Apa Itu AMP? Pengertian, Manfaat dan Cara Menerapkannya

Apakah Anda pernah mengalami kendala saat membuka satu halaman website, seperti waktu loading yang lama? Teknologi AMP adalah solusinya. Menurut survei, hampir sebagian besar pengguna akan meninggalkan laman website yang membutuhkan waktu loading lebih dari 3 detik. Jika website Anda memiliki kondisi serupa maka membutuhkan teknologi AMP adalah jenis teknologi yang bisa menjadi solusi terbaik untuk permasalahan tersebut.

Pengertian Teknologi AMP

Proses loading laman website yang cenderung lambat akan sangat berpengaruh pada pengalaman pengguna sehingga berakibat berpindahnya website lain. Untuk mengatasi hal tersebut Anda membutuhkan apa itu AMP atau Accelerated Mobile Pages yang dikembangkan oleh Google.

Pengertian Teknologi AMP

AMP adalah sebuah framework yang bersifat open source dengan kegunaan untuk membuat sebuah laman website bisa lebih cepat terbuka di perangkat yang digunakan. Teknologi AMP sendiri bekerja dengan melakukan penyederhanaan HTML dan mengikuti pedoman CSS yang disederhanakan untuk membangun pengalaman seluler yang berkualitas terbaik.

Namun perlu diketahui bahwa tak semua laman website bisa menggunakan teknologi AMP ini. Diketahui bahwa teknologi AMP adalah hanya bisa dipakai pada laman website yang di dalamnya berisi konten statis seperti contoh AMP pada website artikel atau berita. Sehingga teknologi ini sangat disarankan untuk digunakan khususnya pada jenis website artikel atau berita. 

Untuk website yang sudah menggunakan teknologi AMP biasanya akan memiliki tanda petir yang muncul di hasil penelusuran Google yang dilakukan dengan perangkat mobile. Berikut adalah manfaat AMP jika Anda gunakan di website:

  1. Untuk membantu meningkatkan peringkat halaman website pada indeks mobile-first dengan cara menurunkan bounce rate
  2. Fitur AMP juga bisa memberikan lebih banyak perhatian ekstra khususnya di mesin penelusuran Google
  3. Untuk membantu proses membuka halaman website dengan cepat dengan menggunakan kode yang dimaksimalkan
  4. Menaikkan jumlah pengunjung di trafik website
  5. Meningkatkan visibilitas laman website sehingga lebih mudah untuk diakses oleh pengunjung

Setidaknya ada 3 komponen yang dimanfaatkan dalam kinerja Google AMP yaitu AMP Javascript, AMP Cache dan AMP HTML. Semua komponen tersebut saling bekerja sama untuk melakukan optimasi laman website sehingga bisa lebih cepat terbuka di perangkat mobile. Berikut penjelasan singkatnya dari elemen AMP yaitu:

  1. HTML 

Merupakan kode HTML laman mobile yang dipercepat hanya pada hal penting saja. Bahwa kerangka kerja dari penggunaan AMP mempunyai aturan yang sangat ketat untuk tag HTML yang bisa digunakan. Untuk bisa memastikan loading laman website bisa dilakukan dengan cepat, elemen HTML seperti form tak diperbolehkan ada di AMP sehingga dinonaktifkan.

  1. JavaScript

Menggunakan kode JS asynchronous yang memberikan peluang situs untuk mulai membangun sebelum semua elemen yang dipakai . Library dari AMP JS digunakan untuk memastikan proses rendering cepat untuk laman HTML AMP dengan cara membatasi penggunaan JavaScript jenis apa pun. Kecuali untuk skrip AMP yang dimaksimalkan dengan memperhatikan akselerasi loading laman website.

  1. Cache

Elemen jaringan pengiriman data yang berfungsi untuk mengirimkan data ke pengguna dengan jalur yang cepat. AMP Cache bekerja dengan adanya sistem validasi internal yang memberikan konfirmasi bahwa sebuah halaman bisa berfungsi dan tak bergantung pada kekuatan eksternal yang bisa menghambat halaman. Sistem tersebut beroperasi pada satu rangkaian pernyataan yang kemudian memberikan konfirmasi mark-up halaman untuk memenuhi spesifikasi HTML AMP.

Lau bagaimana cara AMP membantu SEO? Penerapan AMP menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas SEO pada sebuah website. Ada beberapa alasan penggunaan AMP sangat baik untuk SEO website, diantaranya adalah untuk meningkatkan kinerja server dan meningkatkan kecepatan website. Berikut adalah cara menerapkan Accelerated Mobile Pages dengan langkah sebagai berikut:

  • Pilih alamat URL yang logis dari halaman AMP. Umumnya Google cenderung menyukai URL halaman yang memiliki fitur AMP yang diletakkan sebagai item turunan dari halaman yang asli. 
  • Hubungkan antara halaman AMP dan halaman non-AMP dengan jelas, yaitu menggunakan tag “link rel” secara jelas
  • Lakukan pelacakan halaman AMP melalui properti Google Analytic sehingga bisa membuat perbandingan dengan benar antara halaman AMP dan non-AMP
  • Langkah yang terakhir adalah untuk memastikan halaman AMP bisa berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu di mana halaman yang dituju pengguna tak mengembalikan status HTTP 200 OK
Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan AMP

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan AMP

Penting untuk diketahui bahwa ketika Anda menggunakan AMP, pasti akan menemui sisi yang menjadi keuntungan dan kekurangan Accelerated Mobile Pages, yaitu sebagai berikut: 

Kelebihan

  • Bisa digunakan sesuai kebutuhan tanpa dibebankan biaya alias gratis
  • Mampu membantu tingkatkan pengalaman pengguna yang membuat pengunjung website lebih puas
  • Bisa mengoptimasi berbagai elemen yang tersedia di website secara otomatis, diantaranya adalah untuk optimasi gambar
  • Untuk membantu meringankan beban server karena data AMP Google langsung tersimpan di cache Google
  • Membantu meningkatkan konversi website hingga sejumlah 20 persen

Kekurangan

  • Bisa mengurangi jumlah pendapatan dari iklan karena saat menggunakan AMP hanya akan bisa menampilkan sejumlah satu iklan saja per halaman
  • Tampilan website menjadi sangat minimalis karena ada banyak elemen UX dan UI yang dihilangkan
  • Ada banyak widget dan plugin yang tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya
  • Penggunaan AMP akan sangat mempengaruhi penggunaan JavaScript sehingga kemungkinan ada beberapa yang tak bisa berjalan

Demikian ulasan tentang AMP adalah strategi yang penting untuk kebutuhan optimasi SEO. Jika Anda berminat untuk belajar dan menguasai AMP sekaligus beragam materi lainnya yang terdapat di digital marketing bisa mencoba ikut kursus di Coding Studio.

Yuk segera bergabung di lembaga pelatihan khusus digital marketing dari Coding Studio untuk mendapatkan materi lengkapnya serta dipandu langsung oleh instruktur andal dan berpengalaman di bidangnya.