Apa Itu Data Mining? Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

Apa Itu Data Mining Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

Kunci sukses dalam berbisnis adalah strategi pemasaran berjalan efektif, jumlah penjualan meningkat hingga mampu menekan biaya produksi. Untuk memperoleh 3 hal tersebut dibutuhkan software data mining yang dapat digunakan untuk mengetahui lebih lanjut terkait pelanggannya. Lalu, apa itu data mining? 

Data mining adalah proses penambangan data dalam jumlah besar untuk mengetahui informasi, melihat tren dan juga pola data penting. Software data mining dalam sebuah perusahaan memiliki peran penting sebagai alat untuk mempelajari minat pelanggan, mendeteksi spam hingga mencegah kasus penipuan. 

Apa Itu Data Mining?

Apa Itu Data Mining

Dapat disimpulkan bahwa software ini digunakan untuk mencari kesimpulan penting dari kumpulan data besar. Penggunaan dari data mining ini banyak digunakan seiring dengan banyaknya informasi di era teknologi. Informasi tersebut diantaranya adalah foto, video dan data-data seperti data ilmiah dan data transaksi bisnis. 

Tujuan Data Mining

Proses data mining yang dilakukan tentunya memiliki tujuan. Adapun tujuan data mining yaitu: 

– Explanatory 

Data mining digunakan untuk sarana dalam menjelaskan suatu kondisi. Penjelasan data tersebut dapat diperoleh dari pengumpulan data yang dilakukan melalui data mining. 

– Confirmatory 

Data mining sering kali digunakan sebagai langkah dalam mengklarifikasi pernyataan atau pun mempertegas pernyataan tersebut. 

– Exploratory 

Data mining berguna untuk mencari atau mengeksplor pola baru yang bahkan sebelumnya tidak pernah terdeteksi. 

Manfaat Data Mining

Manfaat Data Mining

Dari keempat tujuan penggunaan dari data mining di atas membuat software ini banyak digunakan bukan hanya untuk perusahaan saja. Adapun manfaat data mining yaitu: 

1. Pengambilan Keputusan Semakin Mudah 

Pengambilan keputusan harus dilakukan secara tepat dan juga cermat. Dengan menggunakan data mining ini, pengambilan keputusan dapat dilakukan lebih mudah. Hal ini dikarenakan perusahaan dapat menganalisa data secara terus-menerus dan mengotomatisasi secara rutin tanpa harus ada penundaan yang diakibatkan oleh penilaian manusia. 

2. Membuat Prediksi Akurat 

Salah satu tujuan dari dilakukannya data mining adalah exploratory, adanya data mining ini membantu perencanaan dengan cara melakukan eksplorasi dan memberikan informasi secara tepat dalam membuat sebuah prediksi yang didasarkan pada tren masa lalu dan juga keadaan saat ini. 

Baca Juga:  Max If Excel, Rumus Nilai Tertinggi Excel

3. Menekan Biaya 

Dari pengambilan keputusan secara otomatis menggunakan data mining, tentunya tidak akan banyak pengeluaran yang harus dikeluarkan. Hal ini dapat menekan pengeluaran biaya operasional perusahaan. Dengan kata lain, alokasi dana pengeluaran lebih efisien. 

4. Mengetahui Tentang Pelanggan 

Data mining adalah proses menambang data untuk memperoleh informasi penting. Dengan menggunakan sistem ini, dapat dijadikan sebagai langkah dalam mencari karakteristik pelanggan. Mengetahui karakteristik pelanggan dapat digunakan untuk merancang strategi dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan user experience secara tepat. 

Kegunaan Data Mining

Kegunaan Data Mining

Penggunaan data mining cukup penting dalam meningkatkan perusahaan dengan melihat kebutuhan konsumen. Berikut penggunaan dan penerapan data mining antara lain: 

1. Bisnis 

Data mining dapat diterapkan pada sektor bisnis diantaranya adalah analisis pasar, analisis kebutuhan pelanggan dan strategi pemasaran. Dalam analisis pasar, data mining digunakan untuk menentukan korelasi dari satu produk yang dijual dengan produk lainnya. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat menentukan strategi bisnis yang tepat untuk meningkatkan penjualan. 

Data mining juga digunakan untuk analisis kebutuhan pelanggan. Melalui data tersebut, pelaku bisnis dapat menentukan sesuatu yang menarik pelanggan dan bahkan faktor yang dapat menarik pelanggan baru. Sedangkan data mining dalam pemasaran digunakan untuk mengetahui perilaku pelanggan. 

2. Pendidikan 

Data mining dapat digunakan pada sektor pendidikan guna mengetahui karakteristik para siswa. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pola pembelajaran terbaik yang dapat diterapkan pada siswa. 

3. Asuransi 

Pada sektor asuransi, data mining banyak digunakan untuk mengetahui minat dan juga kebutuhan nasabah. Data mining dapat digunakan untuk mengetahui penawaran produk asuransi yang paling diminati oleh nasabah. Selain itu, dalam menggunakan data mining dapat menurunkan risiko penipuan akibat pengajuan klaim oleh bukan nasabah. 

4. Perbankan 

Pada sektor perbankan, penerapan data mining dapat digunakan dalam memprediksi persentase nasabah dalam melunasi pembiayaan. Hal ini dapat membantu bank dalam mencegah kerugian yang besar. 

Konsep Data Mining

Data mining merupakan bagian dari integrasi KDD (Knowledge Discovery in Databases). Intergrasi KDD ini berkonsep untuk mengelola data mentah menjadi informasi yang berguna. Berikut konsep data mining yaitu: 

Baca Juga:  Apa itu Thin Content? Pengertian dan Ciri-cirinya

1. Seleksi 

Seleksi merupakan tahap pertama yang bertujuan untuk mentransformasikan data mentah menjadi informasi penting. Proses seleksi ini termasuk fitur, normalisasi, subsetting data dan reduksi dimensionalitas. 

2. Preproccesing 

Preproccesing menjadi tahap penentu data yang diperoleh dapat digunakan dalam mengambil keputusan. Proses ini juga dapat disebut sebagai proses pembersihan data yang digunakan untuk membuang data sampah. 

3. Transformasi 

Transformasi data menjadi data penting yang berguna dan dapat ditelusuri. 

4. Data Mining 

Data mining merupakan tahapan ekstraksi data menjadi pola. 

5. Interpretasi dan Evaluasi 

Pola pada tahap data mining akan diinterpretasikan sebagai sesuatu pengetahuan yang akan digunakan dalam pengambilan keputusan. 

Contoh Data Mining

Contoh data mining adalah: 

1. Memberikan penawaran produk melalui strategi pemasaran yang tepat dengan melakukan segmentasi pelanggan. 

2. Menggali informasi database obat-obatan dan mengkaji riwayat medis pasien untuk mendiagnosa penyakit baru dan cara untuk menawarkannya. 

Untuk melatih dan meningkatkan skill IT terutama dalam mengelola data mining Anda dapat kursus di Coding Studio. Situs kursus IT online terpercaya dijamin langsung bisa!. Kemampuan data mining adalah dasar yang harus dimiliki oleh Anda yang ingin bekerja di dunia teknologi agar tidak ketinggalan informasi.

Related Articles