Google Knowledge Panel: Pengertian, Manfaat dan Cara Mendapatkannya

Google Knowledge Panel Pengertian, Manfaat dan Cara Mendapatkannya

Tidak harus perusahaan terkenal yang dapat memperoleh Google Knowledge Panel. Semua perusahaan memiliki kesempatan untuk mendapatkan panel pengetahuan selama memberikan informasi yang dibutuhkan oleh algoritma Google. Google Knowledge Panel adalah fitur yang sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Simak informasi selengkapnya mengenai apa itu Google Knowledge Panel di bawah ini.

Apa Itu Google Knowledge Panel?

Google Knowledge Panel adalah fitur hasil penelusuran yang merangkum secara ringkas informasi terkait entitas perusahaan, orang dan juga brand. Perusahaan dengan pengetahuan panel mengontrol real estate berada pada halaman hasil pencarian dari mesin pencari.

Apa Itu Google Knowledge Panel

Dengan kata lain, adanya Google Knowledge Panel ini membantu meningkatkan kredibilitas dan visibilitas sebuah entitas di jaringan internet. Hal ini juga membantu para pengguna internet untuk mendapatkan informasi secara cepat dan akurat.

Manfaat Google Knowledge Panel

Adapun manfaat Google Knowledge Panel antara lain adalah:

Manfaat Google Knowledge Panel

1. Kartu Nama Digital

Panel pengetahuan termasuk kartu nama digital yang diberikan oleh Google untuk perusahaan. Pada tampilan desktop, panel pengetahuan ini mendominasi bagian sisi kanan. Sedangkan pada tampilan seluler, berada pada halaman teratas hasil pencarian.

2. Meningkatkan Visibilitas

Panel pengetahuan memberikan ruang yang sangat menonjol pada SERP. Ini artinya, dapat memberikan eksposur dan visibilitas bisnis yang lebih besar bagi para calon pelanggan.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Weebly dan Kelebihan dan Kekurangannya

3. Meningkatkan Kredibilitas

Google hanya akan menampilkan entitas yang telah terverifikasi. Penggunaan panel pengetahuan ini akan membantu membangun kredibilitas dan legitimasi perusahaan Anda.

4. Meningkatkan User Experience yang Lebih Baik

Hampir semua pengguna internet ingin memperoleh user experience yang lebih baik. Dengan menggunakan panel pengetahuan ini, pengguna internet akan memperoleh informasi secara lengkap tanpa harus beralih dari hasil pencarian yang dilakukan. Ini tentunya akan semakin ramah dan nyaman bagi pengguna internet.

5. Melibatkan Pelanggan Secara Langsung

Ulasan dan penilaian pelanggan termasuk ke dalam panel pengetahuan yang mana dapat melibatkan pelanggan secara langsung dalam mempelajari pengalaman pengguna lain.

6. Meningkatkan Traffic Web

Panel pengetahuan meningkatkan traffic web melalui link yang disertakannya. Dengan mengklik link tersebut maka pengunjung akan dinavigasi ke dalam situs bisnis secara langsung.

7. Objek Kompetitif

Adanya panel pengetahuan dalam sebuah entitas, dapat dijadikan sebagai pembeda dari pesaing bisnis serupa. Hal ini dikarenakan tidak semua bisnis menggunakan panel pengetahuan.

8. Memberikan Keunggulan SEO Lokal

Dengan adanya tampilan berupa nomor telepon, alamat perusahaan hingga maps lokasi bisnis memberikan keunggulan SEO Lokal yang akan membawa pengguna internet langsung menghubungi pemilik entitas.

9. Terbuka Peluang Branding

Penggunaan panel pengetahuan dapat membuka peluang branding. Adanya logo, gambar dan juga brand yang muncul membantu memperkuat identitas dari bisnis yang Anda jalankan.

10. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan melihat panel pengetahuan, pelanggan akan semakin yakin dan percaya mengenai entitas yang Anda bangun. Hal ini dikarenakan Google memverifikasi perusahaan Anda dan pelanggan dapat melihat secara langsung ulasan dari pengguna lain.

11. Manajemen Reputasi Online Meningkat

Pada saat mengumpulkan fakta terkait entitas Anda, Google Knowledge Panel adalah fitur yang akan menampilkan hasil deskripsi perusahaan. Selain itu, pemilik bisnis juga dapat mengelola reputasi secara online. Anda dapat memulai dengan menanggapi komentar positif atau negatif dari pengunjung website. Ini akan memberikan citra bahwa perusahaan Anda peduli dengan masukan dari pelanggan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Google Knowledge Panel

Bagaimana Cara Mendapatkan Google Knowledge Panel?

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan, tentunya Anda ingin mengetahui cara dalam memperoleh panel pengetahuan ini. Beberapa cara untuk mendapatkan Google Knowledge Panel antara lain:

Baca Juga:  Thumbnail Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

1. Google Secara Mandiri

Proses Google ini memungkinkan untuk mencari tahu terkait posisi web Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencari tahu apakah sudah memiliki Google Knowledge Panel atau tidak.

Jika sudah memiliki panel pengetahuan, maka Anda hanya perlu mengklik tombol klaim Google Knowledge Panel. Selanjutnya ikuti langkah dalam memverifikasi entitas Anda dan lakukan perubahan informasi yang memang dibutuhkan.

2. Grafik Pengetahuan Google

Bagi Anda yang belum memiliki Google Knowledge Panel ini, maka Anda perlu masuk ke grafik pengetahuan Google. Untuk membantu prosesnya, pastikan mesin pencari Google dapat menemukan informasi entitas Anda secara eksternal.

3. Bangun Jaringan Sekunder

Untuk meningkatkan popularitas entitas, Anda dapat memulai dengan membangun jaringan sumber sekunder. Sumber sekunder tersebut dapat diambil dari koran, artikel profesional hingga podcast.

4. Buat Profil Bisnis Google

Membuat profil bisnis Google dapat dilakukan apabila ada belum memiliki panel pengetahuan ini. Anda juga dapat melakukan pembaharuan secara rutin terkait informasi mengenai entitas Anda, menambahkan gambar, jam operasional terbaru dan lain sebagainya. Pastikan semua data yang ditambahkan akurat sehingga proses verifikasi berlangsung lebih cepat.

5. Buat Halaman Tentang Anda dan Perbaharui

Dalam sebuah halaman website yang dibuat, harus memuat seluruh informasi mengenai bisnis Anda secara akurat. Mulai dari menjelaskan siapa diri Anda, bisnis apa yang tengah dikembangkan hingga fakta-fakta diri Anda. Halaman tentang Anda juga dapat berfungsi sebagai beranda entitas.

6. Tambahkan Data Struktur

Untuk mengoptimalkan panel pengetahuan, Anda harus menambahkan data terstruktur. Cara untuk menambahkan data terstruktur dapat menggunakan plugin WordPress dan Anda juga dapat mengeditnya. Selain itu, Anda juga dapat menambahkannya dengan mengedit pada bagian file tema website.

Dari langkah di atas, sudah siapkah Anda menggunakan Google Knowledge Panel? Gabung dengan Coding Studio maka pembuatan panel pengetahuan akan semakin mudah. Panel ini dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis secara efektif. Selain itu, penggunaan Google Knowledge Panel adalah hal yang dapat memudahkan pencarian pengguna internet dan berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Related Articles