browser yang sudah pernah dibuka sebelumnya karena datanya sudah tersimpan di dalam perangkat
  1. Digunakan pada aplikasi atau platform music sehingga bisa mengunduh dan menambahkan lagu ke daftar favorit serta bisa mendengarkannya secara offline
  1. Membantu proses pengunduhan file yang berukuran besar dan membutuhkan loading lama. Proses unduh akan menjadi lebih cepat dikarenakan cache masih menyimpan semua data unduhan dari file tersebut

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi Manfaat Cache, Anda juga harus mengetahui apa saja jenis data cache secara umum. 

  • Software cache adalah sebuah ruang penyimpanan yang ada di dalam program komputer ataupun aplikasi yang digunakan untuk mempercepat kegunaan khusus dari program tersebut. Cache software sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yaitu web cache, disk cache dan memorization. 
  • Browser cache memory adalah ruang penyimpanan yang menyimpan data cache yang dihasilkan dari akses yang dilakukan oleh browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge dan aplikasi browser lainnya. Kegunaan data cache browsing adalah untuk mempercepat proses loading website ketika situs website tersebut diakses ulang. 
  • Hardware cache merupakan ruang penyimpanan yang tersedia dalam microprocessor dan menjadi komponen fisik dari sistem prosesor yang digunakan. Jenis Cache ini terdapat beberapa jenis yaitu GPU cache, DSP cache dan CPU cache. 
Baca Juga:  Sampel adalah, Teknik Pengambilan Sampel dan Contohnya

Singkatnya data cache adalah data informasi yang meliputi file, gambar dan skrip yang diperoleh dari situs website atau aplikasi yang disimpan secara otomatis pada perangkat yang digunakan. 

Data cache akan membantu mempercepat proses login ketika masuk ke sebuah situs maupun aplikasi di perangkat gadget. Sehingga Anda pun tak perlu melakukan login ketika akan membuka aplikasi tertentu karena data akun yang sebelumnya sudah masukkan akan tersimpan sebagai data cache. 

Apakah Data Cache Boleh Dihapus

Apakah Data Cache Boleh Dihapus? Apa Dampaknya Pada Penggunaan Perangkat Gadget?

Data cache yang sudah menumpuk biasanya akan dihapus oleh para pengguna perangkat gadget. Data cache yang tersimpan di dalam perangkat smartphone hanya memiliki sifat yang sementara dan secara umum tak begitu penting untuk disimpan jangka panjang. 

Tujuan dari keberadaan data cache adalah hanya untuk memberikan kenyamanan pada pengguna untuk bisa mengakses aplikasi atau situs dengan mudah dan cepat. Jika data cache dibiarkan menumpuk di smartphone maka yang terjadi adalah ruang penyimpanan di perangkat akan penuh kemudian menghambat kinerjanya secara keseluruhan. 

Kegiatan menghapus cache biasanya dilakukan oleh smartphone dengan menggunakan bantuan aplikasi pembersih “sampah” yang terinstal di dalamnya. Dimana aplikasi tersebut akan menyaring dan melakukan sortir pada semua data yang tersimpan sementara dan bersifat tak begitu penting untuk disimpan sehingga pengguna masih tetap bisa menggunakan ponsel meski data dihapus. Termasuk di antaranya adalah data cache yang bisa dihapus secara otomatis menggunakan bantuan aplikasi maupun dihapus secara manual oleh pengguna melalui menu pengaturan. 

Jadi untuk cara bersihkan cache bisa dan boleh dilakukan, serta tak akan memberikan dampak besar pada penggunaan aplikasi maupun situs website yang digunakan. Yang akan terjadi adalah setelah data cache terhapus, Anda akan diminta untuk melakukan login ulang dan membutuhkan waktu loading yang lebih panjang dibandingkan ketika data cache masih tersimpan. Bahwa menghapus data cache juga tak akan menghapus akun dari aplikasi yang digunakan, namun justru bisa membuat ruang penyimpanan lebih longgar dan lega sehingga perangkat bisa memiliki kinerja yang lebih cepat. 

Cara Menghapus Data Cache di Perangkat 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus data cache pada perangkat android yang digunakan melalui menu pengaturan yaitu :

Cara Menghapus Data Cache di Perangkat 
  • Buka menu Settings atau Pengaturan di perangkat HP android yang digunakan
  • Pilih menu Device Care untuk mengakses menu memori penyimpanan
  • Pilih menu Memory yang berisi semua data yang tersimpan di perangkat android 
  • Klik menu Clean Now, tunggu hingga muncul pemberitahuan bahwa semua data cache sudah terhapus
Baca Juga:  Mengenal P2P Lending: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Data cache yang tersimpan di perangkat gadget juga bisa dihapus dengan cara menghapus cache  manual dengan melakukan langkah berikut :

  • Buka menu Settings yang ada di hp android Anda
  • Kemudian klik menu Apps untuk mengakses pengaturan aplikasi
  • Lalu pilih salah satu aplikasi yang ingin dihapus data cache-nya, seperti misalnya aplikasi WhatsApp atau Instagram
  • Kemudian klik menu Storage
  • Lalu klik menu Clear Cache, tunggu hingga data cache yang tersimpan di aplikasi tersebut terhapus
  • Menghapus data cache secara manual bisa memberikan performa yang lebih baik
  • Seringkali data cache dianggap menjadi penyebab kinerja sebuah perangkat berjalan lebih lambat atau lemot. Maka dari itu banyak pengguna yang menghapus data cache secara berkala sehingga bisa membuat kinerja perangkat lebih cepat dan maksimal. 

Sedangkan menurut rekomendasi dari Android Police, sangat disarankan untuk menghapus data cache secara berkala terutama jika aktivitas kita untuk mengunjungi situs website atau menggunakan aplikasi dilakukan dengan intensitas tinggi.

Karena aktivitas tersebut akan membuat data cache yang tersimpan di dalam perangkat akan menumpuk dan mengakibatkan pada performa kinerjanya. Selain bisa membuat kinerja perangkat lebih berat dan juga bisa menjadikan kapasitas penyimpanan penuh. 

Namun meski begitu, Android Police memberikan saran untuk tidak menghapus cache terlalu sering, karena hal tersebut akan membuat ponsel lebih lama dalam mengakses sebuah situs atau aplikasi yang dibutuhkan. 

Demikian ulasan singkat tentang cache adalah sebuah ruang penyimpanan file atau data yang disimpan secara sementara. Dapatkan informasi dan tutorial lengkap lainnya hanya di Coding Studio tempat kursus IT online yang memiliki visi menyiapkan talenta digital berkualitas dalam industri IT.

Related Articles